Menjalin Jodoh Baik Melalui Butiran Beras

Jurnalis : Nurhayati Monita (Tzu Chi Cabang Sinar Mas) , Fotografer : Suci Rochani (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Sebanyak 65 warga Kampung Sendawar menerima bantuan beras dari Tzu Chi Cabang Sinar Mas.


“Cinta kasih tidak cukup hanya ada di  dalam hati saja, tetapi harus diwujudkan dalam “perilaku”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Perjalanan darat selama 2,5 jam tidak menyurutkan semangat para relawan di Xie Li Kutai Barat untuk menebar kebaikan kepada masyarakat Kampung Sendawar, Jumat (28/6/2024). Para relawan hendak membagikan 650 kg beras. Begitu sampai di lokasi, para relawan disambut petinggi kampung dan warga dengan wajah ceria.

Satu per satu warga yang hadir di balai pertemuan Kampung Sendawar menerima 1 karung beras yang berisi  10 kg. Mereka lalu pulang dengan wajah yang bahagia. Akhmad Yani, Petinggi Kampung atau Kepala Desa Sendawar senang karena kampung mereka telah dikunjungi dan beri bantuan beras. “Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut, ” ungkapnya kepada relawan.

Pada kesempatan ini, para relawan juga mengunjungi beberapa rumah warga yang tidak dapat hadir ke balai pertemuan kampung, salah satunya Nenek Sinte.

“Saya merasa tersentuh dan bahagia atas kunjungan dan perhatian relawan yang hadir ke rumah saya,” ujar Nenek Sinte.

“Iya Nek sama-sama, kami yang sangat bersyukur karena dengan adanya nenek kami bisa menebar benih kebaikan. Nenek katanya sakit yah? Ini ada pak dokter datang ke rumah nenek. Nenek bisa cerita sakit apa yang nenek rasakan,” ucap Suci kepada Nenek Sinte.

Nenek Sinte menerima bantuan 10 kg beras di rumahnya.

Nenek Sinte pun berkonsultasi dengan dokter mengenai penyakit yang dirasakannya. Nenek Sinte berkaca-kaca saat relawan berpamitan. Dengan senyum hangat, Nenek Sinte melambaikan tangannya kepada relawan yang telah menaiki mobil dan beranjak pergi. 

Matahari semakin tinggi, menandakan hari yang semakin siang. 650 kg beras selesai dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya. Pembagian beras ini semakin membuka hati para relawan untuk belajar menyadari bahwa hidup tidak selalu tentang diri kita tetapi juga tentang orang lain dan kepedulian kita untuk bisa berbagi kebahagiaan dengan orang lain melalui apapun yang bisa kita berikan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan di Pesantren Hidayatullah, Kutai Timur

Berbagi Kebahagiaan di Pesantren Hidayatullah, Kutai Timur

20 Juni 2024

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas (Xie Li Kaltim 2) dari Unit Jak Luay Mill,  Bukit Subur Estate,  Jak Luay Estate, dan Rantau Panjang Mill membagikan 50 karung beras ke Pesantren Hidayatullah, Muara Wahau, Kutai Timur.

Terang di Tengah Ketidakpastian

Terang di Tengah Ketidakpastian

31 Mei 2022

Tzu Chi Batam menyalurkan Beras Cinta Kasih Tzu Chi sebanyak 1.455 sak beras 10 Kg kepada warga prasejahtera di berbagai titik di Kota Batam.

Tiga Ratus Karung Beras untuk Nelayan dan Buruh di Pesisir Sungai Siak

Tiga Ratus Karung Beras untuk Nelayan dan Buruh di Pesisir Sungai Siak

14 Oktober 2021

Tzu Chi Pekanbaru bersama Ditpolairud Polda Riau membagikan bantuan beras sebanyak 300 karung kepada para nelayan dan buruh yang berada di sepanjang sungai Siak Pekanbaru.

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -