Sukacita Donor Darah Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

Jurnalis : Valentina Angela (Tzu Chi Pekanbaru) , Fotografer : Asriani, Alvin, Budiman (Tzu Chi Pekanbaru)

Sukacita mendonorkan darah memberi manfaat bagi sesama.

Relawan Tzu Chi di Kota Dumai, Riau kembali mengadakan Donor Darah di Citimall Dumai, (12/11/2023). Donor darah ini dilaksanakan rutin setahun tiga kali dan untuk tahun 2023 ini total sudah terkumpul sebanyak 167 kantong. Donor darah ini memberi manfaat baik kepada yang membutuhkan, donor, relawan dan dokter yang ikut bersumbangsih.

Seperti yang dirasakan Sujono yang telah empat kali mendonorkan darah. Ia merasakan tubuhnya lebih fit dan merasa berbahagia. “Sekecil apapun bantuan yang bisa kita berikan kepada orang lain, sangatlah berarti bagi yang sedang membutuhkan”.

Arviana yang baru pertama kali ikut mendonorkan darah merasa pusing dan mual karena kurangnya persiapan, namun demikian tak menyurutkan niatnya untuk ikut donor darah kembali.

Dokter Jhony dan dr. Helga yang ramah dan cekatan mendampingi pendonor.

Hal yang sama diungkapkan Marthin S.P.Marbun “Saya senang dengan diadakannya donor darah di Citimall Dumai, karena bagi saya mempermudah niat saya untuk mendonorkan darah, apalagi ini adalah pertama kalinya bagi saya setelah tidak lolos beberapa kali mencoba mendonorkan darah sebelumnya”.

Marthin S.P.Marbun juga mengapresiasi tim yang profesional, ramah dan bersahabat yang membuat donor yang baru, merasa nyaman saat proses pengambilan darah. Marthin juga berharap dengan diadakan donor darah di Citimall Dumai bisa menjadi jalan untuk mempermudah niat masyarakat yang ingin mendonorkan darah.

Relawan turut serta mendonorkan darah memberi manfaat bagi sesama.

Para donor merasa bahagia mendapatkan suvenir tas dari plastik bekas kemasan.

Masyarakat menyambut baik donor darah ini, sebanyak 79 donor dari berbagai kalangan masyarakat baik tua, muda, wanita dan pria ikut bersumbangsih. Arviana yang baru pertama kali ikut mendonorkan darah merasa pusing dan mual karena kurangnya persiapan, namun demikian tidak menyurutkan niat Arviana untuk ikut donor darah kembali.

Para relawan Tzu Chi sangat bersyukur untuk kegiatan donor darah kali ini didampingi dokter Jhoni Rianto dan dokter Helga yang begitu perhatian dan cekatan mendampingi donor sehingga memberi rasa nyaman dan aman.

“Saya merasa senang dan bahagia karena bisa membantu dan ada tempat untuk memupuk kebajikan”. Tutur Dokter Jhony.

Tan Chong Yee sebagai penanggung jawab kegiatan.

Tan Chong Yee, relawan Tzu Chi yang juga penanggung jawab donor darah lega karena donor darah berjalan sangat baik. Awalanya, ketika diberikan tanggung jawab sebagai koordinator, ia sempat ragu karena belum ada pengalaman sebelumnya. “Saya menerima tanggung jawab sebagai PIC karena kegiatan donor darah tidak dapat dijalankan kalau tidak ada PIC. Saya sering mengingatkan diri dengan Kata Perenungan Master apabila diberikan tanggung jawab yakni tidak memohon tubuh yang sehat, tetapi hanya memohon agar diberi kejernihan pikiran, tidak memohon segala sesuatu sesuai harapan, tetapi hanya memohon agar diberi tekad dan keberanian untuk bertahan, tidak memohon keringanan dalam tanggung jawab, tetapi hanya memohon agar diberi tambahan kekuatan untuk memikul lebih banyak,” pungkas Tan Chong Yee penuh syukur.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

Mendonorkan Darah untuk Membantu Sesama

25 Agustus 2020

Pada 15 Agustus 2020 Tzu Chi Bandung mengadakan bakti sosial donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) yang berlangsung di Jing Si Tzu Chi Bandung, Jl. Jend. Sudirman no 628.

Donor Darah Demi Kesehatan

Donor Darah Demi Kesehatan

16 Desember 2011 Mendonorkan darah dapat membantu tubuh mempercepat pasokan sel darah merah baru. Sel darah merah adalah sel yang bertugasnya mengikat oksigen dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Jika mengikuti alur alami, sel darah merah baru akan diperbarui oleh tubuh setiap 120 hari.
Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

Setetes Darah Menyelamatkan Kehidupan

02 November 2021

Dalam rangka perayaan HUT Rumah Sakit Cinta Kasih (RSCK) Tzu Chi ke-14 diadakan kegiatan donor darah pada Sabtu, 30 Oktober 2021.

Tiga faktor utama untuk menyehatkan batin adalah: bersikap optimis, penuh pengertian, dan memiliki cinta kasih.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -