Semangat Terus Hani

Jurnalis : Lina Violin (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Lina Violin, Elvi (Tzu Chi Pekanbaru)

Relawan memberikan perhatian kepada anak-anak di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Sabtu, 27 Juli 2024 sebanyak 8 relawan Tzu Chi Pekanbaru dari Xie Li Hangtuah mengadakan kunjungan kasih ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) yang beralamat di Jalan Kartini no. 56A Pekanbaru. YKAKI adalah sebuah yayasan yang membantu anak-anak pejuang Kanker dan menyediakan Rumah Singgah (Rumah Kita) bagi pasien dan keluarga (berasal dari luar kota) yang sedang menjalani pengobatan. Kunjungan kasih ini merupakan kunjungan rutin setiap pekan dari Tzu Chi Pekanbaru dalam rangka memberikan bantuan buah-buahan untuk menunjang nutrisi anak-anak.

Kanker dapat menimpa siapapun termasuk pada anak-anak dan inilah yang dialami ananda Hanifah Nurliana (12). Hani terkena penyakit mata saat berusia 6 tahun. Saat itu sering merasakan nyeri di dekat mata dan penglihatan berkurang. Awalnya Hani didiagnosa terkena glukoma, tapi setelah pemeriksaan lebih lanjut ternyata dokter memvonis Hani terkena kanker mata. Saat ini Hani sudah menjalani kemoterapi sebanyak 8 kali dan mata sebelah kiri sudah diangkat dan diganti mata palsu yang tidak bisa melihat dan hanya berfungsi sebagai aksesoris mata.

Meskipun dalam sakitnya, Hani tetap menggali potensi dirinya untuk dikembangkan. Hani rajin belajar mengaji, Da’i, Hafidz, dan bernyanyi. Dari ketekunannya, baru-baru ini Hani terpilih sebagai Dara Cilik Riau Inspiring 2024. Sebelumnya Hani juga banyak menjuarai beberapa perlombaan.

Hani mempersembahkan lagu yang berjudul “Harta Berharga” dan Hani memberikan semangat kepada teman-teman yang mempunyai kondisi serupa.

Dalam pertemuan hari itu, Hani mempersembahkan sebuah lagu "Harta Berharga" buat relawan. Hani mengatakan tidak merasa takut walaupun terkena kanker, ia justru bersemangat dan tetap berprestasi serta menggapai mimpi setinggi mungkin.

"Janganlah takut pada kanker karena kanker itu pasti bisa disembuhkan, jadi kita harus selalu semangat,” kata Hani yang bercita-cita menjadi dokter agar bisa melayani orang.

Dari seorang anak kecil, relawan meneladani pikiran murni dan semangat yang begitu besar seperti yang tertuang dalam kata perenungan Master Cheng Yen, “Semangat dan keberanian tidak boleh hilang dan keyakinan diri tidak boleh tidak ada. Di dunia ini tidak ada hal yang tidak bisa dan tidak berdaya untuk dilakukan, perlu dikhawatirkan adalah tiadanya keinginan untuk berbuat.”

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Alat Bantu Dengar dari Tzu Chi Bikin Ruby Makin Ceria dan Juga Pintar

Alat Bantu Dengar dari Tzu Chi Bikin Ruby Makin Ceria dan Juga Pintar

08 Mei 2024

Dibanding dua sesi terapi sebelumnya, hari itu Ruby (5) sangat kooperatif. Ia sudah tak lari-larian, sudah tak merebut mainan lagi. Ia duduk tenang mengikuti instruksi terapisnya, Kak Afifah dengan baik.

Bersyukur dan Menghargai Ladang Berkah

Bersyukur dan Menghargai Ladang Berkah

18 Juli 2024

Selain bantuan pengobatan, perhatian dan pendampingan relawan juga memberi semangat dan harapan bagi pasien untuk sembuh. Selain itu, kunjungan kasih ke rumah para penerima bantuan juga bisa menjadi pintu masuk bagi masyarakat untuk lebih mengenal Tzu Chi.

Dukungan Relawan untuk Kesembuhan Nurjaya

Dukungan Relawan untuk Kesembuhan Nurjaya

26 Juni 2024

Relawan kembali mengunjungi Nurjaya (23/06/2024), penerima bantuan Tzu Chi. Berat badan Nurjaya sudah lebih baik ketimbang ketika setahun lalu ketika relawan Tzu Chi pertama kali mengunjunginya di Juli 2023.

Cara kita berterima kasih dan membalas budi baik bumi adalah dengan tetap bertekad melestarikan lingkungan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -