Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat), Fotografer : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Relawan melakukan briefing sebelum pembagian kupon dilakukan.

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan kupon sembako dalam rangka menyambut Lebaran 2022. Sebanyak 610 kupon dibagikan kepada 8 RW di Kelurahan Duri Pulo, Jakarta Barat. Untuk membagikan seluruh kupon tersebut, 38 relawan berkumpul di RPTRA Kelurahan Duri Pulo sejak pukul 7 pagi.

Hartono membagikan kupon ke salah seorang warga penerima paket lebaran.

Sebelum membagikan kupon, Lim Tet Kong, PIC kegiatan hari itu terlebih dahulu memberikan briefing kepada seluruh relawan tentang mekanisme pembagian kupon. Ia juga membagi relawan menjadi beberapa tim untuk mempermudauh dan mempercepat proses pembagian kupon. Sesuai pesan dari PIC, relawan pun menyusuri gang demi gang dan melihat langsung kehidupan warga demi memastikan kupon sampai untuk warga yang membutuhkan.

“Lega bisa ngelewatin gang. Agak deg-degan sih tapi fokus saya cuma satu, membawakan kupon untuk warga di luar gang ini,” ujar Hartono setelah masuk gang yang hanya selebar kurang lebih 30 sentimeter untuk sampai ke rumah warga.

Menanti Pembagian Sembako

Relawan menyusuri gang yang hanya selebar kurang lebih 30 cm demi sampai di rumah warga untuk menyerahkan kupon.

Seorang penerima bantuan, Nenek Endi Munah (90) mengaku senang menerima kupon hari itu. Pasalnya harga sembako semua sedang mengalami kenaikan. Ia pun tidak bisa mengharapakan bantuan anaknya karena sang anak sedang tidak mempunyai pekerjaan. Sementara itu untuk makan sehari-hari, Nenek Endi saat ini lebih sering menerima bantuan dari para tetangga.

“(Bantuan ini) amat membantu. Terima kasih sudah dikasi kupon untuk nanti dapat beras dan mi. Nanti saya minta tolong anak saya tukarkan,” ujar nenek Endi terbata-bata.

Nenek Endi Munah (90) menerima kupon paket lebaran.

Sahidi, Ketua RW 08 yang menemani relawan keliling ke rumah-rumah warga pun menuturkan ungkapan terima kasihnya. “Terima kasih kepada relawan karena memperhatikan warga dan hari ini warga saya bisa menerima kupon ini. Nanti saya ingatkan mereka untuk tukarkan kuponnya di tanggal 10 April 2022. Semoga nanti kegiatan seperti ini bisa terus ada dan semakin banyak warga lainnya yang menerima bantuan,” harapan Pak Sahidi.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Perhatian untuk Para Lansia dan Penyandang Disabilitas

Perhatian untuk Para Lansia dan Penyandang Disabilitas

22 November 2022

Relawan Tzu Chi di Xie Li Sumsel 2 terus memberikan perhatian untuk warga yang membutuhkan. Kali ini relawan menyalurkan bahan pangan untuk para lansia di Tanjung Aur, Kec. Kikim Tengah, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

Polda Riau Salurkan 120 Ton Beras Dari Tzu Chi

Polda Riau Salurkan 120 Ton Beras Dari Tzu Chi

23 Desember 2020

Polda Riau melalui Polres yang tersebar di 12 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau masing-masing menyalurkan 10 ton beras bagi masyarakat Riau terdampak Covid-19. Bantuan ini termasuk dalam 5.000 ton beras yang dibagikan oleh Tzu Chi Indonesia bekerja sama berbagai instansi, sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat.

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

Memperluas Jangkauan Vaksinasi Hingga ke Kepulauan

19 November 2021

TNI Angkatan Laut bersama Tzu Chi Biak melakukan kegiatan vaksinasi di Pulau Wundi, Distrik Padaido, Biak Papua, Selasa 16 November 2021.

Dalam berhubungan dengan sesama hendaknya melepas ego, berjiwa besar, bersikap santun, saling mengalah, dan saling mengasihi.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -