Menjaga Kesehatan Warga Lansia di Lagadar

Jurnalis : Cyntia, Floka (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Cyntia, Floka (Tzu Chi Bandung)

Ibu Anjar melakukan tahap pertama pemeriksaan kesehatan yaitu tensi. Ada tiga hal yang diukur dalam baksos kesehatan degeneratif, pemeriksaan tensi, kadar gula darah, dan asam urat.

Hari Minggu, 19 Mei 2024 menjadi kali ketiga sekaligus kali terakhir Tzu Chi Bandung mengadakan Baksos Kesehatan Degeneratif di SDN 01 Lagadar, Desa Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung. Di tahap ketiga ini, Tzu Chi menyediakan sebanyak 300 kuota yang dikurangi dari tahap dua 400 kuota dan tahap pertama 500 kuota. Hal ini memproyeksikan adanya peningkatan kesehatan bagi warga yang terdaftar, sehingga warga yang mengikuti baksos kesehatan degeneratif ini pelan-pelan berkurang.

Baksos kesehatan kali ini diikuti oleh 221 warga, berkurang dari tahap kedua yang dihadiri 276 warga dari usia remaja hingga mereka yang berusia lanjut. Sama seperti sebelumnya, bantuan kesehatan kali ini berfokus pada pemeriksaan lebih lanjut kondisi warga yang terdaftar dari tahap pertama hingga ketiga ini.

Berkurangnya warga yang hadir menunjukkan adanya peningkatan dan perubahan kesehatan warga. Anjar, salah satu warga yang mengikuti bantuan kesehatan mengatakan banyak peningkatan kesehatan setelah mengikuti kegiatan ini. “Alhamdulillah, banyak sekali peningkatan. Saya juga mendengar banyak warga yang kolesterol dan darah tingginya turun.”

Dokter sedang memeriksa salah satu pasien berusia lanjut. Baksos kesehatan degeneratif memang lebih menyasar kepada mereka yang telah berusia lanjut dan mengalami penurunan tingkat kesehatan.

Siti Aminah, salah satu peserta baksos kesehatan degeneratif merasa sangat terbantu dengan adanya Baksos Kesehatan Tzu Chi ini.

Siti Aminah (38), salah satu warga yang mengikuti pemeriksaan kesehatan tahap akhir mengatakan bahwa pemeriksaan kesehatan yang diadakan oleh Tzu Chi sangat bermanfaat. “Adanya pemeriksaan ini sangat membantu sekali bagi saya, jadi kesehatan saya terkontrol karena biasanya saya malas untuk pergi ke Puskesmas,” ungkapnya. Ibu Siti juga menambahkan bahwa terjadi peningkatan kesehatan yang dialaminya, kondisi kesehatannya sedikit demi sedikit kini sudah membaik.

Meningkatnya kesehatan masyarakat Lagadar tidak lepas dari bantuan yang diadakan oleh Tzu Chi dari mulai sosialisasi kesehatan, pola hidup sehat, dan pemeriksaan kesehatan yang diadakan secara sukarela oleh Tim Medis Tzu Chi membuahkan hasil yang baik kepada seluruh masyarakat Lagadar.

Erwin (kiri), relawan Tzu Chi yang sedang menyiapkan obat-obatan untuk warga yang selesai berobat.

Hal ini diungkapkan oleh Erwin, relawan Tzu Chi, bahwa progres dari tahap awal hingga tahap akhir pemeriksaan kesehatan ini berjalan sangat baik dapat dibuktikan dari jumlah peserta yang hadir. “Untuk selanjutnya kami mengharapkan akan adanya bantuan dari pemerintah, ujung tombaknya yaitu Puskesmas yang memegang peranan penting untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” kata Erwin.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Melakukan Dengan Sukarela, Menerima Dengan Sukacita.

Melakukan Dengan Sukarela, Menerima Dengan Sukacita.

03 Juli 2019

Baksos Kesehatan Degeneratif Tzu Chi yang pertama diadakan di SLB Tuna Grahita Karya Ibu Palembang. Kegiatan ini melibatkan 72 relawan dan 40 orang tim medis (17 dokter, 5 dokter Koas, 11 perawat dan 7 apoteker). Sebelumnya pada tanggal 23 Juni 2019 telah diadakan survei untuk wilayah setempat, dan sebanyak 670 kupon pemeriksaan kesehatan diberikan kepada warga.

Sosialisasi Baksos Degeneratif di Kelurahan Kupang Raya Lampung

Sosialisasi Baksos Degeneratif di Kelurahan Kupang Raya Lampung

24 Agustus 2018
Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung mengadakan sosialisasi baksos Degeneratif di Kelurahan Kupang Raya, Kec, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, hari ini Jumat, 24 Agustus 2018.
Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung mengadakan sosialisasi baksos Degeneratif di Kelurahan Kupang Raya, Kec, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, hari ini Jumat, 24 Agustus 2018.Yayasan Buddha Tzu Chi Lampung mengadakan sosialisasi baksos Degeneratif di Kelurahan Kupang Raya, Kec, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, hari ini Jumat, 24 Agustus 2018. 
Kemantapan Hati Akwet Menjadi Keluarga Tzu Chi Lampung

Kemantapan Hati Akwet Menjadi Keluarga Tzu Chi Lampung

27 November 2018
Djoni (Akwet), adalah salah satu relawan Abu Putih yang aktif mengikuti kegiatan Tzu Chi Lampung. Ia sangat antusias dalam mengajak orang lain untuk menjadi Bodhisatwa, semua dilakukan karena kemantapan hatinya untuk bergabung dengan Tzu Chi. 
Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -