Memberi Perhatian, Bukan Hukuman
Jurnalis : Apriyanto, Fotografer : Himawan Susanto * Perhatian dan kehangatan yang diberikan dapat menumbuhkan sikap yang positif dalam diri anak. Seperti yang dilakukan para relawan Tzu Chi saat mengunjungi murid-murid kelas budi pekerti Tzu Chi yang berhalangan hadir. | Berangkat dari tanggung jawab dan kepedulian, sebanyak 22 relawan Tzu Chi pada hari Minggu, 8 Febuari 2009 berkumpul di Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Cinta Kasih Tzu Chi, Cengkareng, Jakarta Barat untuk mengadakan rapat koordinasi acara kelas budi pekerti, sekaligus menyurvei siswa-siswi yang tidak hadir pada kelas budi pekerti bulan lalu. Dalam pertemuan itu, 5 orang relawan ditugaskan untuk mengunjungi 12 siswa-siswi untuk mengetahui lebih jelas alasan mereka tidak hadir di kelas sebelumnya. Dengan penuh perhatian dan tanggung jawab, kelima relawan ini mengunjungi satu persatu rumah anak-anak yang telah terdata. |
Tanpa ada yang terlewati, satu persatu rumah murid didatangi. Dengan ramah relawan bertanya langsung kepada anak-anak serta orangtuanya untuk mengetahui alasan dari ketidakhadiran mereka pada kelas budi pekerti sebelumnya. Perhatian dan bimbingan yang ramah menjadi ciri khas dari sikap relawan Tzu Chi yang mencerminkan kedisiplinan dan kasih sayang. Kunjungan Sebagai Perhatian dan Evaluasi Ket : - Relawan Tzu Chi saat memberikan pengertian kepada salah satu anak didik tentang makna positif dari Kunjungan siswa ini juga dapat menjadi tolak ukur bagi pendidik untuk mengetahui seberapa baik atau menariknya materi yang diberikan kepada peserta didik. Sebab bukannya tidak mungkin, anak tidak hadir karena ia merasa acaranya tidak menarik dan membosankan. Bila ini yang terjadi, maka ini adalah pekerjaan rumah bagi para relawan -yang membimbing kelas budi pekerti Tzu Chi-untuk dapat membuat program yang lebih menarik lagi. Evaluasi untuk melihat keberhasilan program ini juga dilakukan dengan mengundang orangtua anak untuk hadir dalam salah satu sesi kelas. Ini dimaksudkan untuk mendapatkan persamaan persepsi dari orangtua mengenai apa yang diberikan di kelas dan apa yang diharapkan dari sikap orangtua untuk menunjang keberhasilan pendidikan budi pekerti ini. Bila di kelas pendidikan budi pekerti, seorang anak diajarkan untuk duduk dengan sopan, maka sebagai penunjang keberhasilan pelajaran ini orangtua pun harus memiliki cara duduk yang sopan pula. Dengan kesamaan ini, maka nantinya seorang anak tidak akan memiliki pandangan yang bias (kontradiksi) dari pesan yang didapat melalui kelas budi pekerti Tzu Chi dan kehidupan nyatanya. Poh Peng juga menjelaskan, kegiatan mengunjungi siswa dan evaluasi ini rutin dijalankan setiap bulannya. ¡§Kami ingin menanamkan sikap yang positif pada anak-anak mengenai disiplin, tetapi cara kami mengajar dan mendisiplinkan pun harus positif. Tidak akan ada suatu hukuman, yang ada adalah memberikan pengertian dan perhatian,¡¨ terang Poh Peng. Dalam ilmu psikologi dijelaskan, untuk melahirkan seorang anak dengan kepribadian yang sehat, maka harus ditanamkan nilai-nilai yang positif sejak dini. Karena selama dalam tahap perkembangannya, seorang anak akan belajar dari apa yang ia lihat dalam kehidupan sehari-hari. Dan rupanya, cara itu telah dilakukan dengan baik oleh para relawan pendidikan Tzu Chi. Ket : - Relawan saat sedang mengikuti rapat koordinasi susunan acara pendidikan budi pekerti. Dalam | |
Artikel Terkait
Memberi Secercah Harapan Baru
14 Mei 2011Relawan Cepat Tanggap Membantu Warga Terdampak Kebakaran TPA Rawa Kucing
25 Oktober 2023Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Tanggerang bergegas meringakan beban para warga terdampak kebakaran di TPA Rawa Kucing Jumat, 20 Oktober 2023.
Satu Keluarga
09 Agustus 2011Pepatah mengatakan bahwa dimanapun kita dilahirkan, kita semua adalah saudara tanpa harus ada hubungan darah,” demikianlah kutipan pesan Master Cheng Yen kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan beras.