Pelatihan Zhen Shan Mei di Tzu Chi Aceh

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Ronaldo, Kevin Leonardy (Tzu Chi Aceh)

Manda mengenalkan program-program DAAI TV yang sarat akan nilai-nilai kebajikan.

Tzu Chi Medan bersama DAAI TV Medan memberikan pelatihan dan sosialisasi tentang Zhen Shan Mei bagi 33 relawan Tzu Chi Aceh, Minggu 9 Juni 2024. Pelatihan ini digelar di Depo Pelestarian lingkungan Tzu Chi Banda Aceh. Zhen Shan Mei terdiri dari tiga huruf Mandarin yaitu Zhen=Benar, Shan=Bajik dan Mei=Indah. Zhen Shan Mei merupakan filosofi misi budaya humanis Tzu Chi, dan juga sebutan bagi relawan yang mendokumentasikan jejak cinta kasih Tzu Chi.

Liani menjelaskan tentang filosofi Zhen Shan Mei.

Manda dari DAAI TV Medan mengenalkan beberapa program DAAI TV dan juga keunikannya. Sementara Liani yang merupakan relawan Zhen Shan Mei dari Tzu Chi Medan membawakan materi mulai dari sejarah Zhen Shan Mei hingga teknik penulisan artikel. Liani juga mengajak peserta untuk membuat kalimat dari kata–kata yang ia berikan.

Para peserta sangat antusias menyimak setiap penjelasan narasumber dan juga mengajukan pertanyaan di sesi tanya jawab. “Sungguh berkesan dengan semangat relawan Banda Aceh mengikuti acara ini sehingga Zhen Shan Mei Banda Aceh bisa berkembang dan membantu perkembangan Misi Tzu Chi di Aceh,” kata Hariatno Widjaja, salah satu peserta.

Melalui sosialisasi ini, para relawan Tzu Chi Aceh jadi lebih memahami peran penting relawan Zhen Shan Mei.

“Relawan Zhen Shan Mei adalah mata dan telinga Master Cheng Yen. saya sharing tentang sejarah dan teknik menulis yang benar, bajik dan indah supaya relawan di Banda Aceh bisa mengetahui Zhen Shan Mei itu apa, yakni merupakan salah satu misi Tzu Chi yaitu misi ke-4, yakni misi budaya humanis. Kami ingin mengajak lebih banyak orang untuk mengenal Tzu Chi dari hasil dokumentasi kegiatan relawan Tzu Chi sehingga lebih banyak orang mengenal Tzu Chi,” kata Liani.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mengasah Potensi Jurnalistik

Mengasah Potensi Jurnalistik

29 Mei 2024
Tzu Chi Medan mengadakan pelatihan jurnalistik dan fotografi untuk relawan Zhen Shan Mei yang berlangsung di Gedung DAAI TV, Kompleks Jati Junction Perintis Kemerdekaan. 
Sejuta Kasih untuk Sebuah Gambar

Sejuta Kasih untuk Sebuah Gambar

27 November 2018

Sebanyak 25 relawan Tzu Chi dari berbagai komunitas mengikuti kegiatan sharing liputan bencana yang dibawakan oleh Arimami Suryo A (Ari) dan Khusnul Khotimah (Nungky), Minggu, 18 November 2018. Keduanya merupakan staf redaksi divisi Zhen Shan Mei Tzu Chi Indonesia.

Pelatihan Relawan Zhen Shan Mei di Tanjung Balai Karimun

Pelatihan Relawan Zhen Shan Mei di Tanjung Balai Karimun

05 Agustus 2019
Minggu, 21 Juli 2019, Tzu Chi Tanjung Balai Karimun mengadakan kegiatan pelatihan Zhen Shan Mei. Zhen Shan Mei merupakan para relawan yang aktif dalam mendokumentasikan kegiatan Tzu Chi melalui artikel, foto, dan video. Kegiatan ini diikuti oleh 43 orang relawan.
Bertuturlah dengan kata yang baik, berpikirlah dengan niat yang baik, lakukanlah perbuatan yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -