Membasuh Kaki, Salah Satu Ungkapan Bakti pada Orang Tua

Jurnalis : Pricilia (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Cindy Clara, Michael Lian, Kennardy Salim, Denilson (Tzu Chi Pekanbaru)

Yanti, relawan Tzu Chi membacakan puisi tentang Ibu.

Tzu Chi Pekanbaru mengadakan doa bersama Waisak yang dilanjutkan dengan Perayaan Hari Ibu Internasional di Aula SD Dharma Loka Pekanbaru, (12/5/2024). Perayaan Hari Ibu diisi ini dengan acara basuh kaki ibu, menyuguhkan teh dan kue serta memberikan bunga sebagai ungkapan bakti pada orang tua.

Relawan mengajak para peserta mengambil bunga dengan cara berdonasi sukarela. Bunga tersebut diperuntukkan untuk ibu tercinta. Sedangkan donasi dialokasikan untuk mendukung misi kemanusiaan Tzu Chi di Nepal, kampung halaman Buddha.

Anak-anak dengan tulus membasuh kaki ibu.

Anak-anak mempersembahkan segelas teh dan sebuah kue untuk ibu.

Basuh kaki diikuti sebanyak 45 peserta yang terdiri dari anak dan ibu. Basuh kaki ini dimulai dengan mendengarkan puisi tentang “Ibu” yang dibacakan Mettayani dan Yanti, relawan Tzu Chi. Setelah mendengarkan puisi, para peserta mulai membasuh kaki ibu dengan air dan baskom yang sudah disediakan. Lalu, sang anak memberikan segelas teh dan sepotong kue untuk disantap oleh Ibu. Basuh kaki ini ditutup dengan memberikan pelukan kepada ibu.

“Sangat senang, terharu, baru pertama kali ikut (kegiatan ini), anak bisa menjadi orang berguna, sangat bersyukur. Sangat bahagia, anak-anak ikut merayakan hari ibu ini, sangat bersyukur.” Ucap Thiu Le Kuan (72), salah satu ibu yang berpartisipasi dalam kegiatan basuh kaki bersama kelima anaknya.

Selain Ibu Thiu Le Kuan, anaknya Thieng-Thieng (48) juga merasa senang dengan kegiatan ini. “(Rasanya) bahagia sekali bisa cuci kaki ibu. Selagi mama masih ada, saya berusaha (untuk) berbakti.” Ucap Thieng-Thieng.

Yanti bersama anaknya.

Anak-anak mempersembahkan bunga dan memeluk ibunya.

“Tersentuh. Sudah sering ikut (kegiatan basuh kaki), (bisa) lebih mendekatkan diri, hubungan antara ibu (dan) anak. Terus, kami juga merasa berterima kasih sama orang tua. Saya berterimakasih sama mama sudah membesarkan kami. (Saat membasuh kaki mama), merasa kalau orang tua sudah semakin tua, harus lebih berbakti lagi kepada orang tua dan bersyukur orang tua masih ada.” Ucap Yanti (44), peserta yang mengikuti basuh kaki ini.

Selama kegiatan basuh kaki, tidak sedikit peserta yang menangis terharu. Semoga kegiatan ini, dapat membangkitkan rasa syukur dan berbakti kepada orang tua.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Rayakan Hari Ibu, Isak Tangis Pecah di Kantor Tzu Chi Makassar

Rayakan Hari Ibu, Isak Tangis Pecah di Kantor Tzu Chi Makassar

22 Desember 2017

Hujan turun mengguyur Kota Makassar begitu derasnya dari pagi hingga sore hari sebelum rangkaian Hari Ibu dimulai, Minggu, 17 Desember 2017. Satu per satu anak asuh Tzu Ching datang ke Kantor Tzu Chi Makassar dengan menggandeng maupun memapah ibunya.

Hari Ibu Internasional: Berbakti Pada Orang Tua

Hari Ibu Internasional: Berbakti Pada Orang Tua

29 Mei 2023

Memperingati Hari Ibu Internasional relawan Tzu Chi di Bandung mengadakan acara basuh kaki dalam kelas bimbingan  budi pekerti pada 21 Mei 2023 di Aula Jing Si Bandung.  

Membingkai Budi Pekerti Pada Anak

Membingkai Budi Pekerti Pada Anak

07 Desember 2017
Perayaan Hari Ibu di Sekolah Tzu Chi Indonesia dilaksanakan pada Rabu, 6 Desember 2017 di gedung aula Sekolah Tzu Chi Indonesia, Tzu Chi Center, PIK. Dalam kesempatan ini, Sekolah Tzu Chi Indonesia juga memberikan apresiasi kepada Ryan Suwandi (11), siswa kelas 6 SD yang meraih prestasi.
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -