Terang di Tengah Ketidakpastian

Jurnalis : Tim Zhen Shan Mei Tzu Chi Batam, Fotografer : Tim Zhen Shan Mei Tzu Chi Batam
Pembagian Beras Cinta Kasih terus Tzu Chi Batam laksanakan dari pertengahan April 2022.

Sejak April 2022, Tzu Chi Batam menggerakkan relawan komunitas dalam menggalang dana yang diperlukan untuk menyalurkan Beras Cinta Kasih. Berkat sumbangsih dari 184 dermawan, Tzu Chi berhasil menghimpun 2.143 sak 10 Kg Beras Cinta Kasih.

Pembagian Beras Cinta Kasih yang pertama dilaksanakan oleh relawan komunitas Batam Center. Setelah menemui Lurah dan RT/RW dearah Kampung Tua Belian, relawan segera melakukan survei dan pembagian kupon beras pada 17 April 2022. Pembagian kupon beras ini melibatkan 35 relawan dan berhasil membagikan kupon beras kepada 334 KK.

Sebelum pembagian beras, relawan terlebih dahulu melaksanakan survei ke rumah setiap calon penerima.

Adapun pembagian Beras Cinta Kasih dilaksanakan satu pekan kemudian, tepatnya 23 April 2022, di SDN 04 Batam Kota. Setelah kata sambutan dari Lurah setempat dan pembacaan pesan cinta kasih Master Cheng Yen, pembagian beras pun dimulai. Di kesempatan ini, relawan komunitas Batam Center menyalurkan sebanyak 328 sak Beras Cinta Kasih Tzu Chi.

Pembagian kepada Warga Blok 3
Ati Sumarno mengangkut beras yang telah ditempel stiker berisi pesan cinta kasih Master Cheng Yen.

Keesokan harinya, 24 April 2022, relawan komunitas Nagobeng menyalurkan sebanyak 164 sak beras kepada warga Blok 3 (perumahan sekitar Aula Jing Si Batam). Sejak pembangunan Aula Jing Si Batam pada 2015, Tzu Chi Batam selalu menjalin silahturami dengan para tetangga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Tentu tidak semua warga Blok 3 menerima Beras Cinta Kasih dari Tzu Chi. Yang menerima beras hanya warga yang telah melalui survei dan mendapatkan kupon beras dari relawan satu pekan sebelumnya. Beda dengan pembagian di tempat lainnya, relawan kadang disambut oleh warga yang membawa celengan bambu yang sebelumnya telah relawan berikan. Hal ini tentu mendatangkan sukacita di hati relawan karena terdapat beberapa warga yang rutin menanamkan niat bajik melalui Celengan Bambu Tzu Chi.

Pembagian Di Tanjung Riau
Sebelum pembagian kupon, relawan terlebih dibagi ke dalam kelompok dan diberi penjelasan mengenai Budaya Humanis.

Pembagian Beras Cinta Kasih kembali dilaksakan pada 30 April 2022 oleh relawan komunitas Tiban Uma. Pembagian beras ini yang diselenggarakan di pekarangan Masjid Al-Nurul Huda dari pukul 09.00- 10.30 WIB ini berhasil menyalurkan sebanyak 467 sak beras.

“Kegiatan berbagi Beras Cinta Kasih Yayasan Buddha Tzu Chi sebagai langkah nyata dalam mengungkapkan Cinta Kasih. Semoga bapak/ibu semuanya tidak menilai hanya sekarung beras, tetapi mari kita melihat cinta kasih yang disalurkan melalui beras ini,” sambutan Ati Sumarno selaku Wakil Ketua He Qi Batam.

Pembagian kepada Warga Kampung Pom Bensin
Kegiatan survei tidak hanya memastikan bantuan tepat sasaran, tapi juga membuka wawasan peserta terhadap saudara yang hidup di batas kemiskinan.

Menyongsong Hari Raya Idul Fitri, relawan komunitas Basuji menjalin jodoh mulia melalui pembagian beras cinta kasih kepada kalangan masyarakat yang membutuhkan. Sehari sebelum pembagian beras, tepatnya pada Sabtu, 30 April 2022, relawan sudah mengadakan survei dan pembagian kupon kepada warga Kampung Pom Bensin Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam.

Pembagian berasnya sendiri dilaksakan di GOR Bulu Tangkis Batu Aji. Berkat dukungan dari hampir 50 relawan, Tzu Chi berhasil menyalurkan sebanyak 223 sak beras.

Pembagian di Kawasan Sumber Agung
Sementara itu bertepatan dengan hari diresmikannya titik pemilahan baru di kawasan Sumber Agung, relawan komunitas Nagobeng juga membagikan Beras Cinta Kasih. Beda dengan kegiatan survei dan bagi kupon pada umumnya, relawan juga mensosialisasikan Misi Pelestarian Lingkungan Tzu Chi.

Relawan membantu masyarakat yang kesulitan saat membawa beras.

Pembagian beras dilaksanakan pada 15 Mei 2022 di Lapangan Senam Sumber Agung, Jodoh, Kota Batam. Kegiatan yang diikuti 34 relawan ini berhasil menyalurkan sebanyak 242 sak Beras Cinta Kasih Tzu Chi.

Bersama dengan pembagian beras kepada anak yatim, janda dan Dhuafa di Balai Persero, total Tzu Chi Batam telah berhasil menyalurkan sebanyak 1.455 sak beras 10 Kg. Pembagian beras ini akan terus Tzu Chi Batam laksanakan hingga seluruh Beras Cinta Kasih Tzu Chi dapat sepenuhnya tersalurkan kepada warga Batam yang membutuhkan.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Tzu Chi Surabaya Bagikan 225 Paket Beras Di Tanjung Sari dan Sukomanunggal

Tzu Chi Surabaya Bagikan 225 Paket Beras Di Tanjung Sari dan Sukomanunggal

03 Februari 2022

Relawan Tzu Chi Surabaya membagikan bantuan beras di Kelurahan Tanjung Sari dan Sukomanunggal.

Pembagian Beras Cinta Kasih di Meulaboh, Aceh

Pembagian Beras Cinta Kasih di Meulaboh, Aceh

18 Juni 2024

Relawan Tzu Chi Aceh membagikan 1.100 karung beras kepada warga Perumahan Cinta Kasih Tzu Chi di Kota Meulaboh dalam menyambut Idul Adha. Kegiatan ini didukung 49 relawan Tzu Chi dari Aceh dan Medan.

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

Bantuan Beras 200 Ton di Sulawesi Selatan

01 September 2021

Tzu Chi Makassar salurkan bantuan beras PPKM Darurat sebanyak 200 ton ke Polda Sulawesi Selatan dan Kodam XIV Hasanuddin untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dan yang terdampak Covid-19 di Sulawesi selatan.

Orang yang selalu bersumbangsih akan senantiasa diliputi sukacita. Orang yang selalu bersyukur akan senantiasa dilimpahi berkah.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -