Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Darmawan Handoko, Siska (Tzu Chi Palembang)

Tzu Chi Palembang, kembali mengadakan donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Palembang dan Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng, Minggu, 22 Mei 2022.

Relawan Tzu Chi Palembang, tepatnya di Xie Li Radial kembali mengadakan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Palembang dan Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng, Minggu, 22 Mei 2022. Donor darah ini dilaksanakan di Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng, Jl. Sei Itam No 850, Bukit Lama, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang.

Suasana pagi yang cerah memberi tambahan semangat bagi 46 relawan dan sukarelawan yang siap melayani peserta donor darah. Donor darah ini berlangsung sejak pukul 08.00 pagi hingga 12.00 siang.

Dari 82 peserta yang mendaftar, sebanyak 77 orang berhasil mendonorkan darahnya.

Peserta wajib mengikuti protokol kesehatan seperti cuci tangan dan cek suhu badan. Setelah itu mereka diarahkan ke meja registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Selanjutnya peserta dicek kadar HB (Hemoglobin). Bila hasil kadar HB sesuai dengan standar, maka mereka dapat mendonorkan darahnya.

Peserta yang mendaftar ada sebanyak 82 orang dan yang berhasil lolos mendonorkan darahnya sebanyak 77 orang. Lima peserta tidak dapat mendonorkan darahnya karena kondisi kesehatan kurang baik dan belum memenuhi syarat saat pengecekan hemoglobin.

Pada kegiatan donor darah ini, ada juga para sukarelawan yang kemudian mendaftar menjadi barisan calon relawan Tzu Chi.

Yulius Chandra salah satu pendonor merasa senang dapat mendonorkan darahnya pada kegiatan yang Tzu Chi Palembang adakan tersebut.

“Dari awal pendaftaran tidak ada masalah dan prosesnya cepat serta pengambilan darah juga baik. Saya lebih berharap informasi yang beredar soal donor darah yang diselenggarakan lebih meluas agar lebih banyak orang yang tahu,” ujarnya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

Berbagi Kasih Dengan Donor Darah

07 April 2022

Bermula dari inisiatif untuk membantu sesama yang membutukan darah, relawan Tzu Chi komunitas He Qi Pusat Xie Li Jakarta Pusat mengadakan kegiatan donor darah.

Setetes Cinta Kasih untuk Indonesia yang Terus Tumbuh

Setetes Cinta Kasih untuk Indonesia yang Terus Tumbuh

25 Agustus 2015

Pada Minggu, 16 Agustus 2015, insan Tzu Chi Jambi kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). Kegiatan ini merupakan kali keduanya diadakan di Kantor Penghubung Tzu Chi Jambi yang berada di dekat Terminal Rawasari. Mengusung tema “Cinta Kasih untuk Indonesia”, kegiatan donor darah ini telah dimulai sejak pukul 9 pagi.

Mari Berdonor Darah

Mari Berdonor Darah

25 Oktober 2022

Komunitas Xie Li Tamken yang merupakan bagian dari Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang, Minggu 23 Oktober 2022. Sebanyak 144 orang berhasil mendonorkan darahnya.

Apa yang kita lakukan hari ini adalah sejarah untuk hari esok.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -