Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Darmawan Handoko, Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Para peserta terlebih dulu melakukan registrasi.

Relawan Tzu Chi di Komunitas Xie Li Tamken kembali mengadakan kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Palembang, Minggu, 10 April 2022. Pada bulan puasa ini, PMI Kota Palembang membutuhkan pasokan darah. Donor darah ini pun dilaksanakan di Sekolah Kusuma Bangsa, Jl. Residen Abdul Rozak, 8 Ilir Timur II, Palembang.

Donor darah berlangsung sejak pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang. Sehari sebelumnya para relawan Tzu Chi dan petugas PMI bergotong royong mempersiapkan dan menyusun semua kebutuhan kegiatan donor darah.

Sinar mentari pagi yang cerah memberikan tambahan semangat bagi para relawan yang siap melayani peserta donor darah. Saat kegiatan, para peserta lebih dulu dicek suhu badan dan cuci tangan. Setelah itu, mereka diarahkan ke meja registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah.

Seorang peserta dicek kadar HB-nya untuk memastikan ia siap untuk mendonorkan darah.

Selanjutnya para peserta dicek kadar HB (Hemoglobin) untuk memastikan bahwa mereka siap untuk mendonorkan setetes darah. Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar, mereka dapat mendonorkan darahnya.

Saat kegiatan berlangsung, ada kunjungan Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda yang juga sebagai Ketua PMI kota Palembang serta Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pihak Yayasan Buddha Tzu Chi. Karena, saat ini yang membutuhkan darah sangat banyak. Sehingga PMI kota Palembang terbantu dengan kegiatan positif seperti ini," ujar Fitrianti Agustinda.

Saat kegiatan berlangsung, Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda serta Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib datang berkunjung.

Koordinator kegiatan Donor Darah Evi Denis mengatakan, sebelumnya ia telah menyebarkan informasi kegiatan donor darah ini via media sosial. Ia sendiri punya target, peserta donor darah mencapai 150 prang.

“Berhubung dalam masa puasa, ternyata yang daftar 135 peserta. Akan tetapi yang lolos mendonorkan darahnya ada sebanyak 118 orang. Sebanyak 17 peserta lainnya tidak dapat mendonorkan darahnya diakibatkan karena kondisi kesehatan kurang baik dan belum memenuhi syarat saat pengecekan hemoglobin,” terangnya.

Sebanyak 118 peserta berhasil mendonorkan darah mereka.

Sementara itu Eka Prana Jaya merupakan salah satu pendonor yang rutin mendonorkan darahnya setiap 2 bulan sekali. Walaupun ia puasa tetapi tetap ikut berpartisipasi melakukan donor darah.

“Saya melihat prosedur kesehatan kegiatan donor darah ini sudah cukup sempurna dan saya berharap pada semua masyarakat Sumbagsel bisa berpartisipasi ikut donor darah karena banyak yang membutuhkan. Selagi kita bisa berbagi kepada semua umat dan alangkah baiknya kita berbagi,” ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Semangat Mengikuti Donor Darah

Semangat Mengikuti Donor Darah

27 September 2017

Donor darah rutin dilakukan relawan Tzu Chi Tanjung Balai Karimun. Sebelum kegiatan dilaksanakan, relawan menelepon Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengetahui stok darah di PMI. Supaya lebih efektif, relawan mencari waktu yang tepat, yakni Minggu 24 September 2017.

Donor Darah, Dapat Berkah

Donor Darah, Dapat Berkah

08 Oktober 2019

Dion Afriyand (20), seorang donor yang bahagia karena bisa mendonorkan darahnya. “Ini ibaratnya sama halnya seperti menolong orang tua. Saya merasa acara ini sangat bagus karena bisa mengajak orang lain untuk membantu orang yang sedang membutuhkan darah atau orang yang kesusahan,” ungkapnya.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -