Menjalin Kekompakan Melalui Lomba Memasak

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Asriani (Tzu Chi Pekanbaru)

Para relawan dengan sukacita memasak menu vegetarian terbaik versi mereka dalam lomba memasak ini. Peserta dari (komunitas) Xie Li Nangka tengah memasak hidangan selama lomba.

Relawan Tzu Chi Pekanbaru Komunitas Hu Ai Selatan mengadakan gathering yang diadakan di Kantor Tzu Chi Pekanbaru. Dalam gathering ini, sebanyak 33 orang relawan hadir dan berpartisipasi dalam serangkaian kegiatan yang ada.

Untuk meningkatkan kerja sama antar relawan, gathering kali ini diawali dengan lomba memasak, yang diikuti oleh tiga tim yang berasal dari Komunitas Relawan Xie li Nangka, Xie Li Arengka, dan Xie Li Senapelan. Pada lomba ini, setiap komunitas mengirimkan tiga relawan sebagai perwakilan dalam timnya.

Pada lomba ini, (komunitas) Xie Li Arengka diwakili oleh Yuli Yanto sekeluarga.

dr. Saverin Julia (kanan) berkeinginan untuk mulai bervegetaris.

“Saya mengikuti lomba ini karena saya ingin mencoba memasak hidangan vegan. Saya senang bisa berpartisipasi, karena dengan berpartisipasi, saya memperoleh perasaan untuk mencoba bervegetaris, karena vegetarian sangat baik untuk tubuh,” kata dr. Saverin Julia, salah satu peserta dalam kegiatan ini.

Pada lomba memasak ini, setiap tim diberikan waktu selama satu jam untuk memasak hidangan vegan yang sehat. Dengan penuh semangat, masing-masing tim memasak menu makanan (lauk pauk) yang kemudian dihidangkan dengan nasi sebagai bentuk partisipasi dalam lomba. Setelah memasak, para peserta juga ditantang untuk menghidangkan makanan yang mereka masak semenarik mungkin.

Bertepatan dengan ulang tahun Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia, pada kesempatan kali ini para dokter TIMA yang berasal dari Tzu Chi Pekanbaru juga turut serta dalam mencoba hidangan yang dimasak oleh para peserta. Usai menghadiri acara ulang tahun TIMA, para anggota TIMA turun, mencicipi, dan mengapresiasi masakan tiap peserta.

dr. Flemming Wijaya tengah mencoba masakan peserta. Seusai acara HUT TIMA Indonesia, para anggota TIMA Pekanbaru berkesempatan mencicipi makanan peserta.

“Lomba masak ini diadakan untuk melatih kerja sama dalam tim. Semua proses dalam lomba ini, mulai dari memilih menu, membersihkan bahan-bahan masakan, dan memasak memerlukan kerja sama untuk menyajikan menu tersebut,” ujar dr. Flemming Wijaya, salah satu anggota TIMA yang turut mencicipi masakan para peserta lomba.

Apresiasi diberikan para anggota TIMA Tzu Chi Pekanbaru usai mencicipi masakan para peserta.

Usai lomba memasak, gathering dilanjutkan dengan sosialisasi vegetarian yang dibawakan oleh Gunarny . Pada kesempatan ini, Gunarny mengajak seluruh relawan yang belum bervegetaris untuk mencoba bervegetaris dan menjelaskan bahwa vegetarian amat penting bagi kesehatan.

Lebih lanjut, Gunarny juga menjelaskan bahwa informasi jika orang yang bervegetaris bisa mengalami kekurangan gizi adalah hal yang salah, karena protein beserta nutrisi yang terdapat di daging juga terdapat dalam beragam produk-produk nabati. Bervegetaris juga dapat memberi manfaat pada kesehatan dan lingkungan.

Foto pemenang lomba beserta hasil kreasi masakan mereka.


“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak relawan yang belum bervegetaris untuk dapat bervegetaris. Dengan memasak menu yang sederhana dan sehat, kegiatan ini membuktikan bahwa vegetarian itu tidaklah sulit,” ujar Asriani, Ketua Komunitas Hu Ai Selatan.

 
Dengan serangkaian acara ini diharapkan para relawan memperoleh pengetahuan mengenai vegetarian dan dapat bertekad untuk turut serta bervegetaris, sebagai bentuk kasih sayang kepada semua makhluk.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Gan En Tuan Yuan

Gan En Tuan Yuan

08 November 2023

Sebanyak 160 relawan Tzu Chi Bandung dari berbagai latar belakang berkumpul di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung pada 21 Oktober 2023 dengan tema Gan En Tuan Yuan. Para relawan ini berbagi pengalamannya ketika pulang ke Aula Jing Si, rumah batin insan Tzu Chi di Taiwan.

Menyatukan Hati dalam Online Gathering

Menyatukan Hati dalam Online Gathering

14 September 2020

Xie Li Gathering Perkebunan Sinar Mas wilayah Kalimantan Selatan dan Timur pada tahun ini dilakukan secara virtual pada 6 September 2020. Dalam kegiatan ini Franky Oesman Widjaja Wakil Ketua Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia yang juga merupakan Chairman Sinar Mas Agribusiness and Food turut hadir secara virtual.

Di mana Ada Kemauan, Pasti Ada Kekuatan

Di mana Ada Kemauan, Pasti Ada Kekuatan

10 Februari 2023

Relawan komunitas He Qi Utara 2 mengadakan gathering relawan untuk merayakan Cap Go Meh di ruangan Xi She Ting, Aula Jing Si pada 4 Februari 2023. 

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -