Setetes Darah Untuk Kehidupan

Jurnalis : Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang) , Fotografer : Darmawan Handoko, Kevin Brilian (Tzu Chi Palembang)

Para calon donor sedang melakukan registrasi dan mengisi formulir donor darah.

Pada Komunitas Xie Li Radial yang merupakan bagian dari Tzu Chi Palembang kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Donor darah diadakan di Kelenteng Tridharma Ciu Pek Keng Jl. Sungai Itam, Kec. Ilir Barat. I, pada Minggu, 14 Agustus 2022

Walaupun angka penularan Covid-19 sudah mulai menurun, tapi kegiatan donor darah ini tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat seperti cek suhu, mencuci tangan, dan menggunakan masker saat mendonor. Setelah itu, para pendonor melakukan registrasi untuk mengisi absensi formulir donor darah. Setelah proses registrasi selesai, mereka dicek kondisi kesehatan dan kadar Hb (Hemoglobin) dalam darah. Apabila hasil sesuai standar, maka calon pendonor ini dapat mendonorkan darahnya.

Saat pengecekan Hb (Hemogoblin), jika hasilnya sesuai standar, maka pendonor dapat melakukan donor darah.

Pada donor darah kali ini sebanyak 65 pendonor berhasil mendonorkan darahnya. Tony merupakan salah satu pendonor yang aktif ikut dalam kegiatan donor darah berujar bahwa donor darah yang digelar Tzu Chi Palembang ini sangat membantu masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya. Karena terkadang ada masyarakat yang mempunyai niat untuk donor darah tetapi bingung mau mendonorkan darahnya kemana.

“Semenjak diadakan kegiatan donor darah dari Yayasan Buddha Tzu Chi di Kelenteng Ciu Pek Keng ini memudahkan masyarakat untuk mendonorkan darahnya,” katanya.

Tak hanya untuk membantu sesama, donor darah juga memberi manfaat bagi pendonor itu sendiri.

Ernawati yang merupakan salah satu tenaga kesehatan dari PMI Kota Palembang pada kesempatan ini turut menyampaikan edukasi ke masyarakat tentang manfaat berdonor darah.

“Manfaat dari donor darah itu untuk melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, menjaga tensi tubuh agar tetap sehat. Darah yang telah diambil akan diproses dengan uji saring, apabila kualitas darahnya bagus dan siap pakai kemudian akan disalurkan kepada pasien yang membutuhkan dan ke seluruh rumah sakit yang ada di Kota Palembang,” jelasnya.

Clementius, relawan abu putih yang berdonor untuk yang pertama kalinya.

Saat ini, tambah Ernawati, pasokan darah di PMI Kota Palembang masih kekurangan karena jumlah yang membutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan jumlah pendonor. Ernawati berharap masyarakat Kota Palembang dapat menyadari kekurangan darah ini untuk membantu sesama. Di samping itu juga dengan mendonorkan darah dapat memberi manfaat bagi pendonor itu sendiri dan juga orang lain.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menjalin Jodoh Baik Melalui Donor Darah

Menjalin Jodoh Baik Melalui Donor Darah

30 Agustus 2018

Tzu Chi Tanjung Balai Karimun kembali mengadakan kegiatan rutin donor darah yang bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karimun yang bertujuan untuk membantu PMI dalam menambah persediaan darah.

Cinta Kasih Melalui donor Darah

Cinta Kasih Melalui donor Darah

09 Desember 2014 “Petugas PMI sudah datang”, terdengar suara seorang relawan di depan pintu Sekolah Tzu Chi memberitahu  relawan yang sedang berada di dalam untuk segera membantu petugas PMI. Jam sudah menunjukkan pukul 9, kegiatan donor darah rutin diselenggarakan setiap 3 bulan sekali oleh Hu Ai PIK.
Setetes Darah, Berharga untuk Kemanusiaan

Setetes Darah, Berharga untuk Kemanusiaan

22 Desember 2023

Donor darah kembali digelar relawan di Xie Li Kutai Barat (Kubar) di Balai Pengobatan Sungai Kedang pada Sabtu (16/12/23). Kali ini relawan berhasil menghimpun 33 kantor darah.

Bila sewaktu menyumbangkan tenaga kita memperoleh kegembiraan, inilah yang disebut "rela memberi dengan sukacita".
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -