Menebar Cinta Kasih di Ujung Barat Indonesia

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Dokumentasi Tzu Chi Aceh

Senyum bahagia penerima berkah sangat berarti bagi relawan Tzu Chi.

Sabang adalah kota di provinsi Aceh yang terletak paling ujung barat Indonesia dengan populasi penduduk sekitar 42.559 jiwa. Keindahan alam di Kota Sabang menjadi daya tarik tersendiri untuk turis baik dari dalam maupun luar negeri. Kota ini memiliki jalinan jodoh dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sepuluh tahun lalu, tepatnya tahun 2014 saat relawan dari Jakarta dan Medan datang untuk memberikan sosialisasi mengenai Tzu Chi.

Sukacita terpancar dari wajah warga dan juga relawan Tzu Chi.

Pada kesempatan ini, warga juga turut berdonasi seikhlasnya kepada warga lainnya yang membutuhkan bantuan.

Sepuluh tahun berlalu, jalinan jodoh yang sempat pudar ini direkatkan kembali oleh Yustin, seorang relawan yang mengetahui keberadaan Tzu Chi di Kota Banda Aceh. Ia tergerak hatinya untuk bersumbangsih di tengah padatnya jadwal sebagai pengusaha di Kota Sabang. Pada 2024 Kota Sabang memiliki komunitas Xie Li yang diharapkan menjadi wadah untuk insan- insan bersumbangsih kepada masyarakat Kota Sabang.

Pada 29 Maret 2024 lalu, relawan Tzu Chi di Kota Sabang membagikan 50 paket cinta kasih berupa sembako kepada warga yang kurang mampu. Setiap paket sembako tersebut berisi 5 kg beras, 2 botol sirup dan 1,8 liter minyak goreng. Pembagian paket cinta kasih berjalan lancar berkat kerjasama yang apik dari 13 relawan Tzu Chi.

Pembagian paket cinta kasih Tzu Chi berlangsung penuh keakraban antar warga dan relawan Tzu Chi.

“Saya sungguh bahagia menerima paket sembako ini, dengan ini dapat meringankan sedikit beban,” ujar salah seorang warga. Kebahagiaan yang sama juga dirasakan para relawan yang mendapat kesempatan yang penuh berkah tersebut.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Paket Lebaran Tzu Chi, Hadir di Tempat dan Waktu yang Tepat

Paket Lebaran Tzu Chi, Hadir di Tempat dan Waktu yang Tepat

20 Maret 2024

Di tengah merangkaknya harga beras, paket lebaran Tzu Chi Indonesia yang tahun ini berisi 10 kilogram beras dan 20 bungkus DAAI Mie menjadi sangat berarti bagi warga yang menerimanya.

Tebar Kebajikan di Bulan Ramadan, Tzu Chi Tebing Tinggi Salurkan 1.200 Paket Cinta Kasih

Tebar Kebajikan di Bulan Ramadan, Tzu Chi Tebing Tinggi Salurkan 1.200 Paket Cinta Kasih

02 April 2024

Menyambut Idut Fitri yang semakin dekat, para relawan Tzu Chi Tebing Tinggi membagikan 1.200 paket cinta kasih kepada warga kurang mampu di Kelurahan Persiakan dan Tualang, di Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi.

Berbagi Kasih di Bulan Ramadan

Berbagi Kasih di Bulan Ramadan

20 Maret 2024

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, relawan Tzu Chi Medan memberikan bantuan 500 paket sembako kepada warga di Bakti 2 Desa Sekip Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang. Setiap paket berisi beras (10 kg), sirup (2 botol), dan minyak goreng (1,8 liter).

Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -