Sebulan Menjelang Baksos Kesehatan, Relawan Selatpanjang Bergerilya ke Pulau-Pulau

Jurnalis : Candera (Tzu Chi Selatpanjang), Fotografer : Candera (Tzu Chi Selatpanjang)

Uret, seorang porter kapal sedang membantu memasang spanduk baksos kesehatan di Pelabuhan Sialang Pasung.

“Yang menderita tidak dapat keluar, yang diberkahi perlu menghampiri.”
(Kata Perenungan Master Cheng Yen)

Agar baksos kesehatan Tzu Chi indonesia yang mencakup operasi katarak, bibir sumbing, Hernia dan Benjolan dapat diikuti oleh warga yang benar-benar membutuhkan, Tzu Chi Selatpanjang memperluas jangkauan ke daerah yang minim sarana medis. Dengan keseriusan relawan merencanaan kegiatan Baksos Kesehatan dengan melakukan sosialisasi, memasang spanduk, menempel poster, dan membagikan brosur Baksos Kesehatan Tzu Chi yang akan dilakukan di Pulau Batam akhir Agustus 2024, ke beberapa pulau, desa, hingga pelosok wilayah.

Sejak 17 Juni 2024 hingga 12 Juli 2024, relawan tanpa patah semangat untuk mengunjungi desa atau pulau pelosok. Senin, 17 Juni 2024 itu, sebanyak 18 relawan Tzu Chi Selatpanjang berangkat menuju ke Pulau Rangsang Barat yang mempunyai 12 desa, yaitu Desa Batar, Permai, Anak Setatah, Segomeng, Sialang Pasung, Lemanang, Sungai Cina, Mekar Baru, Melai, Bokor, dan Telaga Baru. Di sana mereka memasang spanduk dan poster kegiatan baksos kesehatan, juga membagikan brosur sambil mensosialisasi warga di sana.

Roni (Relawan ) mensosialisasikan baksos kesehatan 2024 di kempang Peranggas.

Nasrul sedang membantu memasang spanduk baksos kesehatan 2024 di Kantor Desa Sungai Tohor.

“Saya tahu jasa Tzu Chi sangat bagus karena pekerjaan saya sebagai porter kapal ini sering melihat relawan memberangkatkan orang sakit baik dari Pulau Belitung maupun pulau lainnya. Makanya saya ingin bersukarela membantu membawa relawan ke pulau atau desa agar masyarakat juga bisa terbantu,” ungkap Uret, warga setempat yang membantu mengarahkan relawan.

Perjalanan yang cukup jauh dan jalan masih banyak rusak tetapi ketulusan relawan tidak terhalang oleh sulitnya perjalanan. “Semoga kegiatan hari ini bisa bermanfaat bagi warga di sana, bisa terbantu warga di sana yang membutuhkan pengobatan gratis,” ungkap Roni, relawan Selatpanjang.

Dua hari selanjutnya, Rabu, 19 Juni 2024, lima orang relawan Tzu Chi dengan sepeda motor menuju ke Pulau Sungai Tohor, Tebing Tinggi Timur. Perjalanan darat selama 2.5 jam ditempuh untuk sampai ke kampung ini. Perjalanan yang cukup jauh ditemani oleh Nasrul (warga Desa Nipah Sendanu) untuk bisa membantu relawan menunjukkan perjalanan dan tempat yang bisa dipasang spanduk.

Sesuai perencanaan, hari Kamis, 4 Juli 2024, delapan relawan Tzu Chi Selatpanjang melaksanakan kegiatan sosialisasi baksos kesehatan dan pembagian brosur baksos kesehatan 2024 di Pasar Alah Air dan Pelabuhan Kempang Gogok-Alai. Selanjutnya pada Jumat, 12 Juli 2024, ada 3 relawan mengendarai motor untuk mendatangi ke Desa Sesap untuk memasang spanduk Baksos kesehatan 2024.

Delapan relawan mendatangi Desa Alai dan Gogok untuk mensosialisasikan baksos kesehatan 2024.

Hai Eng memasang poster di Kempang atau Pelabuhan Mempalai, Desa Kundur.

Salah satu relawan yang ikut berkeliling mensosialisasikan baksos ini adalah Hai Eng. “Saya dibantu oleh Tzu Chi sejak 2013 sampai 2020. Tujuh tahun dibantu Tzu Chi, saya diperlakukan seperti keluarga sendiri. Saya kemudian berpikir dan mengambil keputusan, ‘kalau suatu saat saya sudah sembuh, saya akan membantu di Tzu Chi atau menjadi relawan yang bisa membantu orang lain,’” kata Hai Eng, penerima bantuan yang kini bergabung menjadi relawan.

“Kegitatan ini membuat saya bisa membantu banyak orang  untuk tahu akan ada baksos kesehatan, terutama pulau pulau pelosok. Di sana banyak orang membutuhkan bantuan. Walaupun perjalanan panjang dan banyak jalan yang rusak tapi yakin semua akan dipermudahkan karena tekad dan niat kita mau melakukan untuk orang yang membutuhkan,” imbuhnya.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Baksos Kesehatan Tzu Chi untuk Warga Desa Takari, NTT

Baksos Kesehatan Tzu Chi untuk Warga Desa Takari, NTT

15 April 2021

Tim Medis Tzu Chi Memberikan pelayanan pengobatan untuk warga korban banjir bandang di Takari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 14 April 2021.

Membangkitkan Kepercayaan Diri

Membangkitkan Kepercayaan Diri

16 Desember 2014 Keseharian pria berusia 26 tahun ini dihabiskan hanya di dalam rumah saja dengan duduk-duduk, berbicara bersama keluarga dan tidur. Tidak ada pekerjaan yang dapat dilakukannya semenjak kedua matanya terkena katarak
Baksos Kesehatan ke-135 Tzu Chi Berlangsung di Palembang

Baksos Kesehatan ke-135 Tzu Chi Berlangsung di Palembang

05 Desember 2022
Relawan Kantor Penghubung Tzu Chi Palembang bersama Tzu Chi International Medical Association (TIMA) Indonesia yang bekerjasama dengan RS. Bhayangkara Moh. Hasan Palembang mengadakan baksos kesehatan ke-135.
Kekuatan akan menjadi besar bila kebajikan dilakukan bersama-sama; berkah yang diperoleh akan menjadi besar pula.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -