Perhatian untuk Ibu dan Balita

Jurnalis : Fithria Calliandra (Tzu Chi Sinar Mas), Fotografer : 3 in 1 Xie Li Indragiri

Relawan Tzu Chi Darmawati Sembiring dan Tulaihah Ning Safitri sedang membantu di bagian pendaftaran.

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas Xie Li Indragiri kembali melakukan penyuluhan kesehatan dan pemberian vitamin A pada 29 Agustus 2022 lalu. Kegiatan ini merupakan yang perdana setelah 1,5 tahun terhenti karena pandemi. Balai Penitipan Anak atau yang dikenal dengan nama Pamong Pondok Karyawan Divisi 1 Bumi Lestari Estate menjadi tempat pelaksaanan. Protokol kesehatan tetap diterapkan dalam kegiatan yang melibatkan 20 orang relawan dan Dharma Wanita (Dhawa) ini.

Penyuluhan kesehatan untuk ibu-ibu yang mendampingi anaknya dan ibu hamil menjadi kegiatan pertama yang dilakukan. Dokter Jupanri yang merupakan dokter perusahaan sekaligus relawan dari Tzu Chi Xie Li Indragiri membawakan materi dengan judul  Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Balita.

Dokter Jupanri Siregar memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu dan anak peserta Posyandu.

”Belakangan ini masalah imunitas merupakan hal yang penting dikarenakan sekarang adalah masa pemulihan dari pandemi yang lalu. Kita sudah diperbolehkan beraktivitas di area publik, oleh karena itu sangat penting menjaga daya tahan tubuh anak antara lain dengan cara berolahraga sambil berjemur sekitar pukul 08.30 pagi dari durasi waktu 5 menit sampai 15 menit, kemudian menjaga kebersihan makanan, memperhatikan kecukupan tidur anak dan yang paling penting menjaga asupan nutrisi makanan anak dengan baik. Salah satunya dengan memberikan bubur telur dan sayuran yang kaya akan protein dan vitamin,” jelas dokter Jupanri. Pada kesempatan ini, dokter juga memberikan edukasi kepada para ibu hamil agar selama proses kehamilan memperhatikan asupan gizi yang baik bagi janin sehingga mencegah resiko anak menderita stunting yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak.

Relawan Tzu Chi Elly Damanik dan Cicih Kurneasih dengan sabar membantu menimbang dan mengukur lingkar kepala serta tinggi badan anak anak.

Setelah penyuluhan, relawan segera membantu pelayanan kesehatan di Posyandu. Relawan dengan sigap membantu pendaftaran, penimbangan berat badan anak, pengukuran lingkar kepala dan tinggi anak, pencacatan data KMS dan pemberian vitamin A. Wajah relawan Dharma Wanita terlihat bahagia melihat banyaknya peserta Posyandu.  “Walaupun hari ini rasanya sangat lelah karena banyak peserta yang datang, te0tapi perasaan senang dan bahagia melihat wajah ceria anak-anak dan ibunya. Semua semangat untuk datang ke Posyandu membuat saya juga bersemangat membantu kegiatan ini,” ujar Elly Damanik, salah satu relawan Dharma Wanita.

Anak-anak juga mendapatkan makanan tambahan dalam kegiatan ini.

Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah pemberikan makanan tambahan (PMT) untuk anak-anak berupa bubur telur dan susu UHT.  Terlihat wajah bahagia anak-anak saat menerimanya. Salah satu anak perempuan terlihat langsung memakan bubur telur yang telah diberikan oleh relawan Dhawa.  ”Mak cepet la buka, Nisa nak makan, ada telur kecik tuuu (telur puyuh). Lemak nian nii (enak sekali ini), Ma,” ujar Annisa Agustina Ningsih kepada ibunya. Anak 3 tahun ini terlihat sangat lahap saat makan bubur telur yang baru diberikan ibunya.

Annisa Agustina Ningsih (3 tahun) terlihat sangat menikmati bubur telur yang diberikan oleh relawan.

Tak hanya anak-anak. Wajah bahagia juga terpancar dari relawan saat memberikan makanan tambahan. ”Lucunya saat ada anak-anak yang bilang, ”wah susunya dapat dua kotak ya, bu”, terharu mendengarnya,” ujar Anggia Erin Novita bersama dengan Sylfia Renawati yang bertugas di bagian PMT. Ani sebagai Ketua Kader Posyandu di Pondok Karyawan Divisi 1 Bumi Lestari Estate sangat menghargai bantuan yang diberikan relawan. ”Jarang sekali kami bisa memberikan susu kotak dan bubur telur saat Posyandu . Dulu terakhir awal tahun 2021 pada saat kegiatan Tzu Chi juga. Kami para kader Posyandu sangat bersyukur dan berterima kasih kepada relawan Tzu Chi yang telah berkenan mengadakan kembali kegiatan posyandu di sini, ” tutur Ani berkaca-kaca.

Foto bersama antara para relawan, dokter, perawat, kader posyandu dan peserta posyandu.

Relawan berharap dengan adanya kegiatan penyuluhan di Posyandu ini dapat menambah lagi wawasan para ibu akan pentingnya pemberian vitamin A dan pemberian PMT dapat meningkatkan nutrisi makanan pada anak-anak terutama pada masa pemulihan seperti sekarang ini. Rasa syukur selalu terpancar dari para relawan karena masih diberikan kesempatan untuk bisa membantu dengan tulus, ikhlas dan penuh kasih sayang sebagai bentuk dari rasa syukur. Sesuai dengan Kata Perenungan Master Cheng Yen, “Rasa syukur dapat diungkapkan dengan membantu orang lain.”

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Edukasi Pencegahan Pelecehan Seksual Sejak Dini

Edukasi Pencegahan Pelecehan Seksual Sejak Dini

28 Februari 2024

Lima relawan Xie Li Serpong 1 memberikan edukasi Pencegahan Pelecehan Seksual Sejak Dini Untuk Anak dan Remaja di Kampung Sumur, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu (17/2/24). 

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

Mencegah Lebih Baik daripada Mengobati

01 Agustus 2023

Relawan Tzu Chi di Xie Li Lampung turut berperan mencegah meningkatnya angka stunting dengan memberikan penyuluhan kesehatan anak di Desa Sidang Gunung Tiga, Kecamatan Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji. 

Edukasi Merawat Gigi Agar Bersih dan Sehat

Edukasi Merawat Gigi Agar Bersih dan Sehat

12 Juli 2023

Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) digelar relawan Tzu Chi di Xie Li Kalimantan Tengah (Kalteng) 5 di SD ETF Seranau Estate, Kecamatan Mentaya Hulu. Sebanyak 45 siswa mengikuti penyuluhan kesehatan gigi ini. 

Setiap manusia pada dasarnya berhati Bodhisatwa, juga memiliki semangat dan kekuatan yang sama dengan Bodhisatwa.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -