Setetes Cinta Kasih Menyelamatkan Banyak Nyawa

Jurnalis : Ronaldo (Tzu Chi Aceh), Fotografer : Ronaldo (Tzu Chi Aceh)

Antrean para donor membuat para relawan menjadi lebih semangat.

Para relawan Tzu Chi di Banda Aceh terus mencurahkan perhatian untuk kemanusiaan di kota yang dijuluki serambi Mekkah. Pada Sabtu, 25 Mei 2024 Tzu Chi Aceh bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh kembali menggelar donor darah yang bertempat di Puskesmas Pembantu (PUSTU) Perumahan Cinta Kasih Buddha Tzu Chi Panteriek.

Pada pukul 08.30, sebanyak 41 relawan mulai merapat di lokasi donor darah untuk mempersiapkan event besar ini dengan kesungguhan hati. Acara dimulai dengan sambutan dari Keuchik Panteriek. Para peserta donor yang terdiri dari relawan dan peserta umum dengan antusias mendaftar di meja pendaftaran untuk mendonorkan darahnya.

Para peserta donor merasa sangat dilayani dengan baik oleh para relawan Tzu Chi.

Penyerahan piagam oleh Tzu Chi Aceh kepada Keuchik.

Setelah mendonorkan darahnya, para donor mendapatkan asupan bergizi dari Tzu Chi Banda Aceh berupa satu butir telur, satu mangkuk bubur kacang hijau dan paket Goodie bag berisi snack untuk memulihkan tenaga pascadonor darah. Acara dilanjutkan dengan penyerahan piagam oleh penanggung jawab acara yaitu Toni Sukardjo yang diserahkan kepada keuchik yang diharapkan agar tali silahturahmi bisa terjalin antara Yayasan Buddha Tzu Chi dengan pejabat setempat.

“Donor darah merupakan kegiatan yang rutin saya lakukan setiap 3 bulan sekali. Saya pun merasakan manfaat yang luar biasa dari donor darah seperti tubuh saya menjadi ringan dan segar kembali. Saya berharap agar donor darah ini bisa diselenggarakan rutin oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Banda Aceh” Ujar Akhim salah satu relawan yang menjadi donor sekaligus panitia acara donor darah.

Para relawan dengan semangat menyiapkan asupan bergizi untuk para donor.

“Donor darah mampu membawa banyak manfaat kepada tubuh salah satunya adalah menjaga Hemoglobin (HB) tetap stabil, menjaga detak jantung agar tetap stabil, juga dipercaya mampu menurunkan berat badan bagi yang menderita obesitas. Setiap bulannya kita memerlukan 100 kantong Darah untuk rumah sakit dan keperluan kemanusiaan, dengan diadakannya acara ini sangatlah bagus untuk memenuhi stok darah pada kantor PMI,” Kata Ibu Nelly, salah satu petugas PMI. Sebanyak 40 kantong darah didapatkan dari donor darah ini.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Darah Anda Menyelamatkan Sesama

Darah Anda Menyelamatkan Sesama

26 Januari 2022

Setelah dua tahun tak menggelar donor darah karena dihadang pandemi Covid-19, relawan Tzu Chi di Kebon Jeruk, kembali menggelar donor darah di Kantor RW 05 Bojong Indah Jakarta Barat, Sabtu 22 Januari 2022.

Menggalang Hati Pendonor Darah

Menggalang Hati Pendonor Darah

16 Juni 2022

Relawan Tzu Chi komunitas He Qi Barat 1 menggelar kegiatan donor darah di Gedung Pertemuan Perumahan Citra 2, Kelurahan Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat. Sebanyak 78 peserta berhasil mendonorkan darahnya.

Setetes Darah Sejuta Kehidupan

Setetes Darah Sejuta Kehidupan

06 November 2023

Masih dalam rangka memperingati ulang tahun Tzu Ching Medan yang ke-13, Muda-mudi Tzu Chi atau biasa disebut Tzu Ching mengadakan donor darah di Universitas Prima Indonesia yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, kota Medan.

Menyayangi diri sendiri adalah wujud balas budi pada orang tua, bersumbangsih adalah wujud dari rasa syukur.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -