Pelepasan Bantuan Bagi Korban Gempa di Turki dan Suriah

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Biro Pers Sekretariat Presiden RI, Dok. Tzu Chi Indonesia.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memberikan sambutan saat melepas pengiriman bantuan bagi korban gempa Turki dan Suriah di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pascagempa yang melanda Turki dan Suriah pada 6 Februari 2023 lalu, bantuan kemanusiaan mulai dikirim untuk membantu para korban dari berbagi negara takterkecuali Negara Indonesia. Berbagai negara seperti Indonesia juga mengirimkan bantuan logistik atau tim penyelamat. Bantuan ini terhimpun dari pemerintah RI dan dukungan organisasi-organisasi sosial di Indonesia.  

Sebagai lanjutan dari pengiriman bantuan yang dilakukan dalam beberapa gelombang untuk korban gempa Turki dan Suriah, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melepas pengiriman bantuan bagi korban gempa di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada 21 Februari 2023.

Bantuan-bantuan logistik yang dikirim oleh Pemerintah Indonesia ini terdapat bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berupa 4.800 lembar selimut tebal Taiwan dan 30 unit genset berkapasitas 2.000 Watt.

Barang bantuan kemanusiaan yang akan dikirim ke Turki dan Suriah di cek oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo berharap bantuan kemanusiaan yang dikirimkan pemerintah Indonesia dapat membantu para korban gempa yang ada di Turki dan Suriah. "Pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan ke Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang sangat diperlukan. Kita harapkan apa yang kita kirimkan ini nanti dapat membantu saudara-saudara kita yang ada di sana (Turki dan Suria)," ujar Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Presiden Joko Widodo menyebut bahwa sebelumnya pemerintah Indonesia juga telah mengirimkan tim pencarian dan pertolongan (SAR), tim medis, rumah sakit lapangan, hingga pesawat hercules. Bantuan tersebut dinilai sangat membantu proses evakuasi dan penyelamatan para korban gempa di Turki dan Suriah.

Turut hadir dalam pelepasan bantuan bencana gempa Turki dan Suria ini Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Kepala Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Relawan Tzu Chi Indonesia mengecek dan berfoto dengan barang bantuan yang akan dikirim untuk membantu korban gempa di Turki dan Suriah. Tzu Chi Indonesia mengirimkan 4.800 lembar selimut tebal dan 30 unit genset.

Pada kesempatan yang sama, perwakilan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia turut hadir dalam acara pelepasan bantuan bagi korban gempa di Turki dan Suriah. Wakil Ketua Tim Tanggap Darurat Tzu Chi Indonesia, Tjiu Bun Fu bersama dua relawan Tzu Chi Indonesia lainnya berharap bantuan yang dikirim dapat segera membantu warga yang terdampak gempa di Turki dan Suriah.

“Kita Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan. Semoga bantuan selimut dan genset ini berguna bagi korban-korban gempa di Turki dan Suriah di mana kita ketahui kondisi di sana sangat memerlukan selimut karena cuaca sangat dingin,” ucap Tjiu Bun Fu.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Pelepasan Bantuan Bagi Korban Gempa di Turki dan Suriah

Pelepasan Bantuan Bagi Korban Gempa di Turki dan Suriah

21 Februari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ikut berpartisipasi dalam membantu korban gempa di Turki dan Suriah dengan mengirimkan 4.800 lembar selimut dan 30 unit genset melalui Pemerintah Indonesia.

Persiapan Pengiriman Bantuan Kemanusiaan bagi Korban Gempa Turki

Persiapan Pengiriman Bantuan Kemanusiaan bagi Korban Gempa Turki

17 Februari 2023

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mempersiapkan bantuan selimut dan genset untuk masyarakat Turki yang terdampak gempa bumi melalui pemerintah Republik Indonesia.

Peduli Gempa Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital Gelar Penuangan Celengan dan Penggalangan Dana

Peduli Gempa Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital Gelar Penuangan Celengan dan Penggalangan Dana

15 Februari 2023

Sebagai wujud empati bagi korban gempa bumi di Turki dan Suriah, Tzu Chi Hospital mengadakan penuangan celengan dan penggalangan dana untuk membantu para korban gempa.

Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -