Tzu Chi Biak Kembali Mengadakan Donor Darah

Jurnalis : Marcopolo AT (Tzu Chi Biak), Fotografer : Marcopolo AT, Gunawan Ho (Tzu Chi Biak)

Tzu Chi Biak bekerja sama dengan Bank Mandiri KC Biak, Permabudhi Papua, KBI Biak, dan PMI Biak menyelenggarakan kegiatan donor darah setelah sempat terhenti selama 3 tahun karena pandemi Covid-19.

Setelah vakum selama 3 tahun akibat pandemi Covid-19, kegiatan donor darah Tzu Chi Biak kembali dilaksanakan pada Sabtu, 7 Mei 2022. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka Peringatan 3 Hari Besar Tzu Chi yaitu Hari Raya Waisak, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia ini, Tzu Chi Biak juga menggandeng Bank Mandiri KC Biak, Permabudhi Papua, KBI Biak, dan PMI Biak dalam pelaksanaan donor darah ini.

Selain itu, kegiatan donor ini juga untuk membantu PMI Biak dalam melayani kebutuhan darah di masyarakat yang cukup tinggi. Setiap bulan kebutuhan kantong darah khususnya di Biak lebih dari 200 kantong. Selama ini apabila tidak ada kegiatan donor darah yang dilakukan oleh dinas, instansi, maupun TNI/Polri maka PMI Biak memanfaatkan jaringan medsos. Cara ini cukup mendapat atensi dari masyarakat dikarenakan setiap orang yang aktif menggunakan medsos dapat menyampaikan informasi kebutuhan darah pasien kepada masyarakat.

Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono meninjau kegiatan donor darah den berinteraksi dengan salah satu peserta yang sedang mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah yang berlangsung di Kantor Bank Mandiri Cabang Biak ini cukup istimewa di mata salah satu relawan Tzu Chi Biak, Sunandewa Anna Kaiwai. Untuk pertama kalinya ia berhasil mendonorkan darahnya. Selama ini Sunandewa Anna Kaiwai merasa belum siap dan juga beberapa kali mencoba tetapi tidak lolos screening kesehatan untuk donor darah. “Saya senang sekali bisa mendonorkan darah pada hari ini. Semoga dapat berguna bagi para pasien,” ungkap Sunandewa Anna Kaiwai.

Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono juga menjelaskan kegiatan donor darah adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Tzu Chi Biak. Namun pelaksanaannya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19. “Semoga ke depannya tidak ada halangan lagi dalam penyelenggaraannya. Dan semoga donor darah ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Biak. Terima kasih juga kepada Yonko 468/Pasgat Sarotama Biak yang selalu mendukung dengan mengirimkan personilnya untuk menyumbangkan darah,” ungkap Susanto Pirono.

Dalam kegiatan donor darah ini, sejumlah prajurit TNI dari Yonko 468/Pasgat Sarotama Biak juga turut berpartisipasi mendonorkan darah untuk membantu masyarakat.

Robby Kurniawan perwakilan dari Permabudhi Papua juga mengapresiasi kerja sama dari organisasi, instansi, serta kepada seluruh peserta dalam kegiatan donor darah kali ini. “Terima kasih kepada para peserta yang hari ini telah mendonorkan darahnya. Kami mewakili penyelenggara mengucapkan banyak-banyak terima kasih,” kata Robby Kurniawan.

Hal senada juga diungkapkan Komandan Batalyon Komando 468 Kopasgat, Letkol Hari Wijayanto. Ia pun berharap kegiatan donor darah yang diselenggarakan kali ini bisa membantu masyarakat luas khususnya di Kota Biak. “Kami terpanggil untuk membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Semoga donor darah ini memberi manfaat kepada pasien yang membutuhkannya,” jelas Letkol Hari Wijayanto disela-sela kegiatan.

Komandan Batalyon Komando 468 Kopasgat, Letkol Hari Wijayanto (kiri), Ketua Tzu Chi Hu Ai Papua dan Papua Barat, Susanto Pirono (tengah), dan Robby Kurniawan (kanan) perwakilan dari Permabudhi Papua berdiskusi disela-sela kegiatan donor darah.

Disisi lain, perwakilan dari Bank Mandiri KC Biak, Rahmat juga mengapresasi atas kerja sama yang terjalin khususnya dalam membantu masyarakat melalui kegiatan donor darah. “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Bank Mandiri KC Biak untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Berkat kerja sama yang baik antara Tzu Chi KP Biak, Permabudhi Papua, KBI Biak, PMI Biak, dan Bank Mandiri KC Biak semoga kegiatan bersumbangsih untuk masyarakat ini merupakan salah satu nilai kehidupan yang baik,” ungkap Rahmat.

Dalam kegiatan donor darah kali ini, sebanyak 70 kantong darah berhasil dikumpulkan dari para peserta yang lolos screening kesehatan dan berhasil mendonorkan darahnya.

Editor: Arimami Suryo A.

Artikel Terkait

Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

Dapat Mendonorkan Darah adalah Sebuah Berkah

02 Maret 2023

Komunitas relawan Tzu Chi di Xie Li Radial kembali mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Palembang. Kegiatan donor darah rutin ini terus berlanjut karena masih dibutuhkannya pasokan darah di PMI.

Yuk! Bantu PMI dengan Berdonor Darah

Yuk! Bantu PMI dengan Berdonor Darah

18 Juni 2016

Persediaan darah Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta pada bulan puasa menipis hingga 90 persen. Karena itulah DAAI TV membantu dengan menggelar kegiatan donor darah.

Menghimpun Hati Warga Tanjung Balai Melalui Baksos Donor Darah

Menghimpun Hati Warga Tanjung Balai Melalui Baksos Donor Darah

26 Juli 2022

Benih yang telah tersemai di hati warga Tanjung Balai melalui sosialisasi relawan, memberi semangat relawan Tzu Chi Medan dan Tebing Tinggi untuk gelar donor darah yang pertama kalinya di Kota Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Sikap jujur dan berterus terang tidak bisa dijadikan alasan untuk dapat berbicara dan berperilaku seenaknya.
- Kata Perenungan Master Cheng Yen -