Pembagian Beras Cinta Kasih di Meulaboh, Aceh

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Kevin Leonardy (Tzu Chi Aceh)

Relawan Tzu Chi Aceh secara simbolih menyerahkan bantuan beras kepada warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Kota Meulaboh dalam menyambut Idul Adha.

Meulaboh merupakan ibu kota dari Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Wilayah ini memiliki luas 60.30 km² dengan sumber kekayaan alam yaitu tanaman lada dan batu bara. Tempat ini pula menjadi kampung halaman salah satu pahlawan nasional Indonesia dari Aceh yaitu Teuku Umar sehingga di namakan Bumi Teuku Umar.

Jalinan jodoh Kota Meulaboh dengan Tzu Chi pun di mulai pascatsunami tahun 2004. Tzu Chi membangun Komplek Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Kota Meulaboh sebagai tempat untuk bernaung masyarakat yang kehilangan tempat tinggal akibat tsunami. Selain itu pembangunan jembatan Sikundo yang juga bekerja sama dengan Tzu Chi pada tahun 2023 juga menjadi secercah harapan untuk masyarakat Desa Sikundo, Kecamatan Pante Ceureumen sebagai akses untuk menuju Kota Meulaboh.

Relawan Tzu Chi Aceh secara simbolih menyerahkan bantuan beras kepada warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Kota Meulaboh dalam menyambut Idul Adha.

Berbagai bantuan lainnya pun juga diberikan kepada warga seperti pada Minggu, 9 Juni 2024 dimana relawan Tzu Chi Aceh membagikan beras cinta kasih di Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Meulaboh. Dalam kegiatan ini, sebanyak 1.100 karung beras (ukuran 5 kg) dibagikan kepada warga untuk menyambut Hari Raya Idul Adha. Ketika acara pembagian beras di mulai, masyarakat dengan antusias mengantre dengan rapi untuk mendapatkan beras tersebut sehingga acara pun berlangsung dengan lancar.

Pembagian beras ini juga diikuti oleh 49 orang relawan yang bersumbangsih untuk membantu kelancaran pembagian beras. Pembagian beras cinta kasih ini juga menyentuh hati salah satu relawan. “Saya sangat senang ketika melihat senyum dari penerima beras. Hati saya penuh sukacita yang luar biasa,” tutur Kevin Leonardy.

Selain memberikan bantuan berupa beras, dalam kesempatan ini relawan juga mengajak para warga berdonasi untuk membantu orang lain.

Kebahagiaan juga dirasakan oleh warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi Meulaboh penerima bantuan beras. “Saya sangat senang ketika mendapatkan beras cinta kasih ini. Harapannya Yayasan Buddha Tzu Chi ini bisa berkembang dan membantu lebih banyak orang lagi,” ujar Muksalmina setelah menerima beras.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Tiga Ratus Karung Beras untuk Nelayan dan Buruh di Pesisir Sungai Siak

Tiga Ratus Karung Beras untuk Nelayan dan Buruh di Pesisir Sungai Siak

14 Oktober 2021

Tzu Chi Pekanbaru bersama Ditpolairud Polda Riau membagikan bantuan beras sebanyak 300 karung kepada para nelayan dan buruh yang berada di sepanjang sungai Siak Pekanbaru.

Satu Ton Beras untuk Pesantren Fatihatul Qur’an Bogor

Satu Ton Beras untuk Pesantren Fatihatul Qur’an Bogor

21 Desember 2021

Tzu Chi Indonesia bekerja sama dengan ICRP menyerahkan bantuan 1 ton beras kepada Pondok Pesantren Fatihatul Qur’an Education Centre di Kemang, Bogor.

Bersyukur atas Bantuan Beras dan Masker

Bersyukur atas Bantuan Beras dan Masker

08 Maret 2021

Kholifah (48) tampak semringah sepulang dari mengambil bantuan beras dan masker di Kantor Sekretariat RW 01, Kelurahan Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat. Tak hanya Kholifah, para tetangganya di pemukiman padat penduduk di RW 01 ini juga bersyukur dengan bantuan beras dan masker dari Tzu Chi Indonesia. Ada 500 paket yang dibagikan pada Jumat 5 Maret 2021 ini, masing-masing terdiri dari 10 kilogram beras dan 20 pcs masker.

Hanya orang yang menghargai dirinya sendiri, yang mempunyai keberanian untuk bersikap rendah hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -