Selamatkan Jiwa, Sehatkan Raga

Jurnalis : Ivon (Tzu Chi Lampung), Fotografer : Ivon (Tzu Chi Lampung)

Relawan Tzu Chi Lampung menerima warga yang mendaftarkan diri untuk mendonorkan darahnya di Kantor Tzu Chi Lampung. 

Setiap orang yang ingin mendonorkan darahnya, kini tidak perlu harus datang ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI), karena sudah banyak yayasan atau organisasi yang bekerja sama dengan PMI untuk mengadakan donor darah. Hal inilah yang juga dilakukan oleh Tzu Chi Lampung.

Calon pendonor juga harus melakukan screening awal kesehatan termasuk pengecekan berat badan dan pemeriksaan kadar hemoglobin darah sebelum mendonorkan darahnya.

Pada Sabtu, 3 September 2022 diadakan kegiatan donor darah di Kantor Tzu Chi Lampung yang baru. Kegiatan donor darah ini juga dikuti oleh relawan dan warga di sekitar Kantor Tzu Chi Lampung dengan target mengumpulkan 50-75 kantong darah. Sebanyak 70 peserta pun antusias dan mendaftarkan diri dalam kegiatan tersebut.

Setelah dilakukan pengecekan kesehatan, beberapa orang peserta dinyatakan belum dapat mendonorkan darahnya. Hal tersebut dikarnakan beberapa peserta sedang mengonsumsi obat-obatan, selain itu ada juga yang kadar hemoglobin di dalam darahnya yang tidak mencukup standar minimal untuk donor.

Salah satu petugas PMI sedang melakukan pengambilan darah dari peserta yang lolos screening kesehatan.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, Tzu Chi Lampung berhasil menghimpun 63 kantong darah dari peserta. Keberhasilan kegiatan ini juga tidak lepas dari kerja keras para relawan Tzu Chi Lampung dalam mempersiapkan hal-hal terkait kegiatan donor darah. Dari segi konsumsi, para relawan juga saling membantu dengan membawa kue dan makanan untuk para pendonor.

Selain membantu yang orang memerlukan transfusi darah, kegiatan ini juga baik untuk kesehatan. Karena, menurut Mental Health Foundation, donor darah dapat mengurangi stres dan baik untuk kesehatan sirkulasi darah dalam tubuh.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Just Do It untuk  Donor Darah

Just Do It untuk Donor Darah

11 Oktober 2022

Relawan Tzu Chi komunitas Sunter (Bagian dari He Qi Pusat) mengadakan kembali donor darah pada Sabtu 1 Oktober 2022. Pada kegiatan donor darah ini berhasil terkumpul 45 kantung darah dari 53 orang calon pendonor yang mendaftar. 

Berdonor Darah di Sei Rokan

Berdonor Darah di Sei Rokan

05 Oktober 2018
Relawan Tzu Chi Perwakilan Sinar Mas Xie Li Siak bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit donor darah Pekanbaru mengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan pada Jumat, 21 September 2018.
Say Yes To Donor Darah

Say Yes To Donor Darah

07 Maret 2011 Menyadari besarnya manfaat donor darah, komunitas relawan Tzu Chi He Qi Barat rutin mengadakan kegiatan donor darah setiap 3 bulan sekali, seperti pada Sabtu, tanggal 19 Februari 2011 lalu. Di ruang sekretariat He Qi Barat ini, dari sekitar 92 orang yang mendaftar terkumpul 72 kantong darah.
Bertambahnya satu orang baik di dalam masyarakat, akan menambah sebuah karma kebajikan di dunia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -