Pelestarian Lingkungan dan Bedah Buku Xie Li Selatan

Jurnalis : Ruth Falina (He Qi Pusat), Fotografer : Yuly, Liany (He Qi Pusat)

Sim Joeng Tjhen menerima barang-barang dari donatur berupa botol-botol plastik yang diantar langsung oleh donotur ke Sekolah Surya Dharma, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Relawan komunitas Xie Li Selatan mengadakan kegiatan pelestarian lingkungan dengan memilah barang-barang yang bisa di daur ulang dan bedah buku yang diadakan rutin pada Minggu ke-3 setiap bulannya. Kegiatan komunitas Xie Li Selatan ini berlangsung di Sekolah Surya Dharma, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada 18 Desember 2022.

Di awal kegiatan relawan diajak untuk memilah barang-barang daur ulang, barang-barang dipilah-pilah sesuai dengan jenisnya. Relawan dengan sabar dan semangat memilah dan memisahkan botol-botol plastik, kardus, karton, buku, dan barang lain yang dapat didaur ulang.

Barang-barang dari para donotur akan di pilah oleh relawan sesuai jenis dan warna. Pemilahan barang-barang daur ulang kali ini Xie Li Selatan mendapatkan banyak ladang berkah.

Etty, salah satu relawan yang ikut berpartisipasi menyempatkan waktu untuk melakukan memilah barang-barang sebelum melakukan kegiatan pelayanan di gerejanya. Etty dengan semangat memisahkan tutup botol dan label botol.

Barang-barang ini berasal dari para donatur, yang diantarkan langsung oleh donatur atau yang dijemput oleh Sim Joeng Tjhen relawan Xie Li Selatan. Etty, salah satu relawan yang ikut berpartisipasi menyempatkan waktu untuk melakukan memilah barang-barang sebelum melakukan kegiatan pelayanan di gerejanya.

“Saya tertarik bergabung menjadi relawan Tzu Chi karena kerapihan dan keramahan para relawan ketika pertama kali diajak baksos dan saya baru tahu kalau menjadi relawan itu ilmunya juga selalu bertambah setiap ada pertemuan,” ungkap Etty yang pada kegiatan Tzu Chi.

Para relawan relawan Xie Li Selatan berfoto bersama setelah melakukan kegiatan Pelestarian lingkungan.

Pemilahan barang-barang daur ulang kali ini Xie Li Selatan mendapatkan banyak ladang berkah. Banyaknya ladang berkah dapat diartikan sudah mulai banyak kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pelestarian lingkungan dengan cara memisahkan botol plastik (anorganik) dengan sampah umum (organik).

Relawan Tzu Chi mengajak masyarakat untuk menerapkan 3 R, yaitu Reduce (Mengurangi), Reuse (Menggunakan ulang), Recycle (Mendaur ulang) sampah. Menerapkan 3 R kita dapat mengurangi produksi plastik yang artinya mengurangi gas emisi karbon dan mengurangi pencemaran lingkungan. Adapun sampah organik yang juga bisa didaur ulang seperti kertas, buku, dan karton.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Edukasi Pelestarian Lingkungan Melalui Gathering Gan En Hu

Edukasi Pelestarian Lingkungan Melalui Gathering Gan En Hu

16 Januari 2024

Semangat dan sukacita dirasakan para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang berkumpul bersama di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Soak, Kota Palembang, Sumatera Selatan. 

Menumbuhkan Kebijaksanaan Dalam Kegiatan Pelestarian Lingkungan

Menumbuhkan Kebijaksanaan Dalam Kegiatan Pelestarian Lingkungan

09 Agustus 2018
Minggu, 22 Juli 2018 yang lalu, relawan Tzu Chi komuitas He Qi Barat 1 dan 2 mengadakan pelatihan Relawan Abu Putih yang ke-3 yang diselenggarakan di ruang Gan En Lou lt. 3, Aula Jing Si, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta Utara.
Pilah Sampah Yuk! Cara Sederhana Kelola Sampah

Pilah Sampah Yuk! Cara Sederhana Kelola Sampah

11 Juli 2022

Pada 8 Juli 2022, 61 orang perawat Tzu Chi Hospital bersama relawan Tzu Chi berhasil memilah 13 karung besar botol-botol plastik. Para perawat berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan Tzu Chi dengan memilah barang-barang daur ulang.

Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -