Memperkenalkan Makanan Vegetaris Sejak Dini

Jurnalis : Raissa (Tzu Chi Jambi), Fotografer : Heriyanto (Tzu Chi Jambi)

Dengan bergotong royong maka pekerjaan membuat paket makanan menjadi lebih cepat diselesaikan. Ada lebih dari 300 paket makanan vegetaris yang dibuat.

Para relawan Tzu Chi Jambi berkunjung ke Sekolah Dasar Sariputra, Kota Jambi pada tanggal 15 Agustus 2024 bertepatan dengan bulan ketujuh penanggalan lunar atau dikenal sebagai Bulan Tujuh Berkah untuk mensosialisasikan pola hidup vegetarian dan budaya humanis kepada anak-anak kelas satu sampai enam di SD Sariputra, Jambi.

Bertepatan dengan bulan tujuh Imlek masa varsa, para relawan Tzu Jambi memperkenalkan budaya humanis Tzu Chi dan pola hidup vegetarian. Para relawan mengedukasi, bercerita melalui animasi video dan cuplikan imbauan Master Cheng Yen (pendiri Tzu Chi) tentang asal mula Bulan Tujuh Imlek. Para relawan turut berpartisipasi dalam pembuatan makanan vegetaris, menyiapkan bahan sampai membagikan berbagai paket makan siang vegetaris untuk murid-murid, guru, dan staf SD Sariputra.

Murid-murid SD Sariputra Jambi menerima paket makanan vegetaris dari relawan Tzu Chi Jambi. 

Segala upaya relawan Tzu Chi Jambi dalam memperkenalkan makanan vegetaris dan menambah pengetahuan murid-murid akan manfaat bervegetaris bagi kesehatan dan manfaatnya bagi pelestarian lingkungan disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Suwito, S. Ag., M.Pd, Kepala SD Sariputra berterima kasih kepada para relawan atas kunjungan tersebut dan inisiatif dari relawan dalam mensosialisasikan pola hidup sehat dan ramah lingkungan. “Saya sangat setuju karena edukasi dan sosialisasi yang dilakukan sejak dini bisa menjadi kebiasaan baik yang dapat terus dikembangkan,” kata Suwito.

Menurut kepercayaan tradisional masyarakat etnis Tionghoa, bulan ketujuh Imlek dianggap sebagai bulan buruk. Tapi sebenarnya dalam pandangan insan Tzu Chi bulan tujuh adalah Bulan Penuh Berkah dan sukacita bagi Buddha karena pada saat ini, banyak praktisi yang menyelami Dharma dan tercerahkan. Karena itu, Buddha merasa sukacita. Kita harus memiliki keyakinan yang benar, bukan percaya takhayul.

Berkumpul di Aula SD Sariputra, para murid menerima sosialisasi tentang manfaat dari bervegetaris serta menceritakan tentang perayaan Bulan 7 penuh berkah yang melatar belakangi kegiatan ini.

Seperti disampaikan Master Cheng Yen dalam salah satu ceramahnya, “Ulambana berarti membebaskan semua makhluk dari penderitaan. Untuk melindungi semua makhluk, kita harus mengasihi mereka dan tidak tega membunuh mereka. Untuk itu, setiap orang hendaknya bervegetaris dan menjaga kemurnian hati untuk melestarikan bumi lewat pola hidup vegetaris kita menyelamatkan makhluk hidup. Inilah yang harus kita galakkan dengan sungguh-sungguh.”

Antusias dan sukacita meliputi 300 orang murid dan guru SD Sariputra. Begitu juga para relawan yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kami apresiasi kunjungan relawan Tzu Chi Jambi untuk sosialisasi pola hidup lebih sehat dengan mengonsumsi makanan vegetaris, dan terima kasih untuk makan siangnya (vegetaris) yang sehat, dan lezat,” kata Deni Triwahyuni, salah satu guru.

Menurut Deni, inisiatif ini sangat bagus supaya anak bisa mengenal sejak dini tentang makanan vegetaris. “Harapannya dengan mengkonsumsi makanan tersebut, semoga para murid bisa dapat belajar dan berlatih dan mengembangkan rasa cinta kasih terhadap semua makhluk,” harap Deni.

Dengan bervegetaris, berarti kita lebih peduli terhadap kesehatan, pelestarian lingkungan, dan memaknai Bulan Tujuh Penuh Berkah ini dengan sepenuh hati dan kemurnian hati kita.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Bulan Tujuh Penuh Berkah: Menguatkan Kasih Sayang dan Kebajikan Melalui Pola Hidup Vegan

Bulan Tujuh Penuh Berkah: Menguatkan Kasih Sayang dan Kebajikan Melalui Pola Hidup Vegan

21 Agustus 2024

Selama seminggu (5 hingga 11 Agustus 2024), relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun menyediakan makanan vegan gratis yang lezat dan bergizi. Ada 142 paket makanan vegan setiap hari yang disediakan.

Niat Luhur Bodhisatwa Kecil

Niat Luhur Bodhisatwa Kecil

26 Agustus 2015 Minggu, 23 Agustus 2015 Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan “Bulan Tujuh Penuh Berkah” yang rutin diadakan setahun sekali. Relawan yang hadir dalam acara ini sebanyak 129 orang, dimana juga termasuk tamu undangan dari Kantor Penghubung Tanjung Balai Karimun, Kep Riau.
Berbakti Kepada Orang Tua dan Berbuat Kebajikan

Berbakti Kepada Orang Tua dan Berbuat Kebajikan

28 Agustus 2024

Tzu Chi Medan mengadakan Doa Bersama Bulan Tujuh Penuh Berkah di gedung STBA – PIA Medan. Tujuannya agar semakin banyak orang paham bahwa bulan tujuh (penanggalan lunar) adalah bulan yang penuh sukacita, syukur, dan berkah.

Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -