Semangat Para Relawan Tzu Chi di Pematang Siantar Gelar Baksos Kesehatan

Jurnalis : Ai Ly (Tzu Chi Medan) , Fotografer : Ai ly, Lydia, Erik Wardi (Tzu Chi Medan)

Relawan membagikan kupon untuk mengajak pasien agar datang melakukan pemeriksaan kesehatan pada Minggu pagi 22 September 2024.

Para relawan Tzu Chi di Pematang Siantar kembali menebar kasih dengan mengadakan bakti sosial kesehatan di Depo Daur Ulang Tzu Chi, Pematang Siantar, Minggu pagi 22 September 2024. Pembagian kupon dan survei sudah dilakukan dua pekan sebelumnya. Kali ini sasaran penerima manfaat adalah para petugas kebersihan dan masyarakat kurang mampu. Kupon sebanyak 350 lembar dibagikan langsung oleh relawan yang terjun ke lapangan.

Sebanyak 48 relawan dan 39 relawan kembang bersumbangsih membantu bakti sosial kesehatan ini. Mulai dari dokter dan tenaga kesehatan lainnya, bersinergi memberikan pelayanan dan pengobatan yang terbaik.

Tampak kebahagiaan di wajah para pasien karena mendapatkan perhatian yang tulus dari para relawan Tzu Chi.

Pasien yang kesulitan bergerak dan duduk di atas becak barang dihampiri oleh relawan medis untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan.

Suasana bakti sosial kesehatan sangat ramai, ditambah lagi kehadiran  relawan Tzu Chi dari Tebing Tinggi dan Medan, yang jauh-jauh datang membantu kegiatan penuh berkah ini.  Sejak pukul 9 pagi, satu persatu pasien dituntun oleh relawan memasuki area pendaftaran, pengalungan bet antrean pasien, kemudian menunggu cek berat badan dan tensi, dilanjutkan ke ruang pemeriksaan dokter.

Dokter dengan telaten menangani setiap pasien dengan beragam keluhan penyakitnya. Tampak juga beberapa pasien yang stroke dan memakai kursi roda. Bahkan ada yang tidak bisa berjalan, sehingga dokter yang mendatangi untuk pemeriksaan. Para relawan juga sabar melayani, mendampingi dan mengarahkan untuk berpindah dari satu tenda pemeriksaan ke tenda lainnya, sehingga alur pengobatan lebih terarah.

Sambil menunggu kesiapan obat, para pasien diberi pengenalan tentang Tzu Chi dan tentang celengan bambu. Salah satu pasien, Pak Saragih bersyukur dengan layanan kesehatan yang ia teriman.

Relawan kompak mendampingi pasien yang kesulitan berjalan menuju ruang obat.

Dokter memeriksa seorang pasien dengan serius guna mendapatkan diagnosa yang akurat.

“Sangat senang dan terharu mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan gratis, relawannya semua ramah, sabar, memberi perhatian,” ujarnya.

Pelayanan kesehatan berjalan lancar. Terlihat semua relawan bercucuran keringat, meski sedikit capai, namun tetap setia mendampingi pasien sampai selesai.

“Ini adalah salah satu misi Tzu Chi yaitu misi kesehatan. Di lingkungan sekitar kita banyak saudara kita yang masih mengalami keterbatasan ekonomi dan tidak mempunyai BPJS. Ini mempermudah masyarakat bisa mendapatkan pengarahan tentang pentingnya kesehatan dan menjaga lingkungan.” kata Iwan, koordinator kegiatan.

Para pasien mendapatkan pemeriksaan kadar asam urat, kolesterol, juga gula darah.

Pasien diajak berdonasi dana kecil amal besar untuk membantu orang lain yang memerlukan pertolongan.

Semangat menyebarkan kebajikan menjadi pedoman setiap insan Tzu Chi di mana pun. Ketua koordinator TIMA, dr.Alexander Agung menyampaikan terkesan dengan antusias para relawan Tzu Chi yang memberikan pelayanan terbaik kepada pasien yang datang berobat. “Harapan saya semoga anggota TIMA dan anggota Tzu Chi di Pematang Siantar semakin berkembang sehingga bisa melakukan lebih banyak kegiatan lagi yang bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan," harapnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-144 di Batam: Mengembalikan Cahaya Bagi Pasien Katarak

Baksos Kesehatan Tzu Chi Ke-144 di Batam: Mengembalikan Cahaya Bagi Pasien Katarak

11 September 2024

Said Azhari (60) adalah salah satu pasien katarak dari Pulau Dabo Singkep. Said harus menempuh perjalanan selama 4 - 5 jam menggunakan kapal ferry ke Batam demi pulihnya penglihatannya. 

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-104: Layaknya Sebuah Keluarga

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-104: Layaknya Sebuah Keluarga

24 Desember 2014 Memasuki hari ke-2 baksos kesehatan Tzu Chi, Sabtu, 20 Desember 2014, pasien dari berbagai  wilayah di Lampung sudah berkumpul di RS. Bhayangkara, Bandar Lampung. Sebanyak 95 orang datang hari itu guna melakukan operasi Katarak atau Pterigyum. Pukul 10.00 WIB, Kapolda Lampung, Walikota, dan pemuka agama datang untuk membuka kegiatan baksos Kesehatan Tzu Chi yang ke-104.
Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-144 di Batam: Tantangan Menjangkau Pasien di Pulau Anambas

Baksos Kesehatan Tzu Chi ke-144 di Batam: Tantangan Menjangkau Pasien di Pulau Anambas

11 September 2024

Pelayanan kesehatan juga diberikan kepada warga di Kepulauan Anambas, Tanjung Batu, Dabo Singkep, Tanjung Pinang, Selat Panjang, dan Tanjung Balai Karimun.

Hadiah paling berharga di dunia yang fana ini adalah memaafkan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -