Pembagian Kupon Sembako di Tanjung Morawa

Jurnalis : Nuraina Ponidjan (Tzu Chi Medan), Fotografer : Amir Tan (Tzu Chi Medan)

Relawan berkumpul di Kantor Camat Tanjung Morawa.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, Tzu Chi Medan membagikan 8.000 paket sembako di 8 wilayah, salah satunya di komunitas Hu Ai Mandala yang membagikan 1.000 paket sembako di daerah Tanjung Morawa, Sumatera Utara.

Sembako ini harus sampai langsung ke penerima bantuan, untuk itu Jumat, 15 April 2022, sebanyak 36 orang relawan dari Medan bergabung dengan 6 orang relawan Tanjung Morawa dan 14 orang penunjuk jalan (Kepala Dusun dan Kepala Desa). Mereka mengunjungi warga secara langsung untuk membagikan kupon sembako yang nantinya akan ditukarkan dengan paket sembako pada 24 April 2022.

Relawan menelusuri jalan setapak dan gang-gang kecil agar bisa sampai di rumah warga.

Winda Sutejoe (tengah) sedang mengisi kupon yang akan diberikan ke warga.

Bagi relawan Tzu Chi Medan, titik kumpul adalah di Depo Pelestarian Lingkungan Mandala dan menuju Tanjung Morawa pada pukul 07.15 WIB. Sesampainya di Tanjung Morawa, para relawan Medan bergabung dengan relawan Tanjung Morawa dan titik kumpulnya adalah di kantor Camat Tanjung Morawa. Untuk survei ke lokasi yang agak jauh, relawan Tanjung Morawa menyediakan 10 unit kendaraan roda dua agar bisa digunakan relawan untuk masuk ke pemukiman atau gang-gang kecil.

Relawan begitu semangat walaupun cuaca begitu panas. Rumah demi rumah didatangi dan dengan bahagia memberikan kupon sembako kepada warga. “Saya untuk pertama kali ikut kegiatan ini dan saya merasa survei ini sangat bagus dan terarah jadi sangat bermanfaat bagi penerima kupon. Dengan kegiatan ini kita bisa langsung lihat warga,” kata Diana Wijaya seorang relawan kembang.

Hal yang sama juga dikatakan Winda Sutejoe, “Prihatin melihat warga yang kurang mampu dan jadinya saya merasa bersyukur karena saya masih diberi kehidupan yang lebih baik.”

Diana Wijaya (tengah) baru pertama kali mengikuti kegiatan dan merasa melalui kegiatan ini, dia bisa melihat langsung kehidupan warga.

Sumida (seragam biru putih) berharap bisa menjalin jodoh baik dengan semua warga sehingga bisa membina kerukunan dan keharmonisan.

Banyak cerita yang dirasakan masing-masing relawan dan dengan melihat kebahagiaan di wajah penerima kupon bisa mengurangi rasa letih, lelah, haus, ataupun gerahnya panas matahari.

“Sangat sukacita dapat berbagi dengan warga dan juga merasa terharu ketika kita memberikan kupon sembako. Ada Ibu yang matanya sampai berkaca-kaca mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Buddha Tzu Chi dan juga dengan tulus mendoakan kami agar mendapat berkah yang melimpah dari Tuhan. Semoga dengan kegiatan ini kita menjalin jodoh baik dengan semua warga sehingga membina kerukunan dan keharmonisan,” harap Sumida, Ketua Komunitas Hu Ai Mandala.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Pembagian Kupon Sembako di Tanjung Morawa

Pembagian Kupon Sembako di Tanjung Morawa

21 April 2022

Jumat, 15 April 2022, sebanyak 36 orang relawan Tzu Chi di Medan dan di Tanjung Morawa membagikan kupon sembako yang nantinya akan ditukarkan dengan paket sembako pada 24 April 2022.

Kebersamaan Membuahkan Kebahagiaan

Kebersamaan Membuahkan Kebahagiaan

01 Juli 2016
Sabtu tanggal 18 Juni 2016, relawan Tzu Chi He Qi Barat membagikan kupon sembako kepada 2.146 KK di RW 03 dan RW 04 Kelurahan Kamal, Kampung Belakang, Dadap, Jakarta Barat. Untuk membagikan kupon secara langsung, relawan berjalan menuju lokasi-lokasi yang sulit dilalui oleh kendaraan, mereka berjalan kaki melewati daerah-daerah yang rawan banjir.
Sukacita Para Relawan di Xie Li PGC Menggarap Ladang Berkah Pembagian Kupon Sembako

Sukacita Para Relawan di Xie Li PGC Menggarap Ladang Berkah Pembagian Kupon Sembako

08 April 2022

Menyambut Lebaran 2022, Tzu Chi Indonesia kembali menyalurkan paket sembako lebaran. Komunitas relawan Tzu Chi di He Qi Pusat menyambut gembira dan penuh antusias kegiatan ini. Tak terkecuali di komunitas Xie Li PGC.

Ada tiga "tiada" di dunia ini, tiada orang yang tidak saya cintai, tiada orang yang tidak saya percayai, tiada orang yang tidak saya maafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -