Menjalin Jodoh Lewat Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 di Aceh

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Ronaldo,Kevin Leonardy,Ilham,Milda (Tzu Chi Aceh)

Peserta mendaftarkan diri dalam Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh yang berlangsung di beberapa lokasi secara serentak.

Aceh merupakan provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia. Provinsi ini terkenal akan pemandangan alam yang masih asri juga sumber daya alam yang melimpah pada berbagai sektor. Pada Tahun 2004 terjadi bencana alam yang sangat dahsyat menimpa provinsi Aceh. Gempa bumi dan tsunami menyapu bersih semua yang ada. Pada saat itu, insan Tzu Chi bermunculan untuk memberikan pertolongan kepada warga yang terdampak bencana hingga membuat hunian tetap bagi para korban yang kehilangan tempat tinggal.

Dari jalinan jodoh tersebut, juga mulai terbentuk relawan Tzu Chi Aceh yang terus melakukan kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan pelatihan relawan hingga saat ini. Pada Minggu, 30 Juni 2024 relawan Tzu Chi Aceh kembali melaksanakan kegiatan Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 serentak di beberapa lokasi di Provinsi Aceh seperti Banda Aceh, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Tamiang, dan Aceh Barat (Meulaboh). Sejak pagi, para peserta dengan total 120 orang berkumpul di lokasi masing-masing.

Sebelum kegiatan, para peserta Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh dibagi kelompok dan berbaris untuk memasuki ruangan kelas.

Peserta Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh membaca 10 Sila Tzu Chi sebelum memulai materi.

Acara pelatihan ini di mulai dengan memberi penghormatan kepada Master Cheng Yen dan menyanyikan Mars Tzu Chi. Suara dari para relawan pun memenuhi tempat diadakannya pelatihan. Selanjutnya ada penyampaian materi dari berbagai narasumber di antaranya mengenai filosofi relawan Zhen Shan Mei yang bertujuan mendidik para relawan untuk memiliki semangat yang Benar, Bajik dan Indah. Acara selanjutnya dilanjutkan dengan materi tata krama di Tzu Chi  yang menghimbau peserta agar memakai seragam relawan Tzu Chi dan menjaga kehormatan diri sendiri dengan penampilan yang rapi. Acara di lanjutkan dengan mendengarkan Ceramah Master Cheng Yen, para peserta juga menyimak dengan seksama pesan yang disampaikan oleh Master Cheng Yen.

Selanjutnya acara pelatihan ini di tutup dengan memberi penghormatan kepada Master Cheng Yen dan pembagian souvenir. “Acara ini berlangsung dengan baik, saya sangat terharu melihat terselenggaranya acara ini di beberapa kabupaten dan kota tanpa hambatan. Harapan saya semoga barisan Tzu Chi semakin panjang sehingga mampu untuk menjangkau masyarakat yang menderita di pelosok daerah dan kita bisa menjadi yang pertama untuk menolong mereka,” ungkap Toni selaku penanggung jawab kegiatan.

Para peserta berfoto bersama dan menyimak materi-materi dalam Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2 Tzu Chi Aceh yang dilakukan serentak di beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Aceh.

Ronaldo salah satu relawan juga terharu melihat salah satu relawan Tzu Chi Aceh, Huicin Sukimin (Akien) yang ikut hadir meski sedang kurang sehat. Tekad dan semangatnya untuk ikut pelatihan ini karena sudah lama vakum dari kegiatan Tzu Chi. “Saya sangat terharu melihat Huicin Shijie sangat bersungguh hati untuk mengikuti Pelatihan Relawan Abu Putih Ke-2. Walaupun kondisi beliau tidak mendukung tetapi tetap berusaha hadir dalam kegiatan Tzu Chi,” kata Ronaldo.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menerima, Melatih Diri, Bersumbangsih

Menerima, Melatih Diri, Bersumbangsih

03 Maret 2023

Relawan Tzu Chi Batam pada 26 Febuari 2023 mengadakan Traning relawan Abu Putih (AP) yang dihadiri oleh 59 peserta dan sekaligus melantik 33 tunas relawan Abu Putih.

Training Abu Putih ke-3 di Komunitas He Qi Utara 2

Training Abu Putih ke-3 di Komunitas He Qi Utara 2

06 Juli 2022

Pelatihan Abu Putih dilakukan oleh komunitas He Qi Utara 2 pada Minggu, 26 juni 2022. Dari total empat kali jadwal pelatihan, kegiatan kali ini merupakan pelatihan abu putih ketiga yang dilakukan secara offline di ruang Fu Hui Ting lantai 2 Tzu Chi Center PIK.

Pelatihan Relawan Abu Putih He Qi Utara

Pelatihan Relawan Abu Putih He Qi Utara

18 Maret 2014 Tzu Chi merupakan organisasi kemanusiaan yang berlandaskan cinta kasih tanpa membeda-bedakan agama, ras, dan suku bangsa. Tzu Chi saat ini tersebar di 54 negara, terdiri dari banyak orang dengan berbagai karakter sehingga juga menjadi wadah bagi pembinaan diri.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -