Sebuah Terobosan Agar Anak-anak Muda Memahami Pentingnya Donor Darah

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani, Gunawan Halim (Tzu Chi Medan)

Sebanyak 372 mahasiswa Politeknik WBI mengikuti sosialisasi tentang donor darah.

Darah berfungsi mengirimkan zat zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan kimia hasil metabolisme serta sebagai pertahanan tubuh terhadap virus dan bakteri. Pentingnya darah membuat kebutuhan darah di klinik atau rumah sakit sangat besar, sehingga stok darah menipis karena darah yang tersalurkan lebih banyak daripada yang diterima.

Untuk membantu persediaan stok darah PMI, komunitas relawan Tzu Chi di Hu Ai Medan Perintis bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia dan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) mengadakan bakti sosial donor darah, 22 Oktober 2022. Dengan yel yel,” Pemuda Indonesia, WBI yes yes!” dan sebagai penyemangat para mahasiswa menggunakan Slogan “Darah tidak mengenal perbedaan. Satu niat dan semangat Pemuda Indonesia untuk mereka yang membutuhkan.”

Para relawan Tzu Chi dan para mahasiswa Politeknik WBI memperagakan isyarat tangan lagu Satu Keluarga di Kampus Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI).

Dalam rangkaian menyambut Hari Sumpah Pemuda diadakan dua kegiatan yaitu Sosialisasi Donor Darah pada 15 Oktober 2022 dan Bakti Sosial Donor Darah pada 22 Oktober 2022. Keduanya digelar di lokasi yang sama yaitu di Kampus Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia. Sosialisasi donor darah kepada para mahasiswa WBI pada 15 Oktober 2022 diikuti oleh para dosen guru pendidik dan mahasiswa politeknik WBI. Relawan mengundang narasumber dari PMI yaitu Dr.Maulana Baikhakhi M.Biomed.AIFO.K  untuk memberikan sosialisasi donor darah dengan judul “Mengapa saya harus donor darah”.

“Di sini kita sebagai pendonor berkesempatan untuk menyebarkan kebajikan, berkesempatan untuk mendeteksi penyakit serius yang ada dalam darah seperti HIV, hepatitis, malaria dan lain lain. Lalu juga meningkatkan produksi sel darah, tubuh menjadi lebih sehat, menjadi lebih awet muda, menjaga kesehatan jantung dan lainnya,” kata Dr.Maulana Baikhakhi M.Biomed.AIFO.K

Ada beberapa syarat sebelum melakukan donor darah yaitu; berat badan pendonor tidak kurang dari 45kg, suhu tubuh pendonor normal, telah berusia 17- 60 tahun, memiliki tekanan darah normal, memiliki denyut nadi sekitar 50 sampai dengan 100 kali setiap menit, juga memiliki kadar hemoglobin (HB) setidaknya 12gram/dl dan lainnya.

Seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu tidak dibolehkan untuk menjadi pendonor seperti kondisi tubuh yang kurang sehat saat ingin mendonor, memiliki penyakit menular seperti HIV, hepatitis, malaria dan lainnya serta riwayat penyakit seperti kanker dan stroke.

Budi Dharmawan berbagi pengalamannya pertama kali melakukan Donor darah.

Pada sosialisasi ini, Budi Dharmawan, relawan Tzu Chi juga berbagi pengalamannya yang telah melakukan donor darah sejak tahun 1996.

“Waktu itu saya masih seusia adik-adik mahasiswa. Saya bergabung sebagai muda-mudi Vihara. Awalnya mau berdonor darah saya tidak merasa takut, dilatar belakangi untuk membantu mereka yang membutuhkan dan bertanggung jawab sebagai pelaksana donor darah. Setelah melakukannya, saya rutin melakukan donor darah tiga bulan sekali hingga sekarang. Sekali mendonor, tidak akan berhenti,” tutur Budi Dharmawan.

Menularkan Semangat Berdonor Darah
Pada kegiatan donor darah, pendonor harus melalui beberapa proses pemeriksaan medis sebelum dinyatakan lolos. Di antaranya mengisi formulir pendaftaran dan kuisioner kesehatan, pengukuran berat badan, pemeriksaan kadar hemoglobin darah, pemeriksaan golongan darah bagi pendonor pemula, pemeriksaan kesehatan, juga tekanan darah. Calon donor juga mesti dicek apakah sudah divaksin covid-19 lengkap.

Indra Vaniestel Manik (tengah) mendonorkan darahnya setelah sebelumnya mengikuti sosialisasi donor darah.

Salah satu donor adalah Indra Vaniestel Manik (20), mahasiswa WBI dan kuliah di bidang Agribisnis Hortikultura. Ia ikut berdonor setelah mengikuti sosialisasi donor darah.  

Hari ini merupakan awal pertama saya berdonor darah. Awalnya dari rumah saya masih ragu dan takut, tetapi setelah melihat teman yang lain diambil darahnya saya juga ingin jadi pendonor dan berhasil.Perasaan saya senang karena dapat menjadi pendonor darah untuk membantu mereka yang lagi butuh darah,” katanya.

Aqilla Kharisma memotivasi dirinya untuk melakukan donor darah yang pertama kali.

Agilla Kharisma (18) yang mengambil jurusan Manajemen Pemasaran International juga pertama kali berdonor setelah mengikuti sosialisasi. Ketika pertama kali berdonor jujur ia merasa takut, tapi ternyata tak seseram yang ia bayangkan.

“Sedikit rasa sakit di awalnya saja, setelahnya tidak sakit. Saya sangat senang bisa donor darah karena bisa membantu orang lain yang membutuhkan dan bisa mengeluarkan darah kotor dari tubuh saya. Dan ini menjadi motivasi saya untuk beramal kebajikan. Harapannya semoga badan saya tetap sehat agar bisa donor darah untuk tahap selanjutnya,” ujar Agilla.

Bilson Pandiagan menyambut antusias kegiatan sosialisasi dan bakti sosial donor darah. Menurutnya, donor darah bisa menjadi agenda kegiatan rutin kemahasiswaan.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Bilson Pandiangan sangat mendukung kegiatan sosialisasi serta kegiatan donor darah ini. Pihak kampus memliki visi dan misi yang sama dalam berbuat kebajikan. Kegiatan donor ini baru pertama kali Politeknik WBI gelar, dan melalui kerjasama dengan Tzu Chi ini, pihak kampus merangkainya  dengan kegiatan sosial dalam rangka Hari Sumpah Pemuda.

“Bakti sosial donor darah ini bisa dijadikan agenda rutin kemahasiswaan,” jelasnya.

Merry Anggieta, Ketua Keluarga Mahasiswa Politeknik WBI sangat berbangga dengan para mahasiswa yang telah melakukan donor darah.

Merry Anggieta sebagai Ketua Keluarga Mahasiswa di Politeknik WBI sangat bangga melihat antusiasme dari mahasiswa di Politeknik WBI mengikuti donor darah. “Mereka berani serta memiliki jiwa sosial untuk berbagi dan bermanfaat dengan melakukan donor darah,” kata Merry Anggieta.

Dua rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, yaitu sosialisasi dan bakti sosial donor darah ini berjalan dengan baik. Kegiatan ini merupakan terobosan agar anak-anak muda makin memahami pentingnya donor darah sehingga dapat memenuhi stok darah PMI. Pada tahun 1928 kita bersatu untuk cita-cita kemerdekaan. Saat ini mari kita bersatu hati, peduli dan empati kepada sesama untuk kehidupan yang lebih baik.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

Meningkatkan Kepedulian Melalui Donor Darah

15 Agustus 2019

Akhir pekan kemarin, Sabtu 10 Agustus 2019, Tzu Chi Lampung mengadakan donor darah. Terdapat 33 donor yang berhasil mendonorkan darahnya.

Membina Kebiasaan Baik dengan Donor Darah Rutin

Membina Kebiasaan Baik dengan Donor Darah Rutin

26 Juni 2024

Relawan Tzu Chi di komunitas Sunter rutin mengadakan donor darah yang bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta dan RS. Royal Progress Sunter. Kali ini berhasil mengumpulkan 54 kantong darah.

Sirkulasi Kebajikan

Sirkulasi Kebajikan

20 Maret 2019

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan PMI Cabang Biak dan Persatuan Masyarakat Selayar (Permas) Biak mengadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 16 Maret 2019.

Kerisauan dalam kehidupan manusia disebabkan dan bersumber pada tiga racun dunia, yaitu: keserakahan, kebencian, dan kegelapan batin.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -