Sayangi Bumi dengan Kedua Tangan

Jurnalis : Iwan (Tzu Chi Medan) , Fotografer : Ai ly, Lydia (Tzu Chi Medan)

Suasana pagi yang mendung tidak menghalangi para relawan dalam melakukan misi Pelestarian lingkungan, tampak semua sedang memilah botol plastik kemasan air mineral dan kotak plastik lain nya.

Relawan komunitas Pematang Siantar memantapkan Misi Pelestarian Lingkungan dengan melakukan edukasi serta pemilahan barang-barang bekas di luar depo tepatnya di jalan Surabaya inti perkotaan.

Sejak pagi hari satu persatu relawan menuju titik pemilahan, membawa barang-barang bekas dari rumah untuk dipilah di lokasi titik pemilahan. Kegiatan pemilahan barang-barang ini dihadiri 14 relawan dan delapan relawan kembang.

Suka cita terpancar dari wajah para relawan menjemput barang berkah dari rumah rumah sekitar titik pemilahan.

Jari-jemari relawan dengan lincahnya memilah botol-botol plastik membuka tutup botol, melepaskan label botol. Di sisi lainnya relawan ada yang memilah kertas buku, merapikan karton dan memisahkan kaleng-kaleng bekas diselingi obrolan-obrolan ringan menggembirakan.  

"Hari ini kita melakukan kegiatan daur ulang di titik pemilahan eksternal dari depo kita, tujuan nya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya daur ulang terhadap kelangsungan hidup manusia di Bumi," ujar Manto koordinator kegiatan kali ini. Manto berharap banyak orang yang tergerak hatinya untuk melakukan pelestarian lingkungan bersama relawan Tzu Chi.

Relawan daur ulang Laupusha memberikan inspirasi bagi semua orang agar selalu semangat dalam melakukan daur ulang,foto tampak relawan  sedang mengikat rapi karton bekas dan botol plastik.

Mengingat sampah dari tahun ke tahun selalu bertambah di kota Siantar, pemakaian barang barang yang sulit terurai. Penggunaan kemasan air mineral di mana mana, ini menjadikan kerusakan lingkungan secara sistematik, perubahan cuaca, suhu panas ekstrem, dan bencana alam sehingga kegiatan daur ulang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia di Bumi.

Go A Siem relawan yang turut dalam pemilahan mengaku senang adanya kegiatan pemilhan barang-barang yang bisa di daur ulang. "Hati gembira bisa berkumpul dan berbuat baik sekaligus menjaga kebersihan lingkungan, semua orang bisa belajar melakukan kebajikan melalui daur ulang,"ucap Go A Siem.

Pengarahan oleh relawan Manto sebagai penanggung jawab kegiatan memberikan penjelasan kepada relawan cara memilah botol plastik dan lain nya, sekaligus hiburan canda tawa melengkapi sharing tersebut.

Perasaan senang juga dialami oleh Ernest warga yang menyumbangkan baju layak pakai kepada Yayasan Tzu Chi. “Mudah-mudahan baju-baju  ini bisa berguna bagi yang membutuhkan, juga berterima kasih pada relawan Tzu Chi yang ramah ramah semua," ucap Ernest.

Kegiatan pemilahan barang-barang yang bisa didaur ulang memberi kesan positif. Kegiatan pemilahan ini melatih kesabaran dalam memilah, merapikan, mengikat dan mengangkat dengan kedua tangan, berkontribusi untuk keselamatan bumi.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Pelestarian Lingkungan di Hari Air Sedunia

Pelestarian Lingkungan di Hari Air Sedunia

29 Maret 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Utara 1 melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di Depo Pendidikan Pelestarian Lingkungan di Tzu Chi Center, PIK pada 20 Maret 2022.

Pelestarian Lingkungan di Sekolah Surya Dharma yang Terus Berkembang

Pelestarian Lingkungan di Sekolah Surya Dharma yang Terus Berkembang

28 Juli 2023

Kegiatan daur ulang sampah di Sekolah Surya Dharma, Kebayoran lama, Jakarta Selatan kian hari kian berkembang. Pagi itu bertambah lagi personilnya dengan kehadiran dua relawan kembang. 

Pelestarian Lingkungan di Pematang Siantar

Pelestarian Lingkungan di Pematang Siantar

27 Desember 2013 Mereka berkumpul karena pada hari itu, mereka akan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan dan bersih-bersih di sepanjang pinggir jalan.
Orang yang mau mengaku salah dan memperbaikinya dengan rendah hati, akan mampu meningkatkan kebijaksanaannya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -