Mengenalkan Pola Makan Vegetaris

Jurnalis : Indra Qumara (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Indra Qumara (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Para siswa dengan bergembira mengikuti sosialisasi pola makan vegetaris di ruang kelas SMP ETF Naga Sakti.

“Vegetarian artinya tidak makan daging dan sila artinya aturan, jadi selain      harus menyayangi kehidupan sendiri, terlebih lagi harus menghormati kehidupan segala mahluk”
- Kata Perenungan Master Chen Yen –

Pola konsumsi makanan menjadi salah satu penentu bagi tubuh yang sehat. Hal inilah yang dilakukan relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar pada pertengahan bulan September 2022. Relawan melakukan sosialisasi menu vegetaris di SMP ETF Naga Sakti untuk mengenalkan pola hidup sehat. 

Di ruang kelas relawan menjelaskan tentang pola makan vegetaris. Berbagai manfaat dari pola hidup vegetaris juga dijelaskan oleh relawan Dharma Wanita Tzu Chi Sinar Mas. Bagaimana menurunkan kolesterol dan asupan lemak, berat badan lebih terjaga, menyehatkan kulit, melancarkan pencernaan, dan mengurangi risiko penyakit kanker.

Para siswa menyimak sosialisasi pola makan vegetaris ini. Mereka banyak bertanya dan berani menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. Selesai sosialisasi makanan vegetaris di kelas, relawan mengajak murid-murid ke lapangan sekolah untuk menyiapkan  demo masakan vegetaris berupa bubur kacang hijau.

Relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar Tzu Chi Sinar Mas menyosialisasikan kepada seorang siswi tentang pola hidup sehat dan makanan-makanan vegetaris yang menyehatkan tubuh.

Relawan memberikan kenang-kenangan kepada siswa  siswa yang sudah berpartisipasi pada sesi tanya jawab.

Relawan sambil memasak terus menyampaikan bahwa membuat makanan sehat itu cukup mudah. Selesai pembuatan bubur kacang hijau, peserta dipersilakan untuk mengambil mengambil bubur kacang hijau untuk di cicipi.

Budi Haryono S.Pd Kepala Sekolah SMP ETF Naga Sakti, menyampaikan rasa terima kasih sudah membantu membagikan makanan vegetaris dan menyosialisasikan pola hidup sehat melalui menu makanan vegetaris.

“Kami semua berterima kasih atas kunjungannya, kami   mendoakan semoga kegiatan Dhawa Tzu Chi dapat terus berlanjut di SMP ETF Naga Sakti dalam kegiatan-kegiatan lainnya,” ujar Budi Haryono.

Relawan Tzu Chi cabang Sinar Mas Siswa menerima bubur kacang hijau yang sudah disiapkan relawan.

Para siswa-siswi SMP ETF Naga Sakti dan relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar Tzu Chi Sinar Mas berfoto bersama di halaman sekolah.

Kegiatan sosialiasi makanan vegetaris ini sangat bermanfaat untuk mengajarkan pola hidup sehat kepada siswa-siswi yang belum memahami manfaat pola makan vegetaris. Kegiatan sosialisasi makanan vegetaris ini akan terus dilakukan oleh Relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar Tzu Chi cabang Sinar Mas.

Mereka akan praktik langsung membuat menu makanan vegetaris yang variatif dan pemberian brosur-brosur informasi tentang pola makan vegetaris untuk membangkitkan semangat para siswa-siswi dan guru-guru sekolah  ETF Naga Sakti agar mulai mencoba dengan pola makan vegetaris di lingkungan sekolah dan linglungan keluarga.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Menu Vegetarian untuk Para Seniman Bangunan

Menu Vegetarian untuk Para Seniman Bangunan

15 Januari 2016 Semoga adanya kegiatan ini dapat mempererat tali persahabatan antara relawan Tzu Chi dan seniman bangunan, agar di kemudian hari para seniman bangunan ini dapat menjadi bagian dari Tzu Chi.
Mengenalkan Pola Makan Vegetaris

Mengenalkan Pola Makan Vegetaris

14 Oktober 2022

Relawan Dharma Wanita Xie Li Kampar Tzu Chi cabang Sinar Mas mengenalkan pola makan konsumsi vegetaris kepada siswa SMP ETF Naga Sakti. Relawan juga mempraktekkan cara memasak menu vegetarian yang mudah. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh 62 siswa-siswi dan 7 guru SMP ETF Naga Sakti.

Lebih mudah sadar dari kesalahan yang besar; sangat sulit menghilangkan kebiasaan kecil yang buruk.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -