Setiap Donor Darah adalah Penyelamat Hidup

Jurnalis : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang), Fotografer : Darmawan Handoko (Tzu Chi Palembang)
Para peserta donor darah dipandu oleh relawan Tzu Chi Palembang saat pendaftaraan.

Pada Minggu, 07 Mei 2023 relawan Tzu Chi Palembang komunitas Xie Li Radial mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan ini bertujuan untuk menambah stok ketersediaan darah di PMI.

Kegiatan donor darah ini diadakan di Kantor Tzu Chi Palembang, Jl. Radial, Kompleks Ilir Barat Permai, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Sejak pagi, relawan Tzu Chi Palembang sudah  berkumpul serta menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk kegiatan donor darah.

Sebelum mendonorkan darah, seluruh peserta dicek terlebih dahulu kadar Hemoglobin-nya oleh petugas dari PMI Palembang.

Ketika para peserta sudah mulai hadir, relawan pun mengarahkan para peserta untuk melakukan registrasi dengan mengisi absensi serta formulir donor darah yang telah disiapkan. Selanjutnya para peserta akan dicek kadar Hb (Hemoglobin) dalam darah. Bila kadar Hb sesuai dengan standar, maka peserta dapat mendonorkan darahnya. Dari 45 orang yang mendaftar, sebanyak 40 orang berhasil lolos pemeriksaan dan dapat mendonorkan darahnya.

Relawan Tzu Chi Palembang juga mendampingi para peserta saat mendonorkan darahnya.

Arif Hidayat, salah satu peserta yang ikut dalam kegiatan ini merupakan pendonor darah aktif. Ia telah mengikuti kegiatan donor darah lebih dari 45 kali. "Bagi saya sangat bagus kegiatan donor darah ini karena bisa membantu sesama yang membutuhkan. Pesan saya supaya kegiatan seperti ini diteruskan, karena bisa membantu sesama," ujar Arif Hidayat.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Menjalin Cinta Kasih Lewat Setetes Darah

Menjalin Cinta Kasih Lewat Setetes Darah

29 Februari 2024

Donor darah penuh cinta kasih Tzu Chi Surabaya kali ini diadakan di Kantor Yayasan Buddha Tzu Chi Surabaya. Sebanyak 69 pendonor siap untuk membantu PMI Surabaya yang sedang kekurangan stok darah.

Wujud Cinta Kasih Melalui Setetes Darah

Wujud Cinta Kasih Melalui Setetes Darah

05 Oktober 2023

Sebanyak 64 donor berhasil mendonorkan darahnya dalam donor darah yang digelar relawan Tzu Chi di Xie Li Kemuning. Donor darah ini digelar di Kampus Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech, Kota Palembang.

Semangat Bersumbangsih

Semangat Bersumbangsih

06 Oktober 2015

Sebanyak 66 donor mengalirkan darahnya untuk membantu sesama yang membutuhkan. Kegiatan donor darah ini diadakan di Jing Si Books & Café Blok M pada tanggal 20 September 2015. Para donor pun merasa sangat antusias mengikuti kegiatan ini secara rutin.

Orang bijak dapat menempatkan dirinya sesuai dengan kondisi yang diperlukan.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -