Perayaan HUT TNI AL ke-79: Berbagi Berkah Kepada Masyarakat

Jurnalis : Indrawati Widjaja (He Qi Pusat), Fotografer : Susi Christine (He Qi Pusat)

Perayaan HUT TNI AL ke-79 diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, seperti bakti sosial pembagian sembako, pemeriksaan kesehatan, donor darah, makan siang gratis menu sehat bergizi, dan panggung hiburan. Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Dr. Muhammad Ali beserta jajarannya, beserta relawan Tzu Chi turut menghadiri acara skala nasional ini. 

Hamparan rumput hijau yang terawat rapi di halaman Mako Koarmada RI yang terletak di Jl. Gunung Sahari No. 67, terasa sangat menyejukkan sejauh mata memandang. Prajurit yang bertugas, mengarahkan kendaraan tamu yang hadir. Di sekitar halaman tampak stan pameran sejarah TNI AL, sementara di seberangnya, peserta bazar juga telah ramai menjajakan dagangannya. Panitia dan para tamu undangan bersiap di Gedung O.B Syaaf, menyambut Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Dr. Muhammad Ali beserta jajarannya, untuk membuka acara peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut  ke-79 pada hari Sabtu, 7 September 2024. Sepuluh orang relawan, mewakili Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia turut menghadiri acara skala nasional ini. 

Sebelum acara dimulai, para undangan disuguhi kirab mobil antik beserta perlengkapan dan senjata yang digunakan angkatan bersenjata pada zaman dulu. Kemudian acara dilanjutkan di dalam gedung, dimulai oleh sosialisasi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang menyampaikan materi mengenai stunting dan upaya pencegahannya, dengan memperhatikan pola makan dan faktor lainnya. “Ini demi menyiapkan generasi baru untuk kemajuan bangsa, menuju tercapainya Indonesia Emas Tahun 2045,” kata Dr. dr.  Sheilla Virarisca, MPH memaparkan. Ada dua orang peserta yang mengajukan pertanyaan tentang gizi dan stunting, dan mereka memperoleh hadiah alat dapur elektronik untuk dibawa pulang.

Sepuluh Relawan Tzu Chi berdiri ketika dinyanyikan Lagu Mars Angkatan Laut dengan khidmat berkumandang dalam ruangan perayaan HUT TNI Angkatan Laut ke-79.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Dr. Muhammad Ali memasuki ruangan perayaan diiringi sambutan meriah dari para hadirin. Beliau memberi salam dan menyambut hadirin dari kalangan cendekiawan dan akademisi, pihak sekolah, para guru dan murid, relawan Yayasan) Buddha Tzu Chi Indonesia, dan berbagai pihak lainnya. Dalam sambutannya, Dr. Muhammad Ali menyampaikan bahwa masyarakat dan TNI harus terus mempererat persatuan dan kesatuan, agar memberi inspirasi untuk negara dan melanjutkan pengabdian. Dalam kesempatan itu juga Kasal beserta pimpinan TNI AL lainnya mengadakan meeting online Zoom yang dihadiri prajurit TNI AL dari seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. Prajurit TNI Angkatan Laut dari wilayah Larantuka (Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur) melaporkan, prajurit setempat mengadakan baksos kesehatan, pameran Alutsista, makan siang gratis bergizi yang dimasak oleh prajurit, dan mengadakan penanaman mangrove.

Tzu Chi Indonesia turut mendukung kegiatan ini dengan menyediakan dan memberikan 1.000 paket sembako (5 kg beras), minyak goreng, gula, dan mi instan. Johan Tando, Ketua He Qi Pusat secara simbolis memberikan paket sembako kepada masyarakat.

Setelah acara perayaan HUT TNI AL ke-79 berakhir, relawan Tzu Chi menyerahkan 1.000 paket sembako kepada warga kurang mampu.

Di Mako Koarmada Jakarta sendiri diadakan pemberian paket sembako dan gerobak dagangan kepada masyarakat. Yayasan Buddha Tzu Chi turut mendukung kegiatan ini dengan menyediakan dan memberikan 1.000 paket sembako, dimana setiap paketnya berisi 5 kg beras, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, mi instant 5 bungkus kepada masyarakat kurang mampu. Johan Tando, Ketua He Qi Pusat secara simbolis memberikan paket sembako kepada masyarakat.

TNI AL Turut Berpartisipasi Dalam Kegiatan Kemanusiaan
Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Kolonel Laut (P) Djoko Prijatin, S.E., M. Tr. Opsla, selaku PIC dari jajaran TNI AL mengatakan, “Alhamdulillah untuk kerjasama dengan TNI AL – Koarmada, tanggal 7 September 2024, bukan yang pertama kali tapi sudah beberapa kali. Selama 2 tahun ini, kami menjalin kerja sama dengan baik sekali. Kami sangat berterima kasih kepada (Yayasan) Buddha Tzu Chi yang mana setiap kali mengadakan kegiatan dan kerja sama (kami) selalu di-support oleh Buddha Tzu Chi. Yang sangat membanggakan kami juga, ada perwakilan relawan Tzu Chi juga yang ikut terlibat langsung dalam kegiatan ini.”

Relawan Tzu Chi dari Komunitas He Qi Pusat, Yopie memeriksa isi paket sembako, yang berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula 1 kg, dan 5 bungkus mi instan.

Dalam kesempatan ini, Kol. Djoko Prijatin juga menyampaikan jika pihak TNI Angkatan Laut, sudah sangat mengenal Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan seringkali bekerja sama dalam berbagai kegiatan, baik sosial maupun pelestarian lingkungan. “Kami memilih bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia karena satu, kearifan dari pihak Buddha Tzu Chi, yang menerima kami dengan senang hati. Yang kedua respon positif. Yang ketiga, setiap kali kami mengadakan kegiatan, didukung sepenuhnya sesuai yang kami harapkan, dan dilibatkan pihak-pihak personil Buddha Tzu Chi atau perwakilannya untuk mengikuti kegiatan kami, jadi kami sangat senang dengan respon tersebut, yang mana bisa mengetahui dan melihat langsung kegiatan yang kami laksanakan. Harapan kami Tzu Chi pun juga bisa mengajak kami apabila ada kegiatan-kegiatan kemanusiaan yang bisa melibatkan kami,” kata Kol. Djoko Prijatin.

Andre, yang pernah bekerja di Sinarmas Group (sudah pensiun), bercerita, ia dulu juga aktif membagikan beras ketika Tzu Chi mengadakan kegiatan di rentang tahun 2005-2009.

Dalam kegiatan HUT TNI Angkatan Laut ke-79 ini, ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan, seperti pembagian sembako (bahan pokok) kepada masyarakat kurang mampu, donor darah, pameran sejarah Angkatan Laut, pemeriksaan kesehatan (tensi, gula darah, kolesterol), dan makan sehat bergizi secara gratis secara serentak di seluruh wilayah jajaran TNI Angkatan Laut.

Salah satu warga yang menerima paket sembako adalah Theresia (68 tahun), seorang guru PAUD. ”Kalau buat saya, ini sangat membantu sekali, karena kebetulan kan suami sudah nggak kerja, yang kerja saya doang, jadi sangat terharu,” ujarnya dengan suara bergetar dan mata berkaca-kaca.  

Sementara Utami (38 tahun), warga lainnya mengatakan, “Kalau sembako untuk ibu-ibu pasti berguna, untuk kebutuhan hari-hari ya.  Sosialisasi dan penyuluhan pencegahan stunting juga berguna bagi ibu-ibu dan Balita,” kata Utami, yang juga penyuka tayangan program acara memasak vegetarian di DAAI TV.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Berbagi Kebahagiaan untuk Warga Kolong Tol Angke

Berbagi Kebahagiaan untuk Warga Kolong Tol Angke

23 September 2024

Komunitas Relawan Tzu Chi APP Thamrin (Sinar Mas) berbagi kebahagiaan dengan 225 warga Kolong Tol Angke. Paket bantuan yang diberikan berupa sembako, alat tulis, Al-quran, juz amma, krayon, buku gambar, dan boneka.

Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

Pembagian Kupon Sembako di Bulan Ramadan

06 April 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat membagikan kupon sembako dalam rangka menyambut Lebaran 2022. Sebanyak 610 kupon dibagikan kepada 8 RW di Kelurahan Duri Pulo, Jakarta Barat.

Tzu Chi Salurkan Beras untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

Tzu Chi Salurkan Beras untuk Masyarakat Terdampak Pandemi Covid-19

10 Desember 2020
Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melalui Polres Metro Jakarta Utara memberikan 500 paket beras @5 Kg kepada warga Sunter Agung Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara.
Walau berada di pihak yang benar, hendaknya tetap bersikap ramah dan bisa memaafkan orang lain.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -