Titik Green point ke-68 Ada di Bank Central Asia (BCA) Cabang utama Bukit barisan Kesawan Medan

Jurnalis : Rahma Mandasari, Stepi Sihombing (DAAI TV Medan), Fotografer : Henny (Tzu Chi Medan)

Beberapa Staf BCA cabang utama Bukit barisan Medan mulai memilah barang-barang yang bisa di daur ulang dengan meletakkan jenis barang sesuai jenisnya ke gerobak titik green point usai peresmian.

Relawan Tzu Ch Medan kembali membuka titik green point di perkantoran Bank Central Asia (BCA) Cabang utama Bukit barisan Kesawan Medan pada Kamis 8 Agustus 2024. Titik Green point yang terletak di lingkungan kantor Bank Central Asia (BCA) Cabang utama Bukit barisan Kesawan Medan ini resmi menjadi titik ke-68 yang telah diresmikan relawan Tzu Chi bersama instansi lainnya.

’’Kami harap ini bisa menjadi titik awal untuk mengubah pola pikir dan mengubah cara masyarakat dalam mengelola sampah menjadi barang yang bermanfaat,’’ ujar Lily Siaw, Kepala cabang BCA Bukit barisan.

Instansi perbankan turut berkomitmen dalam melestarikan bumi bersama Yayasan Tzu Chi dengan membuka titik green point. Dengan adanya titik green point ini, para pegawai menyadari untuk mengumpulkan dan memilah sampah khususnya ATK ke titik daur ulang yang berada di lingkungan kantor mereka.

Tony Honkley menyosialisasikan misi pelestarian lingkungan Tzu Chi kepada para staf Bank Central Asia (BCA) Cabang utama Bukit barisan Kesawan Medan.  Tony menjelaskan tentang program daur ulang sebagai bagian penting dari misi pelestarian lingkungan Tzu Chi.

’’Kami relawan Tzu Chi senang sekali karena makin banyak masyarakat yang peduli pada pelestarian bumi. Kami juga bersukacita karena BCA mau mengambil langkah besar ini,’’ ungkap Siswanto Tam, relawan Tzu Chi Medan. Mengutip kata perenungan Master Cheng Yen, ‘’Dengan melakukan daur ulang, kita dapat menyelamatkan bumi dan juga manusia.’’

Menurut data sistem informasi pengelolaan sampah nasional atau SIPSN Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan tahun 2022 tercatat bahwa Indonesia menghasilkan 18,45 ton sampah dan 5,96 persen di antaranya adalah jenis sampah yang berasal dari perkantoran.

Relawan Tzu Chi Medan dan staf BCA cabang utama Bukit barisan Medan berfoto bersama pasca peresmian titik green point di halaman gedung BCA Bukit Barisan Kota Medan.

Volume sampah ini diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya dan harus ditangani secara serius. Atas dasar inilah relawan Tzu Chi Medan mendukung program pemerintah dengan mengampanyekan aksi penyelamatan bumi lewat daur ulang dan menerapkan  gaya hidup vegetaris.

Banyak instansi pemerintah maupun swasta yang telah berkolaborasi dengan Yayasan Tzu Chi bersedia untuk mendirikan titik daur ulang sampah atau green point di kota Medan dan sekitarnya.

Editor: Anand Yahya

Artikel Terkait

Peresmian Titik Green Point di RSU Bunda Thamrin Medan

Peresmian Titik Green Point di RSU Bunda Thamrin Medan

05 Juli 2023

Relawan Tzu Chi Medan Komunitias Hu Ai Mandala meresmikan titik Green Point ke-52 di RSU Bunda Thamrin Medan. Kegiatan dihadiri oleh sekitar 70 staf rumah sakit dan 18 relawan.

Peresmian Titik Green Point Tzu Chi Pertama di Palembang

Peresmian Titik Green Point Tzu Chi Pertama di Palembang

07 Desember 2023

Tzu Chi Palembang meresmikan titik green point pertama yang berada di Sekolah Singapore Intercultural School (SIS) Palembang, Sumatera Selatan.

Peresmian Titik Green Point di Thamrin Plaza

Peresmian Titik Green Point di Thamrin Plaza

21 November 2019

Peresmian Titik Green Point di Thamrin Plaza Jalan MH. Thamrin Medan pada Jumat, 15 November 2019 diikuti 18 orang relawan Tzu Chi Medan dan 25 orang staf Thamrin Plaza.

Hanya dengan mengenal puas dan tahu bersyukur, kehidupan manusia akan bisa berbahagia.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -