Paket Sembako Cinta Kasih di Kelurahan Menanggal

Jurnalis : Diyang Yoga W (Tzu Chi Surabaya), Fotografer : Dok. Tzu Chi Surabaya

Penyerahan 200 paket sombako cinta kasih dari relawan Tzu Chi kepada warga Menggala dan Dukuh Menggala di Kantor Kelurahan Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur.

Pada Minggu, 20 Maret 2022, relawan Tzu Chi Surabaya berkumpul di Kantor Kelurahan Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya, Jawa Timur dalam kegiatan pembagian paket sembako. Relawan bersama para kader RT setempat memulai kegiatan dengan briefing mekanisme pembagian kupon dan paket sembako. Dengan tujuan agar tidak terjadi penumpukan warga di lokasi pembagian dan warga tetap mematuhi protokol kesehatan terkait Covid-19.

Relawan Tzu Chi Surabaya yang berjumlah 27 orang bersama 12 kader RT dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan wilayah pembagian yaitu 100 paket untuk Menanggal dan 100 paket untuk Dukuh Menanggal. Diawali dengan pembagian kupon secara door to door, para relawan mendatangi setiap rumah yang sudah di data sebelumnya oleh pihak RT. Hal ini bertujuan apabila ada salah satu penerima yang layak mendapatkan bantuan lanjutan, maka akan dilakukan survei langsung.

Briefing mekanisme pembagian kupon dan paket sembako yang dilakukan relawan Tzu Chi Surabaya bersama dengan kader-kader RT di Kelurahan Menanggal.

Dalam kegiatan ini, relawan Tzu Chi Surabaya, Kevin Ghozali bersama 2 relawan lainnya sangat antusias dalam membagikan kupon kepada warga yang tinggal di Rusun RT 1-15 / RW 5, Kelurahan Menanggal yang datanya berjumlah 35 penerima bantuan. Relawan yang bertugas pun selalu disambut baik oleh ketua-ketua RT yang sudah menunggu di pintu masuk Rusun untuk mendampingi relawan membagikan Kupon.

Keringat mengucur deras membasahi pakaian relawan yang naik turun tangga Rusun untuk memberikan kupon. Para kader RT pun sangat salut kepada para relawan Tzu Chi karena seperti tak kenal lelah. “Wah, relawan ini sangat kuat dan semangat sekali membagikan kupon. Apalagi dari tadi tidak ada istirahat, saya jadi ikutan semangat,” ujar Erna salah satu kader RT.

Relawan Tzu Chi Surabaya, Kevin Ghozali Bersama Hadi membagikan kupon secara door to Door kepada warga Rusun blok 63 di wilayah Menanggal.

Relawan bersama kader RT dan warga sekitar sangat bersinergi, tak jarang mereka disambut oleh warga sekitar baik itu menyapa atau memberikan air mineral. Hal serupa juga dialami Relawan Tzu Chi Surabaya, Ida Sabrina bersama 4 relawan lainnya yang membagikan kupon untuk warga Dukuh Menanggal. Dari Kelurahan Menanggal menuju Dukuh Menanggal, para relawan berjalan kaki karena akses yang cukup sulit untuk dilalui kendaraan.

Para penerima bantuan disarankan untuk langsung mengambil bantuan setelah menerima kupon di Kantor Kelurahan Menanggal untuk menghindari kerumunan. Kegiatan pembagian paket sembako ini juga diapresiasi oleh Lurah Menanggal. “Kami sangat bahagia dan berterima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi karena telah turun ke lapangan melihat masyarakat kami. Sekali lagi saya selaku lurah mengucapkan terima kasih sebesar besarnya,” ujar Rahmat Setiawan, Lurah Menanggal.

Relawan Tzu Chi Surabaya berkoordinasi dengan Rahmat Setiawan selaku Lurah Menanggal dalam kegiatan pembagian 200 paket sembako cinta kasih.

Tutik, salah satu penerima bantuan paket sembako di Dukuh Menanggal sangat berterima kasih atas bantuan paket cinta kasih berupa beras 10 kg, kopi, dan masker yang diberikan Tzu Chi. “Saya sangat berterima kasih sekali untuk Buddha Tzu Chi yang telah memberikan bantuan sembako ini. Saya ucapkan sekali lagi terima kasih,” ujar Tutik.

Editor: Arimami Suryo A

Artikel Terkait

Paket Sembako untuk Para Warga Korban Abrasi Pantai

Paket Sembako untuk Para Warga Korban Abrasi Pantai

09 Juni 2020

Relawan Tzu Chi Padang memberikan 76 paket bantuan sembako kepada para nelayan yang terkena dampak dari abrasi pantai (30/05/2020). Bantuan berupa paket sembako berupa 5 kg beras, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, dan mie instan 4 buah.

Memberi Perhatian dan Membangkitkan Rasa Syukur Atas Keberkahan Diri

Memberi Perhatian dan Membangkitkan Rasa Syukur Atas Keberkahan Diri

11 Maret 2022

Relawan Tzu Chi Pekanbaru membagikan kupon paket sembako untuk warga kurang mampu di Kota Dumai. Kegiatan ini merupakan kerjasama dari Tzu Chi Pekanbaru dan Polres Dumai.

Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

06 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan kupon sembako dalam rangka menyambut Lebaran 2022. Sebanyak 610 kupon dibagikan kepada 8 RW di Kelurahan Duri Pulo, Jakarta Barat.

Kita sendiri harus bersumbangsih terlebih dahulu, baru dapat menggerakkan orang lain untuk berperan serta.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -