Setetes Darah untuk Kemanusiaan

Jurnalis : Liani (Tzu Chi Medan), Fotografer : Liani (Tzu Chi Medan)
Sebanyak 127 kantong darah berhasil terkumpul melalui donor darah kali ini.

Membantu persediaan stok darah yang terbatas, relawan Tzu Chi Medan rutin menggelar donor darah. Kali ini, relawan di komunitas Hu Ai Mandala Medan bekerja sama dengan UTD RS Adam Malik Medan mengadakan donor darah di Sekolah WR Supratman, Minggu 29 September 2024.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan saat donor darah seperti sirkulasi darah jadi lancar sehingga badan jadi lebih sehat. Rutin mendonorkan darah juga dapat menurunkan risiko serangan jantung, stroke dan kanker. Bahkan kadar zat besi dalam darah bisa lebih stabil.

Calon donor menjalani serangkaian tes kesehatan sebelum mendonorkan darah.

Posko kesehatan TIMA Medan memberikan layanan cek kadar gula.

Sebelum mendonorkan darah, calon donor mesti mengikuti tes kesehatan yaitu tekanan darah, cek hemoglobin, dan mengisi kuisioner kondisi kesehatan. Ada beberapa syarat sebelum donor darah di antaranya berat badan donor tidak kurang dari 45kg, suhu tubuh donor normal, telah berusia 17 tahun hingga 60 tahun, tekanan darah normal, denyut nadi sekitar 50 sampai dengan 100 kali setiap menit, serta kadar hemoglobin (HB) setidaknya 12gram/dl.

Ibu Efida (53) telah 11 tahun rutin mendonorkan darahnya. “Dengan donor darah badan saya semakin sehat. Semoga berkelanjutan dan bisa membawa keberkahan bagi banyak orang,” katanya.

Lilis Janto sudah rutin donor darah.

Para donor menerima satu paket suvenir berupa roti, biskuit, susu, vitamin penambah  darah dan DAAI Mie.

Sementara itu Lilis Janto, relawan Tzu Chi dari Kota Padang yang kebetulan malam harinya baru sampai di Medan. Ia bersama kedua saudaranya menyempatkan untuk mendonorkan darahnya. “Saya berdonor darah untuk membantu orang yang membutuhkan,” ujarnya.

Dari donor darah kali ini terhimpun sebanyak 127 kantong. Tak hanya relawan Tzu Chi serta UTD RSUD Adam Malik, siswa-siswi Sekolah WR Supratman juga turut menyukseskan donor darah ini.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Menghimpun Hati Warga Tanjung Balai Melalui Baksos Donor Darah

Menghimpun Hati Warga Tanjung Balai Melalui Baksos Donor Darah

26 Juli 2022

Benih yang telah tersemai di hati warga Tanjung Balai melalui sosialisasi relawan, memberi semangat relawan Tzu Chi Medan dan Tebing Tinggi untuk gelar donor darah yang pertama kalinya di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Donor Darah, Ladang Berkah untuk Membantu Sesama

Donor Darah, Ladang Berkah untuk Membantu Sesama

08 Mei 2024

Bekerja sama dengan pihak Mall BTM Bogor dan PMI UDD Kota Bogor, relawan Tzu Chi membantu menambah tempat dan mempermudah masyarakat untuk donor darah. Beberapa orang rutin bergabung dalam kegiatan donor darah Tzu Chi Bogor.

Jalankan Puasa, Lakukan Donor Darah

Jalankan Puasa, Lakukan Donor Darah

07 September 2009
Dr Endang Pratiwi, seorang dokter dari PMI menjelaskan, “Tidak apa-apa. Aman-aman saja. (Donor darah) tidak mengganggu puasa dan tidak mengganggu kesehatan selama dia memenuhi syarat-syarat untuk donor.
Beriman hendaknya disertai kebijaksanaan, jangan hanya mengikuti apa yang dilakukan orang lain hingga membutakan mata hati.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -