TIMA Bandung Menggelar Seminar Edukasi Penyakit Prediabetes dan Diabetes

Jurnalis : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)
Anita Meylasari, M.Kes salah satu pemateri seminar menjelakan pentingnnya olahraga untuk menjaga kesehatan kepada para peserta seminar.

Tzu Chi International Medical Association  (TIMA) Bandung, mengadakan seminar kesehatan awam mengenai prediabetes dan diabetes pada 29 september 2024. Kegiatan ini dilaksanakan guna mengajak insan Tzu Chi dan masyarakat umum untuk lebih peka terhadap kesehatan.

Ada 82 orang peserta mengikuti seminar kesehatan ini yang berlangsung di gedung Aula Jing si Bandung. Para peserta yang hadir dari relawan Tzu Chi dan masyarakat umum yang ingin mengetahui prediabetes dan diabetes. Seminar kesehatan ini diisi bukan saja dari anggota TIMA saja sebagai pembicara, tetapi juga mengundang beberapa ahli di bidang kesehatan untuk menunjang informasi yang diberikan kepada peserta.

“Kegiatan seminar kali ini supaya kita berpola hidup sehat ya, jadi untuk teman-teman TIMA dan masyarakat yang ada diabetes atau prediabetes atau ingin menjaga pola hidupnya agar tau bagaimana menangani diabetes dan sudah dijelaskan oleh para narasumber bagaimana merubah pola makan dan aktivitas fisik agar tidak berkembang menjadi diabetes,” ucap dr. Anita Meylasari, M.Kes salah satu pemateri seminar.

dr Subekti Ketua TIMA Bandung mengatakan seminar Kesehatan ini bukan hanya pengobatan tapi juga edukasi mengenai kesehatan, jadi dengan seminar ini memberi bekal pengetahuan kepada masyarakat maupun relawan Tzu Chi.

Menjalankan salah satu misi Tzu Chi merupakan kewajiban para insan Tzu Chi seperti apa yang diutarakan oleh ketua TIMA Bandung. Seminar ini merupakan wujud dari Misi Kesehatan Tzu Chi. ”Kesehatan ini bukan hanya pengobatan, tetapi juga edukasi mengenai kesehatan, jadi dengan seminar ini memberi bekal pengetahuan kepada masyarakat maupun relawan Tzu Chi, dan pada topik kali ini menegenai penyakit diabetes dan prediabetes, “ ucap dr. Subekti Nugraha Kartasasmita, MPH Ketua TIMA Bandung.

Dimas Erlangga Luftimas, Sp.GK., M.Kes., AIFO-K menerangkan bagaimana pola makan yng sehat bagi penderita penyaklit diabetes.

Menyikapi pola hidup tidak sehat dimasyarakat membuat Shalwa terdorong untuk mengikuti seminar kesehatan. Dengan mendapatkan informasi mengenai prediabetes dan diabetes ini membuat Shalwa dan peserta seminar lainnya berpola hidup sehat dan berharap kedepannya akan ada lagi seminar serupa khususnya bagi generasi muda.

“Sangat bermanfaat sekali ya pastinya melihat sekarang pola hidup tidak sehat  benar benar bermanfaat dan menurut say aini tidak hanya untuk orang tua saja ya menurut saya anak muda juga perlu adanya seminar seperti ini, ujar shalwa salah satu peserta yang hadir. Seminar kesehatan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran pada masayarakat umum dan relawan karena dengan tubuh yang sehat kita dapat menolong banyak orang.

Ada 82 peserta yang mengkituti seminar ini mulai dari anggota TIMA, relawan Tzu Chi, dan masyarakat umum.

“Merupakan kegiatan yang baik ya karena kita mendengarkan informasi untuk awam terkait diabetes atau prediabetes ya banyak yang tidak ketahuan sampai terjadinya komplikasi  makanya kita harus mencegah agar tidak terjadi komplikasi atau, bahkan kita mencegah agar diabetes itu tidak terjadi, dan untuk warga umum yang penting itu mengetahui pilar pilar pencegahan penyakit diabetes mulai dari pola hidup, pola makan aktivitas visik, “ ujar dr. Dimas Erlangga Luftimas, Sp.GK., M.Kes., AIFO-K.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Mewujudkan Relawan Duta Sehat Melalui Seminar Kesehatan

Mewujudkan Relawan Duta Sehat Melalui Seminar Kesehatan

07 Mei 2024

Tzu Chi Bandung bersama TIMA Bandung melaksanakan seminar kesehatan di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung. Melalui seminar ini, relawan Tzu Chi diharapkan dapat menjadi duta kesehatan bagi masyarakat.

TIMA Bandung Menggelar Seminar Edukasi Penyakit Prediabetes dan Diabetes

TIMA Bandung Menggelar Seminar Edukasi Penyakit Prediabetes dan Diabetes

11 Oktober 2024

TIMA Bandung menggelar seminar kesehatan bertema Prediabetes dan Diabetes yang di hadiri 82 orang peserta yang berlangsung di Gedung Aula Jing Si Bandung.  

Seminar Kesehatan tentang Perawatan Gigi Lansia

Seminar Kesehatan tentang Perawatan Gigi Lansia

02 November 2018

Dalam rangka 25 tahun perjalanan Tzu Chi di Indonesia, Tzu Chi menyelenggarakan berbagai seminar. Salah satunya adalah seminar kesehatan gigi bertema Updating In Dental Treatment For Elderly yang digelar pada Minggu, 28 Oktober 2018, di Aula Jing Si, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta.

Berlombalah demi kebaikan di dalam kehidupan, manfaatkanlah setiap detik dengan sebaik-baiknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -