Turut Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Anak

Jurnalis : Sri Wahyuningsih (Tzu Chi Cabang Sinar Mas), Fotografer : Sri Wahyuningsih (Tzu Chi Cabang Sinar Mas)

Ibu-ibu hamil mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Bidan Hayati.

“Bila semua orang dapat bersumbangsih dengan cinta kasih yang tulus dan murni, pelita harapan akan menyala di berbagai pelosok gelap didunia”
(Kata perenungan Master Cheng Yen)

Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) adalah upaya di bidang kesehatan yang menyangkut pelayanan dan pemeliharaan ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, dan anak balita serta anak prasekolah. Dalam keluarga, KIA mempunyai peran yang besar dalam mempengaruhi kehidupan seorang anak, terutama pada awal maupun tahap-tahap kritisnya. Untuk itu 6 orang relawan Xie Li Kutai Barat mengunjungi Balai Penitipan Anak (BPA) di Pondok 1 Sungai Pilos Estate untuk menyampaikan penyuluhan kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini diikuti 54 anak dan 6 ibu hamil pada Senin (13/11/23).

Pengukuran tinggi badan anak untuk melihat perkembangan tumbuh kembang anak.

Penimbangan berat badan bagi anak-anak.

Penyuluhan yang disampaikan Bidan Hayati ini dipandu oleh Esra, relawan Dharma Wanita Xie Li Kutai Barat. “Ibu-ibu pemeriksaan kehamilan itu minimal 6 kali selama masa kehamilan,” terang Bidan Hayati. “Mengapa minimal harus 6 kali? Karena dengan pemeriksaan ini kita tahu tumbuh kembang bayi selama kehamilan dan setelah lahir nanti,” sambungnya. Bidan Hayati juga menyampaikan pelayanan pemeriksaan kehamilan selain menimbang berat badan dan pengukuran tinggi badan, juga untuk mengukur tinggi fundus uteri ataupun tinggi rahim serta pemberian tablet penambah darah.

Penyuluhan kesehatan ini disambut baik oleh ibu-ibu hamil. Salah satunya Rosfida. “Dengan adanya kegiatan ini kami sebagai ibu hamil jadi tahu apa yang harus dan tidak dilakukan pada saat anak dalam kandungan maupun setelah lahir,” ujarnya.

Pemberian makanan tambahan di penghujung acara.

Penyuluhan kesehatan ini dilanjutkan dengan menimbang berat badan, mengukur tinggi badan bagi balita, anak dan ibu hamil. Secara bergantian para ibu hamil dan anak-anak mengantri mengikuti arahan relawan. Dan dipenghujung acara, relawan memberikan makanan tambahan bagi ibu hamil dan anak-anak.

Editor: Metta Wulandari

Artikel Terkait

Perlunya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

Perlunya Menjaga Kesehatan Gigi Anak Sejak Dini

10 November 2022

Banyak yang belum memahami perlunya perawatan gigi pada anak-anak. Untuk mengedukasi, relawan Tzu Chi Medan mengadakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut kepada anak asuh Tzu Chi dan keluarganya.

Bekal untuk Generasi Sehat dan Cerdas

Bekal untuk Generasi Sehat dan Cerdas

05 Juli 2023

Relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas dari unit Sungai Perak Estate di Kutai Barat menggelar penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil dan ibu yang memiliki balita agar anak-anaknya tumbuh dan berkembang maksimal pada Jumat, 30 Juni 2023.

Bersama-sama Menjaga Kesehatan Gigi

Bersama-sama Menjaga Kesehatan Gigi

28 Februari 2017

Mengingat pentingnya fungsi gigi, pada tanggal 16 Februari 2017 relawan Tzu Chi Cabang Sinar Mas menggelar kegiatan penyuluhan kesehatan gigi di SDN 01 Silat Hilir, Semitau, Kalimantan Barat. Relawan medis, dokter Daniel R. Hutahuruk menyampaikan materi penyuluhan kesehatan gigi di hadapan 76 orang pelajar.

Keharmonisan organisasi tercermin dari tutur kata dan perilaku yang lembut dari setiap anggota.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -