Setetes Kebaikan Sejuta Harapan

Jurnalis : Noni Kumala Sari (Tzu Chi Sinar Mas) , Fotografer : Dokumentasi Xie Li Semitau

Seorang relawan terlihat bahagia bisa melakukan donor darah.

“Ikhlas memberi dengan sukacita berarti mau menyumbangkan tenaga dengan perasaan gembira”
-Kata Perenungan Master Cheng Yen-

Ada kesibukan berbeda di Belian Estate, Desa Nanga Seberuang, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat pada Rabu (28/8/24). Sejak pagi relawan berbagi tugas menyiapkan keperluan donor darah yang terselenggara atas kerja sama Xie Li Semitau dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Selain donor darah, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi seputar donor darah, antara relawan yang hadir dengan dokter Firli. Dalam sambutannya Elvin Junaidi, Ketua Xie Li Semitau mengatakan, kegiatan ini dimaknai sebagai wujud nyata kepedulian.

Relawan antusias mendaftarkan diri untuk mengikuti donor darah.

“Donor darah ini sebagai wujud kepedulian yang dilakukan secara sukarela terhadap orang-orang yang membutuhkan donor darah dan memberikan sumbangsih kebutuhan darah untuk Palang Merah Indonesia (PMI) untuk melayani masyarakat Putusibau. Tzu Chi ini berprinsip welas asih. Jadi siapapun yang membutuhkan pertolongan wajib dibantu, apapun bentuknya," ujarnya.

Donor darah kali ini dimanfaatkan Lidiawati. Ia sudah berdonor sebanyak 35 kali. "Tidak ada yang perlu ditakutkan, jangan takut untuk mendonorkan darah. Donor darah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, tubuh terasa lebih ringan dan rileks" ucapnya.

Seorang staf juga tampak mendonorkan darahnya.

Berdonor darah pertama kali membawa kesan tersendiri bagi Novi. "Saya merasa bangga dan bahagia bisa melakukan donor darah untuk pertama kalinya," ujarnya.

Dari kegiatan ini relawan berhasil mengumpulkan 51 kantong darah. Hal ini diapresiasi Abdurrahman, Wakil Ketua PMI Kabupaten Kapuas Hulu. "Alhamdulillah sebanyak 51 kantong darah sudah terkumpul,semua petugas banyak-banyak mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang bersumbangsih mendonorkan darahnya,” pungkasnya.

Editor: Khusnul Khotimah  

Artikel Terkait

Demi Berbuat Baik, Singkirkan Rasa Takut

Demi Berbuat Baik, Singkirkan Rasa Takut

10 Maret 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas kembali mengadakan donor darah di Gedung Sinarmas MSIG Tower, Jl. Jend. Sudirman, Jakarta Selatan pada Senin, 6 Maret 2023. 

Berbagi Kepedulian Lewat Donor Darah

Berbagi Kepedulian Lewat Donor Darah

07 Maret 2023

Tzu Chi Makassar bekerja sama dengan UPT Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan kegiatan donor darah.

Donorkan Darahmu, Selain Sehat Banyak Manfaat

Donorkan Darahmu, Selain Sehat Banyak Manfaat

04 Juni 2018
Banyak cara untuk menolong orang lain, salah satunya adalah dengan berdonor darah. Setiap tetes darah yang kita sumbangkan, memberi kesempatan hidup bagi yang menerimanya.
Jika selalu mempunyai keinginan untuk belajar, maka setiap waktu dan tempat adalah kesempatan untuk mendapatkan pendidikan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -