Mengisi Acara MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) Di Sekolah SMK Patria Dharma

Jurnalis : Angellyka (Tzu Chi Selatpanjang), Fotografer : Candera, Hardy (Tzu Chi Selatpanjang)

Hardy Relawan Tzu Chi Selatpanjang  menjelaskan agar anak-anak diusia remaja tidak lupa untuk menjalani tata krama dan pelajaran budi pekerti di tengah masyarakat.

Relawan Tzu Chi Selatpanjang sangat bersyukur atas undangan dari SMKS Patria Dharma yang mengizinkan untuk menyosialisasikan pembelajaran budi pekerti dan tata kromo pada kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) pada 10 Juli 2024. Kehadiran enam orang relawan Tzu Chi ini disambut hangat oleh wakil kepala sekolah, guru, dan murid-murid.

Hardy relawan Tzu Chi Selatpanjang yang mendapat tugas untuk menyosialisasikan pembelajaran kelas budi pekerti dan tata kromo kepada siswa-siswi SMKS Patria Dharma. Hardy menjelaskan bahwa tujuan sosialisasi kelas budi pekerti ini agar anak-anak diusia remaja ini tidak lupa untuk menjalani betapa pentingnya tata kromo dan pelajaran budi pekerti.

“Apakah anak pintar itu sudah pasti memiliki tata kromo yang baik? Tentu tidak, tata krama tidak dinilai dari kepintaran seseorang namun dinilai dari bagaimana seseorang itu menghormati dan menghargai orang-orang disekitarnya,” jelas Hardy.

Para siswa-siswi SMK Patria Dharma mengangkat celengan bambu yang diberikan oleh relawan Tzu Chi untuk belajar menyisihkan uang jajan mereka untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan.

Selain meyosialisasikan kelas budi pekerti relawan Selatpanjang juga meyosialisasikan makna celengan bambu Tzu Chi. Relawan membagikan 60 Pcs celengan cinta kasih kepada siswa-siswi yang mengikuti MPLS. Makna celengan bambu Tzu Chi ini diperkenalkan kepada para guru dan murid-murid sekolah untuk menumbuhkan rasa kepedulian diri untuk berbuat kebajikan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Berbuat baik melalui celengan bambu Tzu Chi untuk membantu orang-orang yang membutuhkan pertolongan. “Adanya kegiatan tersebut diharapkan anak anak memiliki jiwa dan tekad yang baik dalam bersumbangsih dan dapat belajar menyisihkan uang jajan mereka melalui celengan bambu untuk disalurkan kepada orang yang sangat membutuhkan," jelas Yanni koordinator celengan bambu Tzu Chi.

Maskinah, S.T wakil kurikulum SMK Patria Dharma berharap para siswa-siswi setelah mendapat pembelajaran kelas budi pekerti dan tata kromo dari relawan Tzu Chi dapat menjaga sikap yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. “istilahnya anak anak dapat menghormati orang yang lebih tua, dan dalam berbahasa juga diharapkan yang baik dan sopan,” ujar Maskinah.

Dellyn salahsatu siswa yang sangat terharu atas kehadiran relawan Tzu Chi yang mengajarkan budi pekerti dan makna celengan bambu untuk membantu sesama.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh Pembina OSIS SMK Patria Dharma Nur Risky Krismon SP, S.Tr.Ak. Kelas pembelajaran budi pekerti yang diberikan oleh relawan Tzu Chi Selatpanjang ini semoga para siswa-siswi dapat lebih baik lagi dalam berperilaku dan lebih peduli terhadap sesama hingga memahami satu sama lain.

“Selama kegiatan masa MPLS sangat banyak sekali manfaat bagi siswa siswi SMK Patria Dharma yang diberikan oleh Yayasan Tzu Chi terkait materi Budi Pekerti dan Tata Kromo, saya berharap agar setelah pemberian materi ini siswa siswi dapat lebih baik lagi,” ucap Nur Risky.

Dellyn salahsatu siswa MPLS SMK Patria Dharma merasa sangat terharu dengan kehadiran relawan Tzu Chi yang sangat  peduli terhadap sesama dan mau memotivasi siswa-siswi menjadi orang yang lebih baik. “Saya ikut kelas ini belajar menjadi teladan bagi orang tua dan orang lain, dan berusaha menjadi salah satu bagian untuk membantu orang-orang yang memerlukan bantuan,” ucap Dellyn bertekad.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Celengan Bambu: Memupuk Berkah dan Meneruskan Cinta Kasih

Celengan Bambu: Memupuk Berkah dan Meneruskan Cinta Kasih

08 Juni 2022

Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak aktifitas Misi Amal Tzu Chi di Batam harus dilaksanakan secara daring. Setelah 2,5 tahun, Tzu Chi Batam akhirnya dapat kembali mengadakan Gathering Gan En Hu.

Menjalin Jodoh Melalui SMAT

Menjalin Jodoh Melalui SMAT

24 Maret 2014 Menumbuhkan niat untuk bersumbangsih melalui celengan bambu merupakan cara untuk melakukan kebajikan. Dengan mensosialisasikan celengan bambu diharapkan masyarakat mengerti lebih jelas arti bersumbangsih antar sesama.
Tuang Rame-Rame Celengan Bambu

Tuang Rame-Rame Celengan Bambu

16 Februari 2021

Relawan Tzu Chi Sinar Mas melaksanakan penuangan Celengan Bambu secara serentak pada 2-8 Februari 2021. Di tengah situasi pandemi ini, kegiatan ini pun dilaksanakan dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan terkait Covid-19.

Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -