Mempererat Jalinan Jodoh di Surabaya

Jurnalis : Diyang Yoga W, Hendra (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Diyang Yoga W, Hendra, Sheila, Santoso, Sophie (Tzu Chi Surabaya)

Relawan mempersembahkan Pesamuhan Dharma Adaptasi Sutra Makna Tanpa Batas untuk para tamu dengan sukacita, memberikan semua usaha latihan selama 2 bulan.

Sebagai salah satu bentuk ungkapan syukur menyambut tahun 2023, Tzu Chi Surabaya kembali mengadakan acara Pemberkahan Awal Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya pada Minggu, 29 Januari 2023 dan dihadiri sekitar 90 orang relawan.

Acara ini bertujuan untuk membangkitkan tekad relawan dalam menjalankan Ajaran Jing Si, yaitu giat mempraktikkan ajaran kebenaran, melalui Jalan Bodhisatwa dunia. Selain itu acara ini juga bertujuan untuk memberikan informasi mengenai apa yang dilakukan Tzu Chi Surabaya selama satu tahun terakhir.

Untuk mempersiapkan penampilan Adaptasi Sutra Makna Tanpa Batas, relawan berlatih setiap hari Senin dan Rabu di Kantor Tzu Chi Surabaya.

Tema yang dibawakan dalam acara kali ini adalah Berbuat Baik Dengan Welas Asih Mendatangkan Berkah, Membawa Diri Dengan Kebijaksanaan Mewariskan Nilai Luhur Bagi Keluarga. Di sini relawan kembali diingatkan untuk senantiasa mawas diri dan bertekad dengan tulus demi memberikan kebahagiaan dan menghilangkan penderitaan serta menolong semua mahkluk.

Acara Pemberkahan Awal Tahun dimulai pukul 9.30. Setelah penayangan video kilas balik Tzu Chi Internasional, pembukaan acara hari itu diawali dengan persembahan Pesamuhan Dharma Adaptasi Sutra Makna Tanpa Batas dari 32 orang relawan Tzu Chi. Semua relawan yang telah berlatih keras selama 2 bulan terakhir setiap hari Senin dan Rabu dengan tekun memahami makna dan intisari gerakan yang akan ditampilkan. Judul Persamuhan Dharma hari ini adalah Bab Pembabaran Dharma dari Sutra Makna Tanpa Batas di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya.

Relawan baru mendapat kesempatan untuk memberikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan Tzu Chi Surabaya.

Relawan mempererat Jalinan jodoh dengan bersama-sama untuk berusaha dalam mewujudkan berjalannya acara, tidak hanya relawan yang sudah berseragam namun beberapa relawan baru juga bersemangat, seperti Younathan. Ungkapan syukur dirasakan oleh Younatan yang baru pertama kali tergabung di dalam kepanitiaan kegiatan Tzu Chi.

"Ketika bergabung di kepanitiaan, masih banyak bingung mengenai hal-hal yang harus dilakukan. Saya bersyukur sekali banyak Shigu, Shibo, Shixiong dan Shijie yang bisa bantu mengarahkan dan mempersiapkan celengan bambu. Harapannya sih saya bisa lebih baik lagi dalam kegiatan berikutnya,” kata Younathan.

Relawan pelayanan menyiapkan makanan sehat untuk para tamu dan relawan yang hadir dalam Pemberkahan Awal Tahun 2023.

Selain dekorasi, tata lapangan, pengemasan suvenir dan persiapan konsumsi, relawan Tzu Chi juga dengan semangat mempersiapkan Persamuhan Dharma yang sudah dipelajari sejak satu bulan yang lalu. Relawan berharap acara ini dilaksanakan secara lancar dalam Gladi Bersih PAT Tzu Chi Surabaya. “Saya senang dan merasa bersyukur sekali karena ketika mengikuti kegiatan terasa menenangkan hati,” ungkap Theresia dalam sesi sharing relawan.

Relawan Pelayanan pun sangat bersukacita dapat memasak untuk para tamu dan relawan yang hadir karena dapat menjalin jodoh lewat makanan sehat yang penuh cinta kasih. Semua relawan berperan penting di masing-masing bagian.

Ketua Tzu Chi Surabaya, Vivian dan relawan komite lainnya memberikan angpao berkah dan kebijaksaan.

Di akhir acara, Vivian, Ketua Tzu Chi Surabaya dalam pesan cinta kasihnya mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang telah menggenggam jalinan jodoh baik, senantiasa mempertahankan semangat Tzu Chi dan Filosofi Jing Si dalam setiap berkegiatan. “Kami selalu berdoa agar Shixiong Shijie semua senantiasa hidup sejahtera, bertumbuh dalam berkah, dan kebijaksanaan,” tutup Vivian.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Menyambut Awal Tahun dengan Penuh Sukacita

Menyambut Awal Tahun dengan Penuh Sukacita

26 Januari 2023

Pemberkahan Awal Tahun di Kantor Tzu Chi Lampung, dihadiri sekira 250 orang. Melalui pemberkahan ini, semua tamu undangan dan relawan dapat melihat kilas balik Tzu Chi, baik internasional, Indonesia maupun Lampung.

PAT 2022: Menanam Berkah dan Mewariskan Nilai Luhur Bagi Keluarga

PAT 2022: Menanam Berkah dan Mewariskan Nilai Luhur Bagi Keluarga

12 Desember 2022

Minggu, 11 Desember 2022 Tzu Chi Indonesia mengadakan Pemberkahan Akhir Tahun 2022 (PAT) sesi eksternal. Acara yang dihadiri 1.690 orang ini adalah acara PAT yang pertama kalinya diadakan secara tatap muka dan terbuka untuk umum sejak pandemi Covid-19.

Bingkisan Imlek bagi 218 Penerima Bantuan Tzu Chi

Bingkisan Imlek bagi 218 Penerima Bantuan Tzu Chi

18 Januari 2023

Pada Minggu, 8 Januari 2023, Tzu Chi Medan mengadakan Pemberkahan Tahun Baru 2023. Dalam kegiatan ini juga dibagikan paket Imlek kepada 218 Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi).

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -