Sinergi Tzu Chi Indonesia Bersama Universitas Bakrie

Jurnalis : Marwan Y. Akbar, Fotografer : Marwan Y. Akbar

Perwakilan Pimpinan Universitas Bakrie dan tim mengunjungi Tzu Chi Center, PIK, Penjaringan, Jakarta Utara pada kamis, 25 Juli 2024. Tampak Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin  dan Perwakilan pimpinan Universitas Bakrie, Prof. Dr. Dudi Rudianto, S.E., M.Si. memegang MoU kerja sama yang telah ditandatangani.

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia menjalin kerja sama dengan Universitas Bakrie yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pada Senin, 1 Juli 2024 secara sirkuler. Kerja sama ini mencakup beberapa bidang seperti pengembangan kapasitas sumber daya manusia, kolaborasi proyek penelitian dan program yang dibutuhkan, serta area kerja sama lainnya yang disepakati oleh para pihak dengan tujuan untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Perwakilan Pimpinan Universitas Bakrie dan tim berdiskusi dengan Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin dan tim eksternal sekretariat Tzu Chi Indonesia.

Menindaklanjuti kerja sama tersebut, Perwakilan pimpinan Universitas Bakrie di wakili oleh Prof. Dr. Dudi Rudianto, S.E., M.Si., selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial bersama Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Ibu Suharyanti, M.S.M., Ph.D., dan tim mengunjungi Tzu Chi Center pada kamis, 25 Juli 2024. Dalam kunjungan ini juga dilakukan pertemuan bersama Sekretaris Umum Tzu Chi Indonesia, Hong Tjhin dengan agenda pembahasan program-program kolaborasi strategis yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

“Kolaborasi kami dengan Universitas Bakrie berakar pada visi bersama untuk berkontribusi dalam pengabdian masyarakat dan mencerdaskan kehidupan berbangsa. Melalui sinergi yang konstruktif ini, kami bertujuan untuk memperkuat upaya kami dalam kegiatan kemanusiaan dan program pendidikan,” ungkap Hong Tjhin menyoroti keselarasan nilai dan misi antara kedua organisasi.

Selain berdiskusi, Perwakilan Pimpinan Universitas Bakrie dan tim juga diajak ke Exhibition Hall Aula Jing Si untuk lebih memahami kontribusi Yayasan Buddha Tzu Chi dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan sosial khususnya di Indonesia.

Begitu pula dengan Prof. Dr. Dudi Rudianto yang menekankan pentingnya kemitraan antara Tzu Chi dengan Universitas Bakrie. “Sinergi bersama ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan inisiatif akademik dan sosial kami. Dengan bermitra dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, kami berkomitmen untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat melalui pendidikan dan layanan masyarakat,” jelasnya.

Setelah acara diskusi, perwakilan dari Universitas Bakrie diajak untuk mengunjungi Exhibition Hall dan tur Aula Jing Si, Tzu Chi Center. Tentunya hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang sejarah, nilai, dan kontribusi Yayasan Buddha Tzu Chi dalam berbagai kegiatan kemanusiaan dan sosial khususnya di Indonesia.

Rombongan dari Perwakilan Pimpinan Universitas Bakrie dan tim juga diajak melihat replika rumah Master Cheng Yen, Pendiri Tzu Chi saat tur Aula Jing Si.

Saat ini beberapa program kolaborasi Tzu Chi Indonesia bersama instansi-instansi lainnya juga telah dilaksanakan. Beberapa diantaranya adalah pemberian pelatihan softskill bagi refugees binaan Tzu Chi, kemitraan terkait pengembangan media bersama DAAI TV, dan ke depan beberapa program pemberdayaan masyarakat lainnya serta rencana kolaborasi dengan Tzu Chi University, Taiwan.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Teken MoU, Tzu Chi Indonesia dan Wahana Visi Indonesia Siap Berkolaborasi

Teken MoU, Tzu Chi Indonesia dan Wahana Visi Indonesia Siap Berkolaborasi

10 Juli 2024

Setelah sering bersua dalam berbagai kesempatan baik di forum maupun di lapangan khususnya saat tanggap bencana, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dengan Wahana Visi Indonesia menandatangani nota kesepahaman atau MoU.

Tiga Ribu Rumah untuk Korban Gempa Palu dan Lombok

Tiga Ribu Rumah untuk Korban Gempa Palu dan Lombok

15 Oktober 2018

Dalam rangka restorasi pascabencana yang terjadi di Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) dan Nusa Tenggara Barat (Lombok), Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia melakukan kerja sama dengan pihak TNI untuk mempercepat proses penyaluran bantuan kemanusiaan.

Universitas Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Tzu Chi

Universitas Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Tzu Chi

24 Agustus 2020

Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia, Tzu Chi University Taiwan, dan Tzu Chi University of Science & Technology Taiwan melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Indonesia (UI), Rabu 19 Agustus 2020.

Bila kita selalu berbaik hati, maka setiap hari adalah hari yang baik.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -