Memupuk Berkah dan Kebijaksanaan

Jurnalis : Yumin Tati (He Qi Barat 1), Fotografer : Rachmat Sudarmanto, Dok. He Qi Barat 1

Talk show yang dipandu oleh Gianny dengan Bobby dan Akwang sebagai narasumber ini memberikan banyak inspirasi tentang tekad yang kuat untuk terus bersumbangsih.

Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Barat 1 mengadakan pelatihan relawan yang ke-4 pada tahun 2024 dengan mengusung tema Memupuk Berkah dan Kebijaksanaan. Pelatihan yang digelar di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara pada Minggu 22 September 2024 ini dihadiri 50 peserta juga 55 relawan yang berperan sebagai mentor dan panitia.

Sesi talkshow atau gelar wicara dipandu oleh Gianny dengan judul Kekuatan Tekad Menanam Berkah, yang menghadirkan tim relawan Zhen Shan Mei. Para relawan peserta pun jadi tahu apa itu Zhen Shan Mei dan bagaimana para relawan bisa menjalankan semua misi Tzu Chi melalui Zhen Shan Mei. Peserta juga jadi paham bagaimana peran tim Zhen Shan Mei dalam mencatat kejadian bersejarah agar kegiatan Tzu Chi tidak berlalu begitu saja, tetapi bisa membangkitkan inspirasi.

Potret Akwang saat meliput pembagian beras Tzu Chi tahun 2015.

Para relawan menyimak talk show dengan serius.

Narasumber pertama adalah Kusnadi yang akrab disapa Akwang, relawan senior yang berusia 70 tahun ini sudah bergabung dalam barisan relawan Tzu Chi sejak tahun 2006. Awalnya ia menjadi relawan misi amal, lalu bergabung dalam tim relawan Zhen Shan Mei. Sejak tahun 2019, ia menjadi wakil koordinator Zhen Shan Mei di He Qi Barat 1 hingga saat ini. Akwang juga merupakan kontributor DAAI TV Indonesia yang telah meliput berbagai kegiatan. Bahkan, karya-karyanya telah ditayangkan di Da Ai TV Taiwan.

Narasumber kedua adalah Boby yang telah bergabung dalam barisan relawan Tzu Chi pada tahun 2012 di misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Medan. Lalu, ia pindah dari Medan ke Jakarta bersama orang tuanya tahun 2013. Agar bisa lebih fokus dalam merawat ibunya yang mengalami stroke, Bobby mengundurkan diri dari pekerjaannya. Kemudian ia menjadi wakil fungsionaris He Qi Barat 1 pada 2019. Selanjutnya, mulai tahun 2024 hingga saat ini ia menjabat sebagai Ketua Koordinator Zhen Shan Mei He Qi Barat 1.

Bobby saat meliput Perayaan Waisak di tahun 2013.

Bobby membawa sang ibu mengikuti peringatan Waisak di Depo Duri Kosambi, tepatnya pada prosesi basuh kaki ibu pada tahun 2015.

Bobby mengelola akun media sosial He Qi Barat 1 di platform Instagram dan Facebook. Karya-karya dan kisahnya telah ditayangkan oleh Da Ai TV Taiwan dan DAAI TV Indonesia. Sekarang, selain merawat ibunya dan mencari nafkah, Bobby tetap bertekad untuk terus menanam berkah di jalan Tzu Chi.
“Tentunya saya berharap semua relawan bisa menjadi Ren Ren Zhen Shan Mei. Selama ini, memang sudah ada relawan yang membantu, tetapi ada sebagian yang hanya mengirimkan foto tanpa keterangan, sehingga tidak dapat dipublikasikan. Dari setiap dokumentasi yang dikirimkan, sebaiknya disertai dengan cerita minimal satu paragraf yang terdiri dari 5W+1H,” ujar Bobby.

“Saya berharap ada regenerasi dalam tim Zhen Shan Mei. Waktu berusia lebih muda, saya bisa mengikuti lebih banyak kegiatan. Namun, karena faktor usia, waktu untuk mengikuti kegiatan pun berkurang. Saya mengharapkan ada relawan muda yang lebih bersemangat dalam tim Zhen Shan Mei,” sambung Akwang.

Angkat beban berat terasa lelah di hati
Petik bunga kecubung indah buat si Mei Mei
Shixiong Shijie He Qi Barat 1 penuh kasih
Mari bergabung mencatat sejarah Tzu Chi di Zhen Shan Mei

Pelatihan ditutup dengan foto bersama.

Begitu pantun yang dilontarkan Akwang dan menjadi penyemangat bagi para peserta pelatihan. Setiap orang adalah mata dan telinga Master Cheng Yen. Tim Zhen Shan Mei juga selalu siap membantu relawan yang bersedia berkontribusi atau bergabung dalam tim, dalam bentuk pelatihan dan praktik langsung, pendampingan dan bimbingan serta gathering. Mari kita bersama-sama menjadi teladan bagi banyak orang serta mewariskan nilai dan sejarah dari generasi ke generasi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Keyakinan Tak Tergoyahkan

Keyakinan Tak Tergoyahkan

01 November 2018
Mengisi pekan terakhir di bulan Oktober, Tzu Chi Medan mengadakan Pelatihan Relawan Abu Putih ke 3. Training yang diadakan pada 28 Oktober 2018 di Kantor Tzu Chi Medan itu mengangkat tema Shǒu Zhī Bù Dòng atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti Keyakinan Tidak Tergoyahkan.
Genggam Momen Saat Ini, Giat Bersumbangsih Selama Pandemi

Genggam Momen Saat Ini, Giat Bersumbangsih Selama Pandemi

08 September 2020

Untuk kedua kalinya, Tzu Chi Medan mengadakan pelatihan relawan abu putih di tahun 2020. Diadakan di Kantor Tzu Chi Medan, pelatihan diikuti oleh 54 peserta. Protokol kesehatan diterapkan secara ketat dalam pelatihan ini.

Saatnya Bergabung Dalam Barisan Relawan Tzu Chi

Saatnya Bergabung Dalam Barisan Relawan Tzu Chi

02 Desember 2021

Minggu, 28 November 2021, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan pelatihan relawan baru. Ada 30 orang peserta yang mengikuti pelatihan relawan Tzu Chi.

Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -