Mengukir Kesan Indah di Hati Warga Karimun melalui Secarik Undangan

Jurnalis : Beverly Clara (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun), Fotografer : Abdul Rahim, Beverly Clara, Mie Li, Vincent (Tzu Chi Tanjung Balai Karimun)

Sebanyak 38 relawan berpartisipasi dalam pembagian undangan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022.

Matahari tampak mengerahkan seluruh kemampuan melalui panas teriknya di hari itu, tetapi tidak mampu mengalahkan kobaran semangat para relawan. Dengan bekal semangat dan ketulusan hati, para relawan mengundang para dermawan secara door to door pada 25 Desember 2022 untuk menghadiri acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022.

Pada pembagian undangan Pemberkahan Akhir Tahun 2022, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali menghadirkan sosok Dewa Rezeki. Terdapat dua relawan mengenakan kostum Dewa Rezeki untuk memeriahkan suasana pembagian undangan.  Para relawan bersama dengan dua sosok Dewa Rezeki berkumpul di Kantor Tzu Chi Tanjung Balai Karimun untuk melakukan briefing, kemudian berpencar menelusuri berbagai jalur di Kecamatan Meral dan Karimun.

Seorang relawan menjelaskan rincian undangan kepada warga dengan penuh keramahan, membangkitkan antusiasme warga mengenai acara Pemberkahan Akhir Tahun.

Salah satu relawan yang mengenakan kostum Dewa Rezeki membagikan permen kepada warga, terutama anak-anak yang ditemuinya sepanjang jalan.

Warga di sepanjang jalan kegirangan melihat sosok Dewa Rezeki, mereka segera keluar dari toko-toko dan rumah. Para relawan membagikan undangan acara, tempelan Imlek berisikan Kata Perenungan Master Cheng Yen, dan permen. Melalui kesempatan ini juga para relawan mengajak para dermawan untuk membawa dan melakukan penuangan celengan cinta kasih di acara Pemberkahan Akhir Tahun.

Pemberkahan Akhir Tahun yang akan diadakan mengusung tema Berbuat Baik dengan Welas Asih Mendatangkan Berkah. Menangani Segala Hal dengan Kebijaksanaan, Mewariskan Nilai Luhur Bagi Keluarga. Melalui tema ini, Master Cheng Yen menekankan pentingnya memusatkan perhatian terhadap sikap batin dalam berbuat dan menangani segala hal dalam kehidupan sehari-hari, serta pentingnya mewariskan nilai luhur sebagai pusaka keluarga paling berharga kepada anak dan cucu.

Relawan membagikan undangan mulai dari Jalan Nusantara, Jalan Ampera, Jalan Ahmad Yani, Meral, dan Enam Bersaudara. Tampak Tzu Shao menjelaskan rincian undangan di salah satu kedai di wilayah Meral.

Pemberkahan Akhir Tahun merupakan salah satu dari acara besar yang rutin diadakan oleh insan Tzu Chi di seluruh dunia. Walau diadakan secara berulang, Pemberkahan Akhir Tahun selalu terasa meriah setiap tahunnya. Khususnya bagi Edi Gunawan (17), Pemberkahan Akhir Tahun yang akan diadakan oleh Tzu Chi Tanjung Balai Karimun pada 8 Januari 2023, akan menjadi yang sangat spesial bagi dirinya, karena merupakan Pemberkahan Akhir Tahun terakhir di Tanjung Balai Karimun yang diikutinya sebelum pergi menimba ilmu ke jenjang yang lebih tinggi di luar kota.

Edi Gunawan, Tzu Shao yang aktif dan giat bersumbangsih di Tzu Chi sejak kecil, sedang menjelaskan rincian dari jadwal acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022 dalam undangan kepada warga.

“Saya sangat excited, tidak sabar untuk mengikuti kegiatan kali ini karena saya sendiri juga mengisi acara tersebut dengan isyarat tangan ataupun Zhong Gu (genta dan genderang),” jawab Edi ketika ditanya terkait perasaannya mengenai Pemberkahan Akhir Tahun mendatang.

“Tujuannya adalah bahwasannya pada Pemberkahan Akhir Tahun nantinya, para donatur bisa hadir dan menyaksikan laporan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun selama tahun 2022 ini, kegiatan kita apa saja, jadi kita mempunyai sebuah laporan untuk mereka bahwa kita berbuat kebaikan,” jelas Edi mengenai tujuan dari pembagian undangan Pemberkahan Akhir Tahun Tzu Chi Tanjung Balai Karimun.

Para relawan menyaksikan tumbuh dan berkembangnya Edi serta teman-temannya sejak usia kecil hingga beranjak dewasa di Tzu Chi yang tidak lama lagi akan melanjutkan studi ke luar kota, tentunya para relawan akan merasakan kerinduan yang mendalam. Melalui pembagian undangan Pemberkahan Akhir Tahun ini, para relawan memanfaatkan momen yang ada untuk berkumpul dan menghabiskan waktu bersama dengan bermakna serta mendoakan yang terbaik untuk para Tzu Shao yang akan “meninggalkan sarangnya”.

Yohana, salah satu relawan yang baru bergabung dalam keluarga besar Tzu Chi Tanjung Balai Karimun, turut menjelaskan dan membagikan undangan acara Pemberkahan Akhir Tahun 2022.

Dengan adanya perpisahan juga mendatangkan permulaan yang baru, Yohana (44) merupakan salah satu relawan yang baru bergabung dalam keluarga besar Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Jalinan jodoh pertamanya dengan Tzu Chi adalah ketika ia mendapatkan bantuan dari Tzu Chi Tanjung Balai Karimun di masa lalu. Melihat cinta kasih universal Tzu Chi yang tulus tidak membeda-bedakan, ia merasa tertarik dan terdorong dari dalam hati untuk menjadi relawan.

Walau belum mendapatkan seragam abu putih Tzu Chi, ia selalu mengenakan kaos berwarna abu dan celana putih selama mengikuti berbagai kegiatan Tzu Chi. Ia mengikuti kegiatan dengan giat dan bersungguh hati serta sangat menantikan diadakannya pelatihan relawan abu putih. Pemberkahan Akhir tahun pada tanggal 8 Januari 2023 mendatang akan menjadi yang pertama baginya.  

Salah satu warga berfoto bersama dengan relawan dan Dewa Rezeki sambil memamerkan tempelan Imlek berisi Kata Perenungan Master Cheng Yen dari Tzu Chi yang menjadi koleksinya setiap tahun.

“Dulu saya kan pernah dibantu oleh Buddha Tzu Chi, saya melihat Buddha Tzu Chi ini betul-betul membantu orang nggak pandang dari segi agama apapun. Jadi sejak masuk di sini saya merasa tertarik ikut membantu, saya suka. Saya dikasih kesempatan untuk mengikuti kegiatan, bisa membantu kegiatan seperti ini, saya senang, ” Yohana menceritakan dengan senyuman di matanya.

Di balik berbagai kegiatan Tzu Chi, terdapat berbagai kisah yang bermakna dan mengesankan bagi tiap relawan. Walau tidak tampak di layar atau melalui tulisan yang dipublikasikan, namun terkenang dan terukir dalam hati relawan. Kenangan-kenangan yang terkumpul menjadi dorongan tersendiri bagi tiap relawan untuk selalu berkontribusi di Tzu Chi.

Salah satu warga tampak amat gembira mendapatkan tempelan Imlek berisi Kata Perenungan Master Cheng Yen dari relawan Tzu Chi.

Dengan sebab itu juga para relawan membagikan secara langsung undangan acara Pemberkahan Akhir Tahun dari rumah ke rumah, toko ke toko. Semoga dengan kehadiran Dewa Rezeki, tempelan Imlek yang bermakna dan keramahan relawan, dapat mengukir kenangan di hati warga. Kelak, ketika warga Karimun memperoleh berkah dan rezeki, yang paling pertama terlintas di pikiran adalah Tzu Chi.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Persamuhan Dharma Tzu Chi Sedunia

Persamuhan Dharma Tzu Chi Sedunia

21 Desember 2022

Pada Hari Sabtu, 10 Desember 2022 Yayasan Buddha Tzu Chi Batam mengadakan kegiatan Pementasan Persamuhan Dharma Intisari Ajaran Jing Si Sutra Teratai sedunia yang di ikuti oleh 248 penyelam sutra.

Tzu Chi Padang Menggelar Pemberkahan Awal Tahun 2023

Tzu Chi Padang Menggelar Pemberkahan Awal Tahun 2023

02 Februari 2023

Setelah sempat terhenti akibat pandemi Covid-19, pada Minggu, 29 Januari 2023, Tzu Chi Padang kembali mengadakan kegiatan Pemberkahan Awal Tahun 2023. Kegiatan diikuti oleh 218 peserta serta 35 relawan Tzu Chi Padang.

PAT 2022: Mewariskan Dharma, Memperpanjang Jalinan Cinta Kasih

PAT 2022: Mewariskan Dharma, Memperpanjang Jalinan Cinta Kasih

10 Desember 2022
Rasa sukacita meliputi Tzu Chi Indonesia yang tahun ini dapat kembali menyelanggarakan Pemberkahan Akhir Tahun. Kegiatan ini mengusung tema: Berbuat Baik Dengan Welas Asih Mendatangkan Berkah, Membawa Diri Dengan Kebijaksanaan Mewariskan Nilai Luhur Bagi Keluarga.
Keindahan sifat manusia terletak pada ketulusan hatinya; kemuliaan sifat manusia terletak pada kejujurannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -