Tzu Chi Bandung Salurkan Bantuan untuk Warga Kertasari yang Terdampak Gempa

Jurnalis : Rizki Hermadinata (Tzu Chi Bandung), Fotografer : Muhammad Dayar (Tzu Chi Bandung)

Sebanyak 4.575 bangunan terdampak gempa bumi berkekuatan 4.9 magnitudo pada 18 Septmber 2024.

Rabu 18 September 2024 pukul 09.41 WIB, warga di Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung dikejutkan dengan gempa bumi berkekuatan 4.9 Magnitudo. Warga yang panik berhamburan menyelamatkan diri, tak sampai disitu gempa susulan juga dirasakan warga.

Lolo Diana salah satu warga menceritakan, gempa terjadi saat ia tengah makan bersama keluarganya. Meski Lolo dan keluargnya berhasil menyelamatkan diri dan hanya mengalami luka ringan, namun rumahnya rusak. “Dinding retak ya harus dirobohkan karena tidak mungkin lagi ditempati takut menimpa. Beberapa perabot rumah juga rusak,” kata Lolo.

Tzu Chi Bandung memberikan bantuan berupa 450 kg beras, 36 liter minyak goreng, 10 pcs terpal, 50 pcs selimbut, 3 dus makanan ringan dan 10 Dus Mie Daai.

Lim Tek Soe menggedong anak di pengungsian didampingi Kasdim 0624 Kab. Bandung Mayor CKE (K) Sri Nurhaeni.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 24 September 2024, tercatat ada satu anak meninggal dunia, 133 terluka dan 4.575 bangunan yang terdampak dari gempa bumi ini. Pada 19 September 2024, relawan Tzu Chi Bandung langsung berkoordinasi dengan KODIM 0624 Kab. Bandung dan melakukan peninjauan ke lokasi gempa.

Pada 23 September 2024, relawan Tzu Chi Bandung pun memberikan bantuan berupa  450 kg beras, 36 liter Minyak Goreng, 10 pcs terpal, 50 pcs selimbut, 3 dus makanan ringan dan 10 Dus Mie Daai. Kedatangan Relawan Tzu Chi juga disambut baik Kasdim 0624, Mayor CKE (K) Sri Nurhaeni. Menurutnya bantuan ini sangat dibutuhkan sekali.

Lolo Diana merbereskan puing-puing rumahnya yang rusak akibat gempa. Meski selamat namun rumah yang ditempatinya hancur dan tak bisa ditempati lagi.

Warga bercerita kepada relawan saat mereka mengalami gempa bumi.

“Tzu Chi selalu singgap dalam memberi bantuan apalagi dalam hal bantuan bencana seperti ini, sangat membantu untuk warga yang sangat membutuhkan di tengah keadaan darurat seperti ini,” ujarnya.

“Kami prihatin atas kejadian ini, semoga warga yang terdampak bisa pulih Kembali,” ucap Lim Tek Soe relawan Tzu Chi Bandung.

Editor: Khusnul Khotimah

Artikel Terkait

Bantuan ke-3 untuk Warga Bhaktapur

Bantuan ke-3 untuk Warga Bhaktapur

19 Mei 2015

Untuk menyukseskan acara kali itu, relawan Tzu Chi juga mengajak sebanyak 400 relawan lokal turut membantu relawan Tzu Chi dalam mengatur alur pembagian dan membungkus barang bantuan. Pembagian bantuan pada hari itu berhasil disalurkan kepada 2.119  kepala keluarga.

Tzu Chi Bandung Salurkan Bantuan untuk Warga Kertasari yang Terdampak Gempa

Tzu Chi Bandung Salurkan Bantuan untuk Warga Kertasari yang Terdampak Gempa

27 September 2024

Relawan Tzu Chi Bandung menyalurkan bantuan berupa 450 kg beras, 36 liter minyak goreng, 10 pcs terpal, 50 pcs selimbut, 3 dus makanan ringan dan 10 Dus Mie Daai kepada warga yang terdampak gempa bumi.

Mampu melayani orang lain lebih beruntung daripada harus dilayani.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -