Sarapan Sehat: Nutrisi Sehat, Belajar Giat

Jurnalis : Arimami Suryo A, Fotografer : Arimami Suryo A

Max Biaggi, siswa kelas 7-A, SMP Remaja Pluit tersenyum saat meminum susu ditemani relawan Tzu Chi dalam Program Sarapan Sehat.

“Senang, karena enak,” ungkapan singkat Max Biaggi (13) siswa kelas 7-A, SMP Remaja Pluit setelah menerima susu dan roti dari relawan Tzu Chi. Hari itu Selasa, 28 Mei 2024, Program Sarapan Sehat Kerja sama antara Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bersama TNI (Koramil Penjaringan) dan Polri (Polsek Penjaringan) hadir di SMP Remaja Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

Program ini merupakan gerakan untuk memotivasi para siswa di sekolah-sekolah khususnya di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara untuk selalu sarapan sehat setiap harinya. Para siswa yang mendapatkan manfaat dari program ini mendapatkan roti dan susu sebagai salah satu nutrisi penunjang untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah.

Relawan Tzu Chi, Lo Hok Lay (tengah) didampingi relawan Tzu Chi lainnya dan anggota Koramil Penjaringan serta Polsek Penjaringan mengedukasi para siswa SMP Remaja Pluit tentang pentingnya sarapan sehat sebelum belajar di sekolah.

Nur Hidayati (kanan), guru Pendidikan Agama Islam bersama jajaran guru SMP Remaja Pluit ikut senang dan berbahagia saat mendampingi para relawan Tzu Chi membagikan roti dan susu kepada para siswa.

“Kegiatan ini untuk memberikan bimbingan dan motivasi kepada para siswa melakukan sarapan sehat dimana program ini merupakan kerja sama antara Tzu Chi, TNI dan Polri. Dengan adanya sarapan sehat ini diharapkan tubuhnya semakin sehat dan belajarnya para siswa juga semakin baik,” ungkap Lo Hok Lay, salah satu relawan Tzu Chi yang ikut dalam kegiatan ini.

Di SMP Remaja Pluit, terdapat 2 kelas (7-A dan 7-B) yang mendapatkan manfaat dari program pada hari pertama ini dengan target sasaran 76 siswa. Sedangkan sisanya akan dilanjutkan pada 2 kelas lainnya pada esok hari (Rabu, 29 Mei 2024) dengan jumlah target sasaran yang sama. Pihak SMP Remaja Pluit yang mendapatkan kunjungan serta Program Sarapan Sehat ini juga sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan Tzu Chi Indonesia untuk para siswa.

Alhamdulillah, ini merupakan salah satu makanan (bagian) dari 4 sehat lima sempurna. Dengan adanya bantuan ini bisa mengenyangkan dan menambah nutrisi anak-anak. Semoga kedepannya Tzu Chi semakin maju dan semakin berkembang untuk membantu sekolah-sekolah lainnya,” kata Nur Hidayati, guru agama Islam di SMP Remaja Pluit.

Putri Anantasya, siswi kelas 7-B, SMP Remaja Pluit merasa senang mendapatkan perhatian dari relawan Tzu Chi, ditambah dengan penjelasan relawan Tzu Chi tentang pentingnya sarapan sehat.

Kebahagiaan para siswa kelas 7-B, SMP Remaja Pluit saat berfoto bersama relawan.

Kehadiran relawan Tzu Chi bersama anggota Koramil dan Polsek Penjaringan juga disambut gembira oleh para siswa di kelas 7-A dan 7-B, SMP Remaja Pluit. Mereka dengan seksama juga mendengarkan sosialisasi pentingnya sarapan sehat yang disampaikan oleh relawan Tzu Chi sebelum membagikan roti dan susu. seperti yang diungkapkan oleh Putri Anantasya (13), siswi kelas 7-B, SMP Remaja Pluit.

Setiap harinya Putri jarang sarapan karena tidak terbiasa makan pagi. Saat dibagikan susu dan roti, Putri pun tersenyum saat dijelaskan relawan tentang pentingnya sarapan sehat. “Senang dan ternyata sarapan sehat itu penting buat menjaga kesehatan tubuh, menguatkan diri, dan membuat fokus belajar. Terima kasih untuk Tzu Chi karena sudah ngasih makanan sehat untuk kami,” ucap Putri Anantasya.

Editor: Hadi Pranoto

Artikel Terkait

Program

Program "Sarapan Sehat" untuk Mendukung Anak-Anak yang Sehat

14 Juni 2024

Program “Sarapan Sehat” kerja sama Tzu Chi, Polsek Penjaringan, Koramil Penjaringan, dan para donatur membagikan 125 roti dan susu untuk siswa kelas 3 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Falah, Masjid Luar Batang, Penjaringan Jakarta Utara.

Wujud Perhatian Tzu Chi untuk Anak-Anak Kamal Muara

Wujud Perhatian Tzu Chi untuk Anak-Anak Kamal Muara

20 Juni 2024

Program “Sarapan Sehat” yang dijalankan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia mendatangi Madrasah Ibtidaiah (MI) Nurul Islam 1 Kamal Muara. Sarapan roti dan susu yang dibagikan ada 285 pcs. 

Sarapan Sehat: Nutrisi Sehat, Belajar Giat

Sarapan Sehat: Nutrisi Sehat, Belajar Giat

28 Mei 2024

Program Sarapan Sehat kerja sama antara Tzu Chi Indonesia dengan TNI dan Polri kini hadir menyapa para siswa dan siswi di SMP Remaja Pluit pada Selasa, 28 Mei 2024. Seperti biasa, para siswa mendapatkan roti dan susu.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -