Pentingnya Melestarikan Lingkungan

Jurnalis : Beh Guat Ngo (He Qi Pusat) , Fotografer : Yo Sai Hwa, Beh Guat Ngo (He Qi Pusat)

Para Mahasiswa didampingi relawan memilah botol plastik.

Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Pangeran Jayakarta pagi itu, Rabu 19 Juni 2024 kedatangan tamu dari Universitas Bina Nusantara. Sebanyak 25 mahasiswa ini tergabung dalam Teach for Indonesia, yakni kelompok kerelawanan mahasiswa Universitas Bina Nusantara yang bergerak di bidang sosial, pelestarian lingkungan, dan bimbingan belajar. Semangat kerelawanan mereka selaras dengan beberapa misi Tzu Chi.

Johan mengarahkan mahasiswa untuk memilah sampah kertas yang bisa didaur ulang.

“Walaupun bukan pertama kalinya, kami bersama relawan Tzu Chi melaksanakan kegiatan sosial dalam pelestarian lingkungan, namun ini adalah kunjungan pertama kami ke Depo Pangeran Jayakarta. Banyak hal dan manfaat dapat kami peroleh dengan melaksanakan kegiatan seperti ini, dan hari ini kami juga lebih memahami pelestarian lingkungan," ujar Chandra, bagian partnership Teach for Indonesia.

Sebelum para mahasiswa melaksanakan pemilahan barang daur ulang, Johan Ketua He Qi Pusat berbagi dengan mengenalkan tentang Yayasan Buddha Tzu Chi dan pentingnya melakukan pelestarian lingkungan.  “Seperti ajaran Master Cheng Yen yang tertuang dalam kata perenungannya, Gunakanlah kedua tangan yang bertepuk tangan untuk melakukan pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Relawan bersama salah seorang mahasiswa membereskan botol plastik yang sudah dipilah.

Selang setengah jam setelah pengarahan, para mahasiswa diajak berkeliling melihat Depo dan diperkenalkan dengan beberapa barang daur ulang. Para mahasiswa melakukan pemilahan didampingi relawan. Mereka memilah botol plastik, buku, dan kertas. Di Depo Pangeran Jayakarta selain tempat pemilahan juga ada tempat penjualan barang daur ulang murah untuk masyarakat. Beberapa mahasiswa terlihat sedang melihat-lihat barang yang dijual. Sekitar pukul 13.00 WIB kegiatan diakhiri dengan ramah tamah bersama.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bersatu Hati Menyelamatkan Bumi

Bersatu Hati Menyelamatkan Bumi

29 Desember 2014 Kegiatan yang bertujuan untuk mengaplikasikan misi pelestarian lingkungan ini rutin dilaksanakan pada minggu ketiga setiap bulannya. Lokasi yang dipilih dekat dengan masyarakat agar masyarakat ikut melibatkan diri dalam upaya melestarikan lingkungan dan sumber daya alam yang kian terbatas.
Merangkul Alam Dengan Berdaur Ulang

Merangkul Alam Dengan Berdaur Ulang

03 Januari 2019
Keprihatinan inipun mendorong insan Tzu Chi Medan untuk mengajarkan daur ulang sampah dan kepada anak-anak Bataria School di Depo Pelestarian Lingkungan Tzu Chi Mandala Medan, 5 Desember 2018.  Sekitar 56 anak hadir terlibat langsung dalam aktivitas daur ulang ini. 
Melalui Misi Perusahaan, Andil Dalam Pelestarian Lingkungan

Melalui Misi Perusahaan, Andil Dalam Pelestarian Lingkungan

27 April 2018
Minggu 8 April 2018 merupakan hari yang membahagiakan bagi seluruh relawan Tzu Chi di  Komunitas He Qi Barat 2, Huai Alam Sutera, BSD dan Gading Serpong, serta karyawan Summarecon Mal Serpong. Hari itu, dibuka titik baru pemilahan sampah dalam program Pelestarian Lingkungan di depan Pasar Sinpasa, Summarecon Mal Serpong. 
Kendala dalam mengatasi suatu permasalahan biasanya terletak pada "manusianya", bukan pada "masalahnya".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -