Perhatian Bagi Siswa SD Tunas Lestari Sungai Perak Estate

Jurnalis : Nurhayati Monita (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Tias Ayu Rahadila (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas membagikan makanan dan susu kepada siswa kelas 1-3 SD Tunas Lestari Sungai Perak Estate.

Matahari mulai meninggi ketika relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas di Kutai Barat, Kalimantan Timur tiba di SD Tunas Lestari Sungai Perak Estate pada Selasa, 23 Mei 2023. Para siswa kelas 1-3 SD juga sudah rapi menyiapkan diri di dalam kelas karena sehari sebelumnya ibu guru mengabarkan jika akan ada relawan Tzu Chi yang datang ke sekolah mereka.

Kedatangan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menjadi hiburan tersendiri bagi siswa di sekolah ini. Jika biasanya diisi dengan pelajaran dari guru, kali ini relawan yang menjadi guru. Para relawan segera berbaur dengan anak-anak dalam suasana yang santai. Kemudian relawan melakukan tanya jawab seputar pengetahuan umum untuk menambah wawasan siswa. Untuk semakin menghidupkan suasana, relawan juga mengajak para siswa untuk bernyanyi bersama.

Setibanya di SD Tunas Lestari Sungai Perak Estate, para relawan langsung menyiapkan makanan yang akan dibagikan kepada siswa.

Susan, salah satu relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas mengatakan kedatangannya bersama relawan lainnya kali ini sebagai bentuk perhatian bagi siswa di sekolah terdekat dengan tempat tinggal mereka. Selain itu juga sebagai upaya untuk membantu siswa dalam mendapatkan gizi terbaik.

“Kami ikut senang ya melihat mereka senang dengan kedatangan kami. Semoga sedikit perhatian yang kami berikan ini tidak hanya menjadi kenangan buat mereka, tapi juga bisa menambah gizi mereka dalam sebagai salah satu penunjang belajar. Semoga nantinya dari sekolah ini bisa menciptakan generasi yang unggul dan cerdas,” ujar Susan penuh harap.

Setelah bernyanyi bersama, tiba saatnya relawan memberikan makanan tambahan berupa nasi kuning yang dilengkapi lauk berupa telur, tempe, sayur berupa wortel dan kol yang dicampur dalam bihun, serta ditambah susu coklat. Pemberian makanan sehat ini bertujuan untuk melengkapi nutrisi yang sehat dan seimbang bagi para siswa SD kelas 1-3.

Untuk menghangatkan suasana, relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas bermain serta mengadakan tanya jawab dengan siswa untuk menambah wawasan mereka.

Kandungan makanan dengan gizi seimbang menjamin terpenuhinya kebutuhan tubuh anak dalam berkarya dan beraktivitas. Seperti yang kita ketahui, gizi atau nutrisi yang seimbang yang terdapat dalam makanan besar perananannya dalam menjaga tumbuh kembang anak menjadi sehat dan aktif, sehingga harapannya dapat menciptakan generasi bangsa yang baik, cerdas dan berkarya.

Kedatangan relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas juga disambut gembira oleh para siswa. “Senang sekali bu, apalagi tadi sebelum diberikan makanan, kami juga diajak bermain. Ada games-nya juga. Terima kasih untuk ibu-ibu semua yang sudah datang hari ini. Semoga nanti mau ajak kami main lagi ya,” ucap Putri, salah satu siswa.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

Membangun Generasi Sehat dan Cerdas

06 Maret 2024

Relawan Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 dari Unit Seirindu terus memberikan perhatian pada pemenuhan gizi seimbang bagi anak dan balita. Sebagai rangkaian peringatan Hari Gizi, relawan memberikan makanan tambahan.

Bersama Bersinergi untuk Generasi yang Sehat dan Cerdas

Bersama Bersinergi untuk Generasi yang Sehat dan Cerdas

26 Juni 2024

Sarlota beserta anaknya Evano Yensenem, warga Desa Anjereuw telah bersiap sedari pagi mengikuti kegiatan bertajuk Pemberian Makanan Tambahan Anak di Kantor Kelurahan Samfofa, Senin 24 Juni 2024.

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

Penyuluhan Kesehatan di Desa Pantap

29 Desember 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 3 menggelar penyuluhan kesehatan ibu dan anak di Desa Pantap, Kecamatan Mentaya Hulu. Penyuluhan ini juga disertai pemberian makanan tambahan (PMT).

Memberikan sumbangsih tanpa mengenal lelah adalah "welas asih".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -