Pentingnya Memahami Mekanisme Bantuan Kesehatan
Jurnalis : Sofian (Tzu Chi Batam), Fotografer : Sofian (Tzu Chi Batam)Minggu pertama di Bulan Oktober (6/10/2019), langit siang Aula Jing Si Batam dihiasi dengan awan kelabu pekat yang sudah terakumulasi sejak pagi hari. Untuk menghindari hujan yang siap turun kapan saja ini, para gan en hu (penerima bantuan Tzu Chi) sudah mulai berdatangan sejak pukul 14.00, jauh sebelum acara Gathering Gan En Hu dimulai.
Pada Gathering Gan En Hu ke-5 tahun 2019 ini, Sujati, koordinator kegiatan mengundang pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Batam untuk memberikan penjelasan tentang berbagai fasilitas serta mekanisme BPJS. Hal ini bertujuan agar para penerima bantuan semakin bijak dalam menggunakan fasilitas BPJS.
Rombongan BPJS yang hadir memenuhi undangan adalah Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta, Ibu Maucensia Septrina Nababan beserta 3 staffnya. Sebelum sharing dimulai, para petugas BPJS terlebih dahulu membagikan pamflet dan Buku Pantuan BPJS kepada para peserta, penerima bantuan dan relawan Tzu Chi. Berbekal slide, tabel, serta data yang terperinci, Ibu Ucen, panggilan akrabnya, secara ringkas dan sederhana menjelaskan berbagai fasilitas dan mekanisme program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS.
Setelah sesi sharing, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh Sujati. Berbagai pertanyaan seputar administrasi BPJS yang didasari oleh pengalaman relawan Tzu Chi dalam telah dirangkum rapi oleh Sujati. Rangkuman pertanyaannya tersebut di antaranya: regulasi penggunaan sidik jari dalam registrasi, pengajuan klaim untuk peserta beda kota, pengajuan akibat kecelakaan di luar jam kerja pada kepesertaan mandiri, tunggakan pada peserta mandiri, kedaluwarsa rujukan berobat di luar kota, serta masa tunggu 14 hari bagi pendaftaran baru.
Sesekali para penerima bantuan secara spontan ikut membagikan pengalaman kepada Ibu Ucen, seperti Pak Suherman pada topik kedaluwarsa rujukan berobat di luar kota. Anggota Komite Tzu Chi, Dewi Soejati juga ikut bertanya tentang pengajuan klaim akibat kecelakaan di luar jam kerja. Waktu 1 jam yang disediakan untuk sesi tanya jawab pun dengan cepat berlalu. Sesi ini diakhiri dengan pemberian bingkisan kenangan dari Sujati kepada pihak BPJS Batam yang diwakili oleh Ibu Ucen.
Dengan diadakan penyuluhan terhadap BPJS, relawan berharap para penerima bantuan bisa lebih bijak dan berani menggunakan jaminan sosial yang disediakan oleh pemerintah. Dengan demikian, mereka bisa lebih dini menerima pengobatan, bukan saat penyakitnya sudah berat dan membutuhkan biaya yang besar.
Editor: Metta Wulandari
Artikel Terkait
![Berbagi Rasa Syukur dengan Penerima Bantuan](https://www.tzuchi.or.id/uploads/pictures/3131_Foto-4ok_edt.jpg)
Berbagi Rasa Syukur dengan Penerima Bantuan
12 April 2023Relawan He Qi Utara 2 menyelenggarakan Gathering Gan En Hu (Penerima bantuan jangka panjang) yang rutin diadakan pada awal bulan di Basement Gedung DAAI TV.
![Mengenal Tzu Chi Lebih Mendalam](https://www.tzuchi.or.id/uploads/pictures/105Foto-4_edt.jpg)
Mengenal Tzu Chi Lebih Mendalam
22 Agustus 2022Gathering Gan en Hu (penerima bantuan) di komunitas He Qi Utara 2 kali ini cukup berbeda dari biasanya. Para Gan En Hu diajak tour berkeliling aula Jingsi supaya lebih mengenal lagi tentang Tzu Chi, tujuan didirikan Tzu Chi serta visi dan misi Yayasan Buddha Tzu Chi.
![Edukasi Pelestarian Lingkungan Melalui Gathering Gan En Hu](https://www.tzuchi.or.id/uploads/pictures/58Mega_3_edt.jpg)
Edukasi Pelestarian Lingkungan Melalui Gathering Gan En Hu
16 Januari 2024Semangat dan sukacita dirasakan para Gan En Hu (penerima bantuan Tzu Chi) yang berkumpul bersama di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan Soak, Kota Palembang, Sumatera Selatan.