TIMA Pekanbaru Bersama IDI Pekanbaru Adakan Seminar Kesehatan

Jurnalis : Dea Paramita (Tzu Chi Pekanbaru), Fotografer : Kho Ki Ho, Mulyady Salim (Tzu Chi Pekanbaru)

TIMA Kota Pekanbaru beserta IDI Kota Pekanbaru mengadakan Seminar Kesehatan, Jumat, 20 Mei 2022. Seminar ini dihadiri kurang lebih 75 peserta.

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi setiap manusia. Hanya dengan tubuh yang sehatlah, setiap manusia bisa menjalankan aktivitasnya dengan lancar dan tanpa hambatan. Dalam rangka memberi kesadaran dan pengetahuan pada masyarakat Kota Pekanbaru mengenai kesehatan, pada Jumat, 20 Mei 2022, TIMA (Tzu Chi International Medical Association) Kota Pekanbaru beserta IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Kota Pekanbaru mengadakan Seminar Kesehatan, yang diadakan di Kantor Tzu Chi Pekanbaru dan dihadiri kurang lebih 75 peserta.

Sejak berdiri pada 13 April 2007, Yayasan Buddha Tzu Chi Pekanbaru telah banyak bersumbangsih bagi warga Kota Pekanbaru, salah satunya melalui Misi Kesehatan. Dalam menjalankan misi kemanusiaan, para relawan Tzu Chi Pekanbaru selalu bersumbangsih dengan tulus dan berhasil menggugah banyak pihak, salah satunya IDI Pekanbaru.

Sambutan oleh Ketua IDI Pekanbaru, dr. Marhan Effendi, MH.

Dr. dr. Tubagus Odih R. Wahid, SpBA, MKM membawakan materi mengenai peran IDI untuk masyarakat.

Dengan jalinan jodoh yang baik, acara yang diadakan oleh TIMA Pekanbaru dan IDI Pekanbaru ini dimulai pada pukul 19.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lalu diikuti dengan doa bersama dan kata sambutan oleh Ketua IDI Pekanbaru, dr. Marhan Effendi, MH, serta kata sambutan Ketua TIMA Pekanbaru, dr. Flemming Wijaya.

Sebagai pembicara pertama, Dr. dr. Tubagus Odih R. Wahid, SpBA, MKM membawakan materi mengenai peran IDI untuk masyarakat. Setelah mengenalkan IDI serta menjelaskan mengenai peranan IDI bagi masyarakat, acara dilanjutkan dengan penjelasan mengenai hepatitis anak, yang dibawakan oleh dr. Kurniawan Tan, SpA.

Dengan dipandu oleh dr. Flemming Wijaya, dr. Kurniawan menjelaskan mengenai hepatitis anak serta fakta dan mitos tentang penyakit ini, dengan harapan masyarakat bisa menambah pengetahuan dan tidak mudah terpengaruh oleh mitos-mitos yang beredar.

Penjelasan mengenai hepatitis anak, yang dibawakan oleh dr. Kurniawan Tan, SpA.

Penjelasan mengenai hepatitis dewasa oleh dr. Ratna Sari Dewi, SpPD M. Biomed.

“Gagasan acara ini bermula ketika IDI cabang Pekanbaru meminta untuk diperkenankan mengadakan acara di Kantor Tzu Chi Pekanbaru. IDI sendiri sudah mengenal Tzu Chi karena Tzu Chi sering mengadakan misi kesehatan dan membawa pasien-pasien ke rumah sakit umum. Lewat acara ini, saya berharap IDI bisa lebih mengenal Tzu Chi dan TIMA, sehingga ke depannya jalinan jodoh kita akan semakin luas,” ujar dr. Flemming Wijaya, ketua TIMA Pekanbaru.

Dengan kegiatan ini, diharapkan jalinan jodoh antara TIMA Pekanbaru dan IDI Pekanbaru bisa semakin luas. Bukan hanya untuk meningkatkan kesadaran mengenai kesehatan, acara ini pun bertujuan untuk mengenalkan tentang kegiatan TIMA dan Tzu Chi kepada IDI Pekanbaru.

Pada seminar ini dr. Suyanto, MPH PhD menjelaskan tentang kecukupan gizi lansia.

Dengan kegiatan ini, diharapkan jalinan jodoh antara TIMA Pekanbaru dan IDI Pekanbaru bisa semakin erat.

Seminar kesehatan kali ini tidak hanya berisi penjelasan mengenai kesehatan saja. Dengan niat yang tulus, para relawan ikut memeriahkan acara dengan mempersembahkan isyarat tangan, yang diikuti dengan semangat oleh para peserta dan para pembicara.

Dengan dipandu dr. Saverin Julia, acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai hepatitis dewasa oleh dr. Ratna Sari Dewi, SpPD M. Biomed dan penjelasan mengenai kecukupan gizi lansia oleh dr. Suyanto, MPH PhD, yang kemudian ditutup dengan sesi tanya jawab.

Adanya kerja sama yang baik antara koordinator acara dan para relawan yang membantu acara ini sehingga acara ini bisa berjalan lancar. Melalui acara kali ini, masyarakat diharapkan dapat lebih memperhatikan kesehatan mereka dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai penyakit-penyakit yang telah dijelaskan.

IDI Pekanbaru mengadakan Halal Bihalal dan Hari Bakti Dokter ke-114 di Hotel Pangeran Kota Pekanbaru. Pada kesempatan itu, IDI memberikan piagam dan plakat ucapan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi Tzu Chi Pekanbaru.

Keesokan harinya, Sabtu, 21 Mei 2022, IDI Pekanbaru mengadakan Halal Bihalal dan Hari Bakti Dokter ke-114 di Hotel Pangeran Kota Pekanbaru. Pada kesempatan itu, IDI memberikan piagam dan plakat ucapan terima kasih dan apresiasi atas kontribusi Tzu Chi Pekanbaru dalam berbagai kegiatan profesi dokter selama ini. Penghargaan diterima langsung oleh John Andrew, Ketua Tzu Chi Pekanbaru didampingi dr Flemming Wijaya.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Seminar Kesehatan tentang Perawatan Gigi Lansia

Seminar Kesehatan tentang Perawatan Gigi Lansia

02 November 2018

Dalam rangka 25 tahun perjalanan Tzu Chi di Indonesia, Tzu Chi menyelenggarakan berbagai seminar. Salah satunya adalah seminar kesehatan gigi bertema Updating In Dental Treatment For Elderly yang digelar pada Minggu, 28 Oktober 2018, di Aula Jing Si, Tzu Chi Center, PIK, Jakarta.

Mewujudkan Relawan Duta Sehat Melalui Seminar Kesehatan

Mewujudkan Relawan Duta Sehat Melalui Seminar Kesehatan

07 Mei 2024

Tzu Chi Bandung bersama TIMA Bandung melaksanakan seminar kesehatan di Aula Jing Si Tzu Chi Bandung. Melalui seminar ini, relawan Tzu Chi diharapkan dapat menjadi duta kesehatan bagi masyarakat.

Hidup Berkualitas di Usia Tua

Hidup Berkualitas di Usia Tua

29 Oktober 2018
Hari Minggu, 28 Oktober 2018, sebanyak 136 orang mengikuti seminar kesehatan bertajuk Menuju Lansia Sehat, Mandiri, Aktif Dan Berkualitas” di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.
Genggamlah kesempatan untuk berbuat kebajikan. Jangan menunggu sehingga terlambat untuk melakukannya!
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -