Menyehatkan Tubuh dan Menolong Sesama

Jurnalis : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Junaedy Sulaiman (Tzu Chi Lampung)
Tzu Chi Lampung kembali menggelar donor darah rutin, Sabtu 3 Juni 2023.

Donor darah yang digelar Tzu Chi Lampung pada Sabtu 3 Juni 2023 berhasil menghimpun 76 kantong darah.  Alesius Bunawan, koordinator kegiatan mengatakan ada peningkatan jumlah donor dari waktu ke waktu. Ini tidak lepas dari kesungguhan para tim relawan dalam menebarkan informasi dan mengajak masyarakat untuk berdonor.

Ismail (61) sudah mendonorkan darahnya sebanyak 30 kali. Sekarang ini ia lebih memilih berdonor di Tzu Chi Lampung karena jadwalnya sudah pasti per 3 bulan. “Enaknya kami selalu dihubungi 2 hari sebelum kegiatan donor,” ujarnya.

Pak Ismail juga mengatakan jika tujuannya berdonor tak lain adalah dengan tulus menolong orang yang membutuhkan darah.

Donor darah kali ini berhasil menghimpun 76 kantong darah. 

Donor darah yang bekerjasama dengan UPTD PMI Bandar Lampung ini digelar di Kantor Tzu Chi Lampung sejak pukul 9.00 pagi dan berakhir pukul 13.00 WIB. Dari UPTD PMI Bandar Lampung mengerahkan 5 orang paramedis. Sementara Tzu Chi lampung mengerahkan 20 relawan.

Donor darah memberikan banyak manfaat tidak hanya bagi diri sendiri, namun juga untuk orang lain yang membutuhkan. Darah yang didonorkan sangat bermanfaat terutama bagi orang yang mengalami kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah. Donor darah secara rutin terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Donor Darah dengan Penuh Cinta Kasih

Donor Darah dengan Penuh Cinta Kasih

27 Januari 2023

Relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Tamken Palembang menjalankan Misi Kesehatan dalam kegiatan Donor Darah di Sekolah Kusuma Bangsa Jl. Residen Haji Abdul Rozak, 8 Ilir Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang.

Donor Darah di Masa Pandemi

Donor Darah di Masa Pandemi

01 April 2021

Tzu Chi Singkawang bekerja sama dengan PMI dan PFKPM Singkawang menyelenggarakan Baksos Kesehatan Donor Darah, Minggu, 28 Maret 2021.

Donor Darah Baik Bagi Kesehatan

Donor Darah Baik Bagi Kesehatan

10 Desember 2012 Tampak berapa relawan Hu Ai Pluit dan Pantai Indah Kapuk (PIK) sedang berkemas memenuhi meja pendaftaran untuk kegiatan donor darah yang diadakan rutin per tiga bulanan di Jingsi Books & Café, Pluit, Jakarta Utara.
Jangan takut terlambat, yang seharusnya ditakuti adalah hanya diam di tempat.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -