Menghimpun Hati dan Semangat Insan Tzu Chi di Papua

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak) , Fotografer : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak)

Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia membawakan materi misi amal, Zhen Shan Mei, dan misi pelestarian lingkungan dalam sosialisasi dan gathering relawan Tzu Chi di Papua pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di Swissbell Hotel Manokwari, Papua Barat.

Relawan Tzu Chi Papua mengadakan sosialisasi dan gathering relawan pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di Swissbell Hotel Manokwari, Papua Barat. Kegiatan yang diikti 75 peserta ini baru pertama kali diadakan serta melibatkan relawan dari beberapa kota di Papua seperti relawan Tzu Chi Biak, relawan Jayapura, relawan Nabire, relawan Manokwari, dan relawan Sorong.

Awalnya, kegiatan ini dilaksanakan karena relawan Tzu Chi di 4 kota (Jayapura, Nabire, Manokwari, Sorong) telah beberapa kali mengikuti kegiatan Tzu Chi Biak dalam Baksos Kesehatan, pengiriman pasien, pemberian sembako dan lainnya. Tetapi sosialisasi Tzu Chi kepada relawan-relawan yang ikut berpartisipasi tersebut belum dilakukan.

Ketua Tzu Chi Biak, Susanto Pirono (depan kanan) bersama 75 relawan dari Tzu Chi Biak, relawan Jayapura, relawan Nabire, relawan Manokwari, dan relawan Sorong mendengarkan sharing materi dari Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia.

Kemudian Tzu Chi Biak bekerja sama dengan pengurus He Xin 2 Tzu Chi Indonesia merancang kegiatan sosialisasi dan gathering ini. Dengan tujuan agar para relawan-relawan yang telah ikut kegiatan bersama Tzu Chi dapat tergugah kembali dan setelah kembali ke kota masing-masih dapat menghimpun relawan lainnya. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menambah panjang barisan relawan Tzu Chi Indonesia yang peduli dan bersumbangsih bagi sesama tanpa memandang suku, agama, ras, dan golongan.

Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia yang datang dari Jakarta untuk mengisi materi adalah Johnny Chandrina Shixiong, Lulu Shijie, dan Stephen Ang Shixiong. Secara bergantian ketiga relawan Komite Tzu Chi Indonesia ini membawakan materi misi amal, Zhen Shan Mei, dan misi pelestarian lingkungan. Para relawan yang mengikuti kegiatan ini pun sangat antusias mendengarkan pemaparan dari relawan-relawan yang berpengalaman dalam bidang masing-masing.

Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia, Johnny Chandrina membawakan materi pelestarian lingkungan dalam sosialisasi dan gathering relawan Tzu Chi Hu Ai Papua.

Hendra Santoso, relawan Tzu Chi dari Jayapura juga bersyukur karena dapat menjalin jodoh baik dalam kegiatan ini. “Terima kasih kepada Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia yang telah datang dan meluangkan waktunya ke Papua untuk berbagi tentang Visi dan Misi Tzu Chi. Kami relawan Jayapura sangat senang dapat berjodoh mengikuti gathering ini,” ungkap Hendra Santoso.

Begitu pula dengan drg. Yuni Yawan, relawan Tzu Chi dari Maokwari yang juga adalah anggota TIMA Indonesia. Ia pun merasa mendapat banyak ilmu dan pemahaman lanjut tentang Tzu Chi. “Terima kasih atas kehadiran seluruh relawan Biak, Jayapura, Nabire dan Sorong sehingga gathering berjalan dengan sukses dan baik. Dan untuk relawan Manokwari marilah kita bersama-sama dengan penuh semangat menjalankan Misi-Misi Tzu Chi,” kata drg. Yuni Yawan.

Dalam kegiatan ini, relawan Tzu Chi dari Manokwari juga menampilkan isyarat tangan Satu Keluarga.

Ketua Tzu Chi Biak, Susanto Pirono juga berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan serta semangat untuk menjalankan misi kemanusiaan Tzu Chi. “Dari sosialisasi dan gathering ini, kami mengharapkan Shixiong dan Shijie semua tambah semangat dalam melayani dan bersumbangsih bagi sesama di kota masing-masing. Terima kasih juga atas kedatangan Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia yang membawakan materi,” jelas Susanto Pirono.

Mewakili Tim He Xin 2 Tzu Chi Indonesia, Johnny Chandrina juga bersyukur bisa menjalin jodoh baik dengan relawan-rlelawan Tzu Chi di Papua. “Saya senang sekali hari dapat belajar bersama dan menjalin jodoh baik dengan Shixiong dan Shijie dari Biak, Jayapura, Nabire, Manokwari, dan Sorong. Banyak para relawan muda datang untuk belajar bersama membuat saya yakin bahwa Tzu Chi di Papua dapat berkembang dengan baik,” kata Johnny Chandrina di akhir kegiatan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Keyakinan, Keuletan, dan Keberanian

Keyakinan, Keuletan, dan Keberanian

26 Desember 2019

Gathering Relawan Tzu Chi Sinar Mas dilaksanakan di Tzu Chi Center Jakarta (13-15/12/2019). Sebanyak 170 relawan dan tamu undangan hadir dalam puncak kegiatan pada Minggu, 15 Desember 2019. Momen ini dihadiri oleh Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang juga Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food Franky O. Widjaja.

Di mana Ada Kemauan, Pasti Ada Kekuatan

Di mana Ada Kemauan, Pasti Ada Kekuatan

10 Februari 2023

Relawan komunitas He Qi Utara 2 mengadakan gathering relawan untuk merayakan Cap Go Meh di ruangan Xi She Ting, Aula Jing Si pada 4 Februari 2023. 

Gathering Relawan 3 in 1

Gathering Relawan 3 in 1

18 Juli 2011
Divisi 3 in 1 termasuk dalam salah satu misi Tzu Chi, yaitu misi budaya kemanusiaan, oleh karena itu kegiatan ini mengangkat tema Budaya Humanis yang Benar, Bajik, Indah, Menyucikan Hati Manusia.
Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -